February 25, 2018

Erry Nuradi : Gerbang Swara, Jembatan Antara Pemerintah dan Masyarakat

KarakterNews.com – ASAHAN – Keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) seperti Gerbang Swara diharapkan bisa menjadi jembatan di antara pemerintah dan masyarakat. Sehingga, program pemerintah dapat tersampaikan langsung kepada masyarakat luas.

“Gerbang Swara ini adalah jembatan di antara pemerintah dan masyarakat. Dimana masyarakat banyak membutuhkan perhatian dan bantuan, contohnya soal Kartu Indonesia Sehat (KIS). Meskipun ada data dari BPS siapa saja penerimanya. Tapi, secara kasat mata di lapangan banyak yang belum menerima,” ungkap Gubernur Sumatera Utara, Dr Ir H Tengku Erry Nuradi, pada pelantikan DPW Gerbang Swara Kabupaten Asahan, Batubara dan Kota Tanjung Balai, Minggu (31/12/2017) malam.

Dikatakan Tengku Erry Nuradi yang juga Ketua Dewan Pembina Gerbang Swara, fungsi Gerbang Swara adalah membantu masyarakat dan sekaligus bisa ikut mensukseskan program pemerintah. “Banyak program pemerintah yang sebenarnya terjadi misslink (tidak tersampaikan kepada masyarakat) di situ karena tidak ada orang tengahnya. Inilah fungsi NGO termasuk Gerbang Swara agar bisa menjembatani,” ujarnya.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumut : 'Sudah Tiga Kali Erry Nuradi Diberikan Rahmat Oleh Allah'

Tengku Erry Nuradi menyebutkan, pola yang dilakukan Gerbang Swara merupakan pola gerakan membangun swadaya rakyat. Seperti yang pernah dilakukan di Kabupaten Sergai, pada tahun 2005 hanya ada 7 SMA, tapi dengan pola sharring masyarakat menyiapkan tanahnya, dan pemerintah yang membangunnya maka di tahun 2013, jumlah sekolah menengah atas di Kabupaten Sergai meningkat menjadi 28 sekolah. “Pola inilah yang harus kita gelorakan di tengah masyarakat agar pemerintah tidak jalan sendiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPP Gerbang Swara, Tasimin MT mengemukakan, gerakan swadaya dari masyarakat sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam percepatan pembangunan di daerah, dengan membangun pola kemitraan. “Kami mendeklarasikan Gerbang Swara menjadi organisasi kemasyarakatan karena yang membutuhkan gerakan ini bukan hanya Sergai, tapi seluruh masyarakat Sumut,” ujarnya. (kn-m10)

Related posts