Arti Penting Daerah Dalam Mewujudkan Kemakmuran Rakyat

Arti Penting Daerah Dalam Mewujudkan Kemakmuran Rakyat – Kesejahteraan dan kesejahteraan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kemakmuran tercipta ketika pembangunan yang baik didistribusikan secara merata kepada semua orang. Penelitian yang dilakukan oleh Manik (2013) mengungkapkan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat berbanding lurus dengan tingkat pembangunan manusia. Artinya, tujuan kesejahteraan dapat dilukiskan dengan berusaha meningkatkan pembangunan manusia.

Di masa lalu, konsep pembangunan manusia terbatas pada pendapatan, pertumbuhan dan investasi. Namun seiring berjalannya waktu, konsep pembangunan manusia telah mengalami perubahan dan menghasilkan paradigma baru yang lebih menekankan pada sumber daya manusia. (A.B. Susanto, dkk., 2010). Sangkereng.dkk (2019) menjelaskan bahwa pembangunan manusia adalah pandangan yang menempatkan manusia sebagai fokus dan tujuan utama dari kegiatan pembangunan untuk menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas (Sangkereng.dkk, 2019). Kita harus menyadari bahwa manusia merupakan komponen terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika sumber daya manusia suatu negara berkualitas tinggi, tentu akan menciptakan lingkungan sosial yang produktif. Dimana mereka dapat mengelola sumber daya alam yang ada di negaranya semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan kemakmuran bagi rakyat. Masyarakat Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah seharusnya dapat mencapai tingkat kemakmuran yang tinggi jika diolah dengan baik. Namun sekali lagi, sumber daya manusia di Indonesia masih tergolong rendah, sehingga belum bisa memanfaatkan potensi yang ada. Kita bisa mengamati Singura, negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti Indonesia, tetapi memiliki sumber daya manusia yang berkualitas yang menjadikan negara satu-satunya negara di ASEAN yang termasuk negara maju. Bahkan pemerintah Singapura telah menjamin kesejahteraan seluruh rakyatnya dari segi ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Arti Penting Daerah Dalam Mewujudkan Kemakmuran Rakyat

Arti Penting Daerah Dalam Mewujudkan Kemakmuran Rakyat

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada tahun 2020 adalah 71,94, yang dapat dikatakan tinggi secara standar.

Optimalisasi Pembangunan Manusia Untuk Kemakmuran Rakyat

(UNDP). Namun yang menjadi permasalahan masyarakat Indonesia selama ini adalah pembangunan manusia yang masih belum merata di beberapa daerah seperti Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat. , Maluku, Maluku Utara, Pua Kulon dan Pua. Masalah ini terjadi karena perbedaan ekonomi antar daerah. Bahkan, data menyebutkan bahwa 58,55% perekonomian Indonesia masih terkonsentrasi di pulau Jawa (BPS, 2020). Karena kesenjangan ekonomi yang besar antar daerah, yang membuat IPM di beberapa daerah rendah dan tidak mampu menciptakan lingkungan yang produktif, masyarakat Indonesia masih belum mampu mencapai kesejahteraan yang penuh cita-cita bangsa Indonesia dan ditegaskan dalam Undang-Undang. pembukaan konstitusi,

Selama ini pemerintah belum mampu melaksanakan pembangunan secara seimbang, baik dari sisi infrastruktur maupun pembangunan manusia, yang bertujuan untuk mewujudkan cita-cita kesejahteraan masyarakat. Pembangunan yang tidak merata ini akan menimbulkan ketimpangan dan kemiskinan di daerah terpencil atau pedesaan. Oleh karena itu, perlu diupayakan peningkatan pembangunan manusia demi kesejahteraan. Upaya yang dapat dilakukan sebagai perangkat masyarakat dalam bidang ekonomi dan sosial adalah sebagai berikut: Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya. dan harga sehingga Makalah Daerah ini dapat diselesaikan dengan baik dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak lupa sholawat dan salam semoga kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya, dan kita sebagai umatnya.

Makalah ini kami buat untuk melengkapi tugas mata kuliah PPKn. Terima kasih atas semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah daerah dalam rangka NKRI. Dan kami juga menyadari pentingnya membaca sumber dan referensi internet yang telah membantu dalam memberikan informasi yang akan menjadi bahan pembuatan makalah.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan dan arahan hingga penyusunan makalah ini dapat diselesaikan. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah daerah dalam rangka NKRI, maka kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan makalah ini.

Desentralisasi Dan Otonomi Daerah Di Indonesia. Konsep, Pencapaian, D…

Mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Suci yaitu Allah SWT, dan pasti ada kekurangan dalam diri kita sebagai manusia. Semoga makalah daerah dalam rangka NKRI ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Negara Kesatuan Republik Indonesia dibentuk melalui perjuangan yang panjang dan luar biasa oleh para pendiri negara. Komitmen kuat dan perjuangan tak kenal lelah para founding fathers dalam mencapai kemerdekaan. Hal ini pada akhirnya memastikan bahwa Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia. “Saya mempercayakan orang dan negara ini kepada Anda.” Demikian pesan salah satu pendiri negara, Ir. Soekarno. Pesan untuk mahasiswa adalah kita harus mempersiapkan masa depan. Generasi muda bangsa Indonesia yang akan terus melindungi, mengurus dan memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang luas dengan luas daratan dan lautan kurang lebih 5.193.252 km.

Arti Penting Daerah Dalam Mewujudkan Kemakmuran Rakyat

Dengan jumlah penduduk lebih dari 240 juta jiwa. Wilayah dan penduduknya merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk maju dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Semua potensi ini harus dikelola dengan baik oleh seluruh komponen bangsa. Pemerintah dan pemerintah daerah harus paralel dalam membangun daerah. Kita sebagai warga negara harus memahami setiap daerah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari negara kesatuan RI.

Mempererat Persaudaraan Dan Kebersamaan 2. Mendorong Timbulnya Semangat Gotong Royong Dan

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini tentang daerah dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan awal dari terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Indonesia yang diproklamirkan oleh para pendiri negara adalah negara kesatuan. Pasal 1 ayat (1) UUD 1945,

Para pendiri negara menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia. Para pendiri negara mewarisi nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam Pancasila dan UUD 1945. Pancasila dan UUD 1945 mengatur tentang persatuan dan kesatuan dalam berbagai ketentuan. , seperti di bawah ini.

Negara Kesatuan Republik Indonesia, meskipun sudah berdiri dan berumur lebih dari tujuh puluh (70) tahun, tidak akan bertahan jika rakyatnya sendiri tidak lagi memiliki semangat persatuan dan kesatuan. Bangsa dan negara Indonesia akan langgeng jika warga negara Indonesia mau mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam berbagai bidang kehidupan. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang tidak terpecah-pecah, terbentuk di atas dan di dalam masyarakat Indonesia yang tidak terpecah-pecah. Pemikiran tentang kemerdekaan Indonesia para pendiri dapat ditemukan dalam sidang BPUPKI. Muhammad Yamin mengatakan dalam pidatonya pada 11 Juli 1945:

Pdf) Kebijakan Publik Untuk Kesejahteraan Rakyat

“… Pemerintahan di republik ini pada awalnya terdiri dari badan-badan masyarakat seperti desa, yang merupakan struktur administrasi terendah. Saya menyebut pemerintah ini sebagai pemerintah bawahan. Dan pemerintah pusat akan dibentuk di ibu kota negara, ibu kota pertama Republik Indonesia. Itulah yang saya sebut pemerintahan yang unggul. Antara pemerintah yang lebih tinggi dan pemerintah yang lebih rendah adalah pemerintah daerah, yang dapat disebut pemerintah pusat…”

“…Kita sepakat tentang bentuk negara kesatuan (unity state). Oleh karena itu, dalam negara negara Indonesia tidak ada negara bawahan, tidak ada “understaat”, melainkan hanya wilayah pemerintahan. Pembagian wilayah Indonesia dan bentuk pemerintahan daerah ditetapkan dengan undang-undang.”

“… Hak usul di daerah-daerah tertentu juga harus diperhatikan. Daerah khusus ini adalah daerah kerajaan pertama baik di Jawa maupun di luar Jawa. Kedua, daerah kecil dengan komposisi asli seperti desa di Jawa, nagari di Minangkabau, dusun dan marga di Palembang, huta dan huria di Tapanuli, desa di Aceh. Artinya, daerah itu dihormati dengan menghormati dan memperbaiki struktur aslinya…”

Arti Penting Daerah Dalam Mewujudkan Kemakmuran Rakyat

“… dan keberadaan daerah istimewa dihormati dan dihormati karena struktur aslinya, tetapi situasinya seperti daerah, bukan negara; Jangan salah paham menghormati keberadaan daerah …”

Pdf) Efektivitas Otonomi Daerah Dalam Membangun Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pada Masyarakat Pedesaan

Berdasarkan pemikiran kedua tokoh pendiri negara yang menyusun UUD 1945 tersebut, dapat disimpulkan bahwa struktur daerah pemekaran meliputi daerah luas, daerah istimewa dan desa kecil atau sebutan lain (tanah). , desa, marga, huta). , huria, desa, meunasah). Pembagian struktur wilayah tidak memecah belah negara Indonesia, tetapi tetap dalam satu ikatan, yaitu negara Indonesia.

Konstitusi Indonesia juga secara tegas mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan pemerintahan khusus dan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). . Yang dimaksud dengan masyarakat hukum adat adalah masyarakat hukum adat atau adat istiadat seperti kampung, marga, nagari, gampong, huta, dan huria.

Kesatuan-kesatuan masyarakat hukum tersebut selain dihormati dan diakui dalam sistem pemerintahan Indonesia, juga berhak hidup sejajar dengan satuan-satuan pemerintahan lainnya seperti kabupaten, kota, dan provinsi. Hal ini ditegaskan kembali dalam Pasal 18B ayat (2) UUD 1945 yang menyatakan: “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan masyarakat. .asas Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Oleh karena itu, berdasarkan ketentuan pasal ini, negara mengakui dan menghormati hak-hak masyarakat hukum adat seperti desa, marga, desa, desa dan huria.

Dalam perkembangannya, mengingat luas wilayah negara, urusan pemerintahan yang semakin kompleks, dan semakin banyaknya warga negara yang heterogen, prinsip otonomi dan tugas pembantuan dilaksanakan. Pasal 18, 18A, dan 18B UUD 1945 menegaskan bahwa negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kesatuan dengan sistem pemerintahan daerah berdasarkan desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan. Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyatakan bahwa ada

Kontrol Masyarakat Terhadap Pemerintahan Daerah

Arti penting demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, upaya mewujudkan kedaulatan rakyat, arti penting norma dalam kehidupan masyarakat, cerita rakyat nias dalam bahasa daerah nias, arti penting daerah bagi nkri, apa arti penting hukum dalam mewujudkan keadilan, menjaga kesehatan dengan memakan makanan yang sehat itu penting jika rakyat mempunyai tubuh yang sehat maka negara menjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.