Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai – , JAKARTA – Seperti namanya, senam lantai merupakan olahraga dan latihan fisik yang dilakukan di atas lantai. Latihan lantai adalah salah satu senam paling populer di dunia.

Baca juga: Klub Berikutnya Cristiano Ronaldo Usai MU Kecewa: Chelsea Dicap Tersangka, Arsenal Unggul Atas Piers Morgan

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Seperti namanya, senam lantai dilakukan di atas lantai dengan menggunakan tumpuan. Basis yang umum adalah kasur.

Senam Irama: Pengertian, Unsur, Jenis, Sejarah

Kehadiran matras sebagai alat pertama untuk mengurangi resiko kecelakaan. Padahal, tanah sering disentuh saat melakukan gerakan senam.

Dalam latihannya, senam lantai menggunakan banyak gerakan, seperti berguling, melompat, melompat, berputar di udara, tangan atau kaki untuk keseimbangan, atau melompat ke depan atau ke belakang.

Latihan lantai ini bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pada umumnya pada pertandingan resmi senam lantai dilakukan di lapangan berukuran 12×12.

Keberadaan senam lantai tidak menentu. Namun, senam lantai diyakini sudah ada sejak zaman Yunani kuno.

Inilah Sederet Manfaat Senam Lantai Untuk Pemula

Pada abad ke-20, senam menyebar ke seluruh dunia. Olahraga ini berkembang pesat dan memiliki banyak cabang, salah satunya senam lantai.

Sedangkan senam pertama kali di Indonesia adalah pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1912. Pengenalan senam bertepatan dengan pemberian pendidikan jasmani di antara mata pelajaran wajib di sekolah.

Senam pertama yang diperkenalkan saat itu adalah senam versi Jerman. Senam Jerman menekankan variasi gerakan dengan sumber daya pendidikan yang kaya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Pada tahun 1916, latihan versi Jerman diubah menjadi sistem Swedia. Sistem Swedia menekankan manfaat senam.

Solution: Bab Ii Imam Rtf

Di sisi lain, penemu sistem senam lantai adalah petugas medis Angkatan Darat Kerajaan Belanda, H.F. Bernama Dr Minkma.

Melalui Minkema, sejarah perkembangan senam lantai di Indonesia mulai menyebar ke berbagai daerah. Tak hanya itu, pada tahun 1918 Minkma juga membuka kursus senam di Swedia.

Seiring popularitas senam tumbuh, sebuah organisasi diciptakan yang bertujuan untuk mengembangkan pesenam berbakat. Organisasi ini didirikan pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

Baru pada tahun 1964 Indonesia pertama kali mengikuti GANEFO I.

Pengertian Dan Manfaat Gerakan Senam Lantai (floor Exercise)

7. Senam lantai harus diawasi oleh seorang guru atau pelatih yang ahli dalam teknik senam lantai.

6 penjaga gawang veteran yang bugar di Ligue 1 di awal musim: apakah dia masih layak di bawah penjaga gawang?

Indra Sjafri dan 3 pelatih lokal kemungkinan akan menggantikan Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Indonesia U-23 2023 di SEA Games 2023

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Eric Ten Witch Time Cristiano Ronaldo Pakai Jersey Pengganti MU, Merasa Dikhianati dan Jadi Ungkapan Marah yang Dikambinghitamkan Klub?

Senam Lantai (penjaskes Smp Kelas 7 Halaman 98 S/d 106)

Gambar: 5 Pemain Tertua di Piala Dunia 2022 Lebih Hebat dari Ronaldo

Foto: Ada yang Lebih Muda dari Gavi, Ini Dia 5 Pemain Termuda yang Akan Mewarnai Piala Dunia 2022 QataLiputan6.com, Jakarta floor exercise merupakan salah satu cabang olahraga yang berkaitan dengan kelentukan fisik. Senam lantai bisa dilakukan di rumah, berbahan dasar matras.

Penting untuk memahami arti senam lantai. Ini adalah langkah pertama dalam memahami senam lantai untuk pemula dan jenisnya. Senam lantai adalah serangkaian latihan yang dilakukan di lantai.

Latihan lantai adalah gerakan yang meliputi menendang, memantul, menyeimbangkan, dan melompat. Senam lantai dianggap sebagai olahraga yang aman.

Apakah Pengertian Senam Lantai

Berikut ini Liputan6.com ulas pengertian senam lantai beserta manfaat dan jenisnya yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022).

* Kebenaran atau tipuan? Untuk mengetahui keaslian informasi yang beredar WhatsApp Liputan6.com ke 0811 9787 670 ketik kata kunci yang diinginkan.

Latihan lantai adalah latihan berbasis tikar yang dilakukan di lantai datar. Latihan lantai itu sendiri menggabungkan fleksibilitas, kekuatan, lompatan, postur, dan keseimbangan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Baik pria maupun wanita dapat melakukan senam lantai. Namun, wanita lebih banyak melakukan latihan yang berfokus pada kelenturan dan keseimbangan tubuh. Senam lantai harus dilakukan di atas permukaan yang rata dan keras. Ini membantu mencegah cedera sendi pada pesenam.

Senam Lantai: Pengertian, Sejarah, Jenis, Unsur, Tujan, Manfaat, Aturan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, senam lantai berarti senam yang mempertunjukkan gerakan akrobatik mengikuti irama lagu. Latihan lantai mengutamakan keseimbangan, kekuatan, kelenturan dan kelenturan.

Saat melakukan senam lantai, dibutuhkan ruangan berukuran 12 x 12 meter. Ingat, elemen utama senam lantai adalah berguling, melompat, melompat, dan menggantung. Untuk ini, Anda membutuhkan ruangan yang cukup besar.

Jika Anda tahu apa arti waxing, Anda juga harus mengetahui manfaat senam lantai. Senam lantai memberikan manfaat bagi tubuh yaitu mengembangkan komponen kebugaran jasmani dan melatih kemampuan gerak melalui berbagai mode gerak, daya tahan, kekuatan, kelenturan, koordinasi, kelincahan dan keseimbangan.

Selain itu, manfaat floor exercise adalah melatih pesenam untuk menggunakan kemampuan berpikir secara cepat dan analitis saat memecahkan masalah gerak.

Gerakan Senam Lantai Yang Dilakukan Dengan Sikap Tubuh Menyamping Adalah

Forward lunge adalah penggunaan bagian belakang tubuh (leher, pinggang dan belakang panggul) untuk bergerak maju. Cara melakukan senam lantai guling depan yaitu guling depan instan dan guling depan squat.

Melempar ke belakang adalah melempar badan ke belakang, dan posisi badan harus tetap melingkar, artinya kedua kaki menyatu, lutut disambungkan ke dada dan kepala diturunkan hingga dagu ditekuk. dada. Berikut cara melakukan senam lantai tendangan belakang, yaitu:

C. Segera menyilangkan tangan di samping telinga, saat punggung menyentuh matras, dengan tangan terangkat siap menepis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

D. Segera kembalikan kaki ke atas kepala, muka dengan tangan dan silangkan kaki sehingga jari-jari kaki meluncur ke posisi jongkok di atas matras.

Sejarah Senam Lantai Pengertian

Gulungan elastis adalah gerakan tubuh yang elastis ke atas dan ke depan yang disebabkan oleh tendangan kaki dan gerakan tangan. Floor exercise ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan dasarnya yaitu backbends dan headbends. Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan guling fleksibel dengan dukungan dari punggung dan kepala.

Putar ke belakang, kaki lurus, kaki dekat kepala, lengan ditekuk, tangan dekat kepala, ibu jari dekat telinga.

Lemparan ke depan mengarahkan anggota badan ke atas dan ke depan, tangan menolak terbang ke badan dan kepala ditekuk, dan kepala pasif.

Berbaring di lantai dalam segitiga sama sisi dengan punggung vertikal, kaki sempit dan lurus, jari kaki di lantai.

Senam Lantai Untuk Kesehatan Anak

Agar latihan keterampilan fleksibilitas leher dan kepala berjalan dengan baik, berikan dukungan yang memadai dengan grip dan push.

Pesenam Jatim Ferrous One Wilyodac tampil di senam lantai cabang PON XIX di Stadion Arcamanik Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kayang adalah posisi kaki diletakkan pada empat titik dengan posisi terbalik, meregangkan dan mengangkat perut dan panggul. Nilai gerakan Kayangan adalah dengan menempatkan kaki lebih tinggi, sedikit tekanan diberikan pada bahu dan punggung bawah. Manfaat kayak adalah untuk meningkatkan kelenturan bahu, bukan kelenturan pinggang.

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Lilin berdiri adalah latihan tubuh bebas, dengan kaki direntangkan dan kepala di bawah. Untuk melakukan pose lilin ini, Anda perlu berbaring telentang, dengan siku dan tangan menopang pinggul. Pose ini dirancang untuk menumbuhkan keseimbangan dan ketenangan. Cara membuat posisi candle adalah sebagai berikut:

Modul Senam Lantai

B. Angkat pinggul, tekuk lutut, dan letakkan lengan lurus di samping tubuh, telapak tangan menghadap ke lantai.

Putar badan ke samping, pusat gravitasi aksi ada di kaki dan tangan Gerakan meroda bisa dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dengan roda, dan jika dirasa sudah enak bisa ditingkatkan menjadi beberapa gerakan :

Satu. Pertama, berbaring miring, kaki agak terbuka, lengan ke samping (mirip dengan huruf V) dan menghadap ke depan.

B. Kemudian badan jatuh ke kiri, telapak tangan ke kiri, lalu kaki kanan lurus ke atas. Kemudian letakkan telapak tangan Anda di sebelah tangan kiri Anda.

Pengertian Senam Irama, Unsur Unsur, Jenis, Gerakan Inti, Tujuan, Dan Manfaatnya

C. Saat kaki kanan mengayun, kaki kiri mendorong ke tanah sehingga kaki terbuka dan ditekuk ke samping.

D. Kemudian letakkan kaki kanan Anda di samping tangan kanan Anda, angkat tangan kiri Anda dan letakkan kaki kiri Anda di samping kaki kanan Anda. Senam lantai adalah gerakan yang dilakukan di atas lantai yang ditopang oleh matras. sebuah pangkalan Penggunaan matras untuk senam lantai tentunya untuk mengurangi cedera saat melakukan senam tersebut. Hal ini dilakukan karena gerakan senam lantai bersentuhan langsung dengan tanah.

Senam berasal dari kata bahasa Inggris “gymnastics” yang artinya berlangsung di ruangan khusus dan melibatkan gerakan, kekuatan, kecepatan dan koordinasi gerakan tubuh. Performa ini diperlukan karena senam lantai membutuhkan kombinasi gerakan untuk mendapatkan manfaat mental dan fisik.

Apa Yang Dimaksud Dengan Senam Lantai

Latihan lantai umumnya terdiri dari gerakan berguling, melompat, berputar dan lainnya, mengistirahatkan tangan atau kaki, mengistirahatkan punggung, menopang dan menyeimbangkan tubuh, atau bahkan mengistirahatkan kepala.

Agar Dapat Melakukan Beberapa Gerakan Senam Lantai Anda Dituntut Untuk Memiliki

Menurut Yusup Hidayat (2010), senam lantai adalah latihan fisik dimana tujuan tertentu dicapai melalui gerakan yang sistematis dan terencana.

Sedangkan menurut Muhajir (2013), senam lantai merupakan kelompok dalam senam. Pada senam lantai gerakannya bervariasi dan dilakukan sesuai dengan ketentuan yaitu di lantai. Ia juga mengatakan bahwa konsep senam lantai merupakan cabang olahraga yang unsur geraknya adalah menendang, memantul, menyeimbangkan, dan melompat.

Kemudian, Sayuti Sahara (2010) menekankan senam atau senam

Apa yang dimaksud senam lantai, apa yang dimaksud dengan senam ritmik, yang dimaksud dengan senam lantai, apa yang dimaksud senam irama, apa yang dimaksud dengan senam irama, apa yang dimaksud dengan senam ketangkasan, yang dimaksud senam lantai, apa yang dimaksud dengan senam, apa yang dimaksud dengan senam aerobik, apa yang dimaksud senam, jelaskan yang dimaksud dengan senam lantai, apa yang dimaksud dengan senam kegel

Leave a Reply

Your email address will not be published.