September 22, 2018

Mensos dan Walikota Serahkan Bantuan PKH & BPNT di Medan Tembung

Mensos RI, Idrus Marham didampingi Walikota Medan, Dzulmi Eldin menyerahkan bantuan kepada pelajar dari keluarga tak mampu. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si mendampingi Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Dr Drs M Idrus Marham MSc dan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kantor Kecamatan Medan Tembung, Sabtu (24/2/2018).

Bantuan itu diberikan pada acara Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Kleuarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), tercatat sekitar 500 keluarga kurang mampu menerima bantuan secara simbolis, dan juga diberikan bantuan bea siswa kepada anak kurang mampu dari keluarga penerima PKH.

Mensos Idrus Marham mengatakan, kehadirannya untuk menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo. “Pak Presiden telah memintanya keliling Indonesia untuk memastikan tidak ada lagi warga miskin atau kurang mampu yang tidak diberi bantuan,” tuturnya.

Baca Juga:  Mensos : Bangun Revolusi Karakter dan Restorasi Sosial

“Bulan Februari ini seluruh bantuan harus sudah tuntas. Artinya, harus sudah dibagikan kepada semua warga yang berhak menerimanya. Untuk Rastra, tahun ini ada perbedaan mengenai besaran beras yang disalurkan, masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 10 kg, tapi tanpa ada pembayaran. Sedangkan periode sebelumnya, pada tahun lalu, mendapat 15 kg tapi disertai pembayaran,” ungkap Mensos Idrus Marham.

Karena itu, kata Idrus Marham, bagi warga yang terdaftar sebagai KPM, agar tidak perlu membayar ketika mengambil rastra tersebut. “Kalau ada oknum yang memaksa meminta, segera laporkan kepada Bapak Walikota , pasti ditindak. Jadi tidak perlu takut melaporkan apabila ada oknum yang meminta bayaran,” tegasnya.

Kemensos saat ini berupaya mengejar target agar Februari 2018 tahap penyerahan PKH dan BPNT rampung sepenuhnya untuk tahap pertama. Meski demikian diakuinya, tidak semua daerah memiliki kemudahan akses dalam pendataan mau pun penyerahan bantuan tersebut.

Baca Juga:  Elektronik Warong Diluncurkan di Kecamatan Medan Denai

Sementara itu, Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin S M.Si, sangat mengapresiasi bantuan diberikan Pemerintah Pusat bagi warga yang kurang mampu melalui Program Keluarga Harapan (PKH), dan diharapkan PKH dapat membantu warga Kota Medan yang kurang mampu dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Pemko Medan sangat mendukung program Pemerintah Pusat melalui PKH dan BPNT. “Kami akan terus melakukan pendataan sehingga semua warga yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkannya di Kota Medan dapat menerima bantuan PKH maupun BPNT,” kata Walikota Medan.

Untuk Kota Medan, per Desember 2017 jumlah keluarga yang terdaftar mendapatkan PKH sebanyak 29.016 keluarga, sedangkan yang mendapatkan bantuan BPNT sebanyak 80.421 keluarga. “PKH merupakan program perlindungan sosial dengan memberikan uang tunai kepada rumah tangga kurang mampu berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mensos : 'Bantu Rakyat Kenapa Ngomel-Ngomel'

Dalam jangka pendek, program ini bertujuan mengurangi beban rumah tangga kurang mampu. Sedangkan jangka panjangnya memutus mata rantai kemiskinan antar generasi sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkat kemiskinan. “Saya berharap kepada warga penerima bantuan PKH, dapat memanfaatkan dengan baik sehingga derajat kesejahteraan, standar ekonomi dan kualitas hidup penerima bantuan dapat meningkat,” harap Walikota Medan Dzulmi Eldin. (kn-m09)

Related posts