Walikota Tindaklanjuti Keluhan Warga Medan Deli, Drainase Langsung Dikorek

KarakterNews.com – MEDAN – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si, langsung menindaklanjuti keluhan warga Jalan Benteng I, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli terkait penyumbatan drainase, sehingga menyebabkan terjadinya langganan banjir.

Walikota Medan, Dzulmi Eldin, pada Kamis (8/3/2018) menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) melakukan pengorekan, dengan pengorekan yang dilakukan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir di Kecamatan Medan Deli tersebut.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan didampingi Plt Kabid Drainase Edi Zalman memimpin pengorekan, dan mendukung kelancaran pengorekan diturunkan 1 unit spider excavator. Selain itu, juga didatangkan 1 unit beko mini, skid loader serta 15 unit untuk mengangkat lumpur hasil pengorekan.

Selain menurunkan alat berat, juga diturunkan puluhan pekerja dibantu belasan personil petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Deli. “Kita ingin pengorekan yang dilakukan ini maksimal, sehingga memuaskan warga,” kata Syahnan.

Baca Juga:  Empat Kali Raih Piala WTN, Kata Walikota Medan : Dishub Agar Tak Merasa Puas

Kondisi parit (drainase) sangat memprihatinkan, selain mengalami sendimentasi, permukaannya juga dipenuhi sampah sehingga tidak berfungsi. Alhasil setiap kali hujan deras turun, drainase tak mampu menampung debit air hujan yang mengakibatkan air meluber menggenangi jalan maupun rumah warga di Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli.

Sebaliknya, untuk mengorek gorong-gorong, puluhan petugas Dinas PU dan P3SU berjibaku membersihkannya dari tumpukan lumpur bercampur sampah. Pengorekan ini mendapat apresiasi dari warga sekitar. Sebab, mereka mengaku sudah lelah menghadapi banjir.

“Drainase tak pernah dikorek seperti ini, sehingga mengalami penyumbatan. Insya Allah dengan pengorekan yang dilakukan, drainase berfungsi kembali sehingga mampu menampung debit air hujan. Semoga kawasan kami dapat terbebas dari banjir. Kami mengucapkan terima kepada Bapak Walikota Medan yang cepat merespon keluhan warganya,” Sumardi, warga Lingkungan XIII, Kelurahan Tanjung Mulia, Kec Medan Deli.

Baca Juga:  Kampung KB di Kecamatan se Kota Medan Dicanangkan

Setelah pengorekan, Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan mengimbau kepada warga agar selalu menjaga kebersihan saluran drainase (parit) dengan tidak membuang sampah rumah tangga sembarangan, terutama dalam drainase. “Pengorekan ini akan sia-sia, kalau tidak didukung penuh oleh warga Kecamatan Medan Deli.

Sebelumnya diketahui, pada Selasa (6/3/2018), Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara (Dapil Sumut 1) Kota Medan A dari Fraksi Hanura, Ir Darwin Lubis melaksanakan Reses DPRD Sumatera Utara di Kecamatan Medan Deli, yang pelaksanaannya dipusatkan di rumah kediaman Ketua PAC Partai Hanura Kec. Medan Deli, Riky Rahmadani, SE di Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan.

Baca Juga:  Walikota Medan Buka Seminar Kepemimpinan Islam

Sewaktu reses berlangsung, warga Kecamatan Medan Deli menyampaikan aspirasi dan keluhan masalah langganan banjir di wilayahnya kepada Anggota Komisi D DPRD Sumut Ir Darwin Lubis. Selain, menyerap aspirasi persoalan banjir yang disebabkan buruknya drainase (parit), warga juga mengeluhkan persoalan lampu penerangan jalan yang tidak berfungsi, dan bahkan belum terpasang hingga tiga kali sudah pergantian Lurah.

“Pak Darwin Lubis, tolonglah perjuangkan aspirasi kami, soal lampu jalan yang tidak berfungsi,” tutur Maman, kepada Anggota DPRD Sumut Fraksi Partai Hanura, Ir Darwin Lubis. (kn-m09)

Related posts