Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan – Kebakaran hutan saat ini sering terjadi, terutama di hutan dan lahan gambut Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Kalimantan. Banyak faktor penyebab kebakaran hutan dan lahan gambut, misalnya penyebab paling umum adalah cuaca kering dan aktivitas manusia seperti membuang sampah sembarangan puntung rokok hingga berburu babi hutan yang menggunakan bom sebagai perangkap.

Kebakaran hutan menimbulkan banyak dampak yang merugikan dari segi lingkungan dan ekonomi. Di bawah ini adalah beberapa dampak yang paling merusak dari kebakaran hutan dan lahan gambut.

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan

Hutan dan lahan gambut Indonesia memiliki beragam satwa liar yang menghuninya. Banyak kawasan hutan di Indonesia juga merupakan kawasan taman nasional yang merupakan habitat asli dan penting bagi banyak spesies yang dilindungi seperti bekantan, beruang madu, siamang, harimau, dan orangutan. Kebakaran hutan dan lahan gambut berdampak negatif langsung terhadap satwa yang kini terancam punah. Hutan dan lahan gambut yang terbakar tidak akan bisa pulih kembali, karena butuh ratusan tahun bagi pohon untuk mencapai ukuran dan keanekaragaman hayati yang biasanya terjadi secara alami di hutan tropis.

Peran Serta Pelaku Usaha Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Kota Palangka Raya Tahun 2022

Lahan gambut dan hutan yang secara alami menyerap kelebihan gas CO2 yang dilepaskan ke atmosfer berperan penting dalam mengendalikan perubahan iklim. Jika lahan gambut dan hutan dibakar, akan melepaskan karbon dan gas lainnya ke udara, yang akan berkontribusi pada pemanasan global yang sekarang terjadi di seluruh belahan dunia.

Kebakaran hutan dan lahan gambut menyebabkan pencemaran udara dan secara langsung berdampak pada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan, baik yang dekat dengan lokasi kebakaran maupun yang jaraknya puluhan kilometer. Asap yang dihasilkan bisa menyebar hingga ribuan kilometer. Sebagai contoh, kebakaran hutan di Riau yang mengakibatkan peningkatan jumlah korban akibat ISPA (infeksi saluran pernapasan) dan jumlah total orang yang terpapar partikel asap mencapai lebih dari 55.000 orang dan puluhan sekolah. Harus berhenti untuk lebih. . Lebih dari seminggu.

Akibat asap yang mengganggu areal sekitar lokasi hutan, banyak aktivitas manusia yang terganggu hingga sekolah-sekolah terpaksa berhenti beroperasi. Oleh karena itu, juga berdampak negatif pada siklus ekonomi daerah sekitarnya, sehingga menimbulkan kerugian. Selain perekonomian, kabut asap yang mencapai negara tetangga juga dapat berdampak negatif terhadap hubungan bilateral Indonesia.

Demikianlah pembahasan singkat tentang 4 dampak buruk kebakaran hutan. Jika Anda membutuhkan pompa, selang, aksesoris pemadam kebakaran, perbaikan, perawatan dan suku cadang, silahkan hubungi kami di: Kebakaran hutan bukanlah fenomena baru di Indonesia. Banyak kasus kebakaran hutan yang sering kita dengar dari berbagai saluran TV berita nasional. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, di Indonesia, kebakaran hutan menjadi trending topic dan juga bencana alam yang serius.

Kebakaran Hutan: ‘kami Adalah Penjaga Hutan Kalimantan’

Pada tahun 2015, misalnya, kebakaran hutan di Indonesia cukup parah, khususnya di Pulau Sumatera. Intensitas kebakaran hutan ini tidak ada duanya tetapi menimbulkan asap yang sangat mengganggu. Selain asap, kebakaran hutan ini memiliki banyak dampak negatif lainnya yang akan dirasakan oleh manusia dan hewan lainnya. Beberapa akibat dari kebakaran hutan antara lain:

Akibat pertama dari kebakaran hutan adalah kabut asap. Asap adalah konsekuensi yang hampir selalu terjadi ketika kebakaran hutan dimulai. Lagi pula, api yang membakar sesuatu pasti menimbulkan asap, belum lagi api yang membakar pohon di hutan. Semakin banyak area hutan yang terbakar, semakin banyak asap yang dihasilkan dan semakin banyak area yang terpapar bahaya asap.

Selain mencemari udara dengan asap, juga akan menghalangi jarak pandang, membuat banyak angkutan umum yang tidak beroperasi bahkan kendaraan pribadi sulit melintas di jalan raya. Itu menjadi bencana nasional di Indonesia pada tahun 2015, bahkan untuk negara tetangga.

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan

Efek lain dari kebakaran hutan adalah kematian pohon. Ketika kita membakar sesuatu, wajar jika sesuatu akan layu atau mati. Hal yang sama berlaku untuk pohon hutan.

Tips Siaga Bencana – Menghindari Kebakaran Hutan

Ketika hutan terbakar, pohon-pohon itu sendiri mati. Ketika kita sendiri mengetahui bahwa keberadaan sebuah pohon sangatlah penting. Jadi bisa kita bayangkan sendiri apa jadinya jika banyak pohon mati akibat kebakaran hutan. Hal ini pasti akan menimbulkan banyak dampak buruk seperti polusi udara akibat asap, kekurangan suplai oksigen, kematian hewan tempat berteduh dll.

Selain pohon yang mati, kebakaran hutan juga tidak menutup kemungkinan akan membunuh banyak hewan. Hutan adalah rumah bagi berbagai hewan. Berbagai hewan yang hidup di hutan termasuk mamalia, amfibi, reptil, serangga, burung dll. Jadi, ketika terjadi kebakaran hutan, kemungkinan besar hewan-hewan tersebut juga akan mati. Sangat sulit bagi hewan untuk bertahan hidup sendiri di habitat alami mereka dan di alam liar. Oleh karena itu, ketika kebakaran hutan terjadi, banyak hewan yang mati dan menjadi langka.

Selain hewan mati, ada juga hewan hidup. Hewan-hewan yang masih hidup pada akhirnya akan kehilangan tempat tinggalnya karena hutan rusak dan pohon-pohon yang semula menjadi tempat tinggal mereka mati.

Akibatnya, habitat atau lingkungan mereka juga akan mati dan mereka tidak akan memiliki hal-hal yang menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bisa jadi sulit bagi hewan ini untuk mencari makanan, air bersih dan tentu saja tempat berlindung untuk mencari perlindungan dan perlindungan dari predator yang berkeliaran mencari mangsa.

Giat Kesiapsiagaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan

Efek lain dari kebakaran hutan adalah mengganggu keseimbangan alam. Kita semua tahu bahwa salah satu fungsi hutan adalah untuk menyeimbangkan alam, baik dengan menetralkan udara atau menyimpan cadangan air di dalam tanah. Ketika hutan yang merupakan keseimbangan alam terbakar, keseimbangan alam secara otomatis terganggu.

Udara yang tercemar tidak lagi memiliki penetral, akan menjadi lebih tercemar karena api menghasilkan asap. Kemudian akar pohon tidak dapat menyerap lebih banyak air karena fungsi akar pohon memburuk. Sejak saat itu, tanpa kita sadari, keseimbangan alam telah terganggu dan sangat terganggu. Oleh karena itu, kebakaran hutan sering digolongkan sebagai fenomena alam yang sangat serius keberadaannya dan harus segera dikendalikan dan ditanggulangi agar tidak mudah terulang kembali.

Dampak selanjutnya adalah banjir. Kita semua tahu bahwa banjir bisa terjadi saat hujan deras. Banjir ini kemungkinan besar terjadi ketika hutan terbakar dan pohon mati. Ini karena akar pohon tidak berfungsi dengan baik. Jadi, saat hujan, otomatis akan menimbulkan banjir.

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan

Banjir di kawasan hutan akan sangat berbahaya bagi manusia, hewan dan tentu saja tumbuhan. Banjir di kawasan hutan ini akan menyebabkan erosi tanah karena tidak ada penopang tanah dan jika daerah tersebut berbukit, juga akan terjadi tanah longsor. Jadi sebisa mungkin tidak membanjiri dan membunuh kawasan hutan karena hutan itu sendiri merupakan keseimbangan alam yang harus selalu stabil.

Dampak Karhutla Sangat Berbahaya Bagi Kehidupan Perlunya Upaya Pencegahan Sejak Dini Agar Tidak Terjadi

Selain banjir, ada dampak lain yang dapat ditimbulkan oleh kebakaran hutan, seperti menipisnya cadangan air tanah. Jika ada kemungkinan banjir saat musim hujan, saat musim kemarau tiba, cadangan air bumi mati. Kita semua tahu bahwa salah satu fungsi akar pohon adalah untuk menyerap dan menyimpan cadangan air di bumi.

Ketika akar pohon sendiri rusak dan kondisinya tidak stabil, bagaimana akar pohon dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk menyimpan air. Tentu hal ini tidak akan berjalan dengan baik yang akan menguras simpanan air di dalam tanah dan tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Adanya pencemaran udara merupakan dampak yang tidak dapat dipisahkan dari kebakaran hutan. Namun, asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan tersebut dapat menyebar ke daerah sekitarnya sehingga menyebabkan pencemaran udara yang menembus daerah sekitarnya, bahkan dalam radius beberapa kilometer.

Polusi udara ini tidak hanya disebabkan oleh asap, tetapi juga oleh gas berbahaya yang dihasilkan oleh kebakaran hutan. Gas yang dihasilkan secara berlebihan seperti karbon, serta gas rumah kaca lainnya. Pencemaran udara ini tentunya akan menimbulkan banyak kerugian yang tidak hanya dirasakan oleh manusia tetapi juga oleh makhluk hidup lainnya.

Kebakaran Hutan Di Prancis Spanyol Meluas, Ribuan Orang Dievakuasi

Efek lain yang dapat ditimbulkan dari kebakaran hutan adalah munculnya berbagai jenis serangga. Penyakit ini juga menyerang manusia, hewan dan tumbuhan. Penyakit yang sering disebabkan oleh kebakaran hutan, terutama yang berhubungan dengan pernafasan. Karena bagaimanapun juga, asap yang dihasilkan dari kebakaran hutan tersebut secara otomatis akan bercampur dengan udara yang selalu dihirup oleh manusia dan hewan.

Secara alami asap yang dihirup ini menyebabkan berbagai penyakit seperti ISPA dan penyakit paru-paru dan saluran pernapasan lainnya. Ada banyak kasus orang meninggal karena penyakit pernapasan saat kebakaran hutan akibat kabut asap. Selain masalah atau gangguan pernapasan, kebakaran hutan ini dapat menyebabkan banyak penyakit lainnya. Contoh lainnya adalah iritasi mata atau kulit.

Erosi tanah juga merupakan salah satu dampak yang dapat menyebabkan kebakaran hutan. Kebakaran hutan yang pada akhirnya akan membunuh banyak pohon yang hidup di hutan ini,

Dampak Kebakaran Hutan Bagi Lingkungan

Dampak polusi udara bagi lingkungan, dampak pestisida bagi lingkungan, dampak sampah anorganik bagi lingkungan, dampak sampah plastik bagi lingkungan, dampak pencemaran udara bagi lingkungan, dampak kebakaran hutan bagi flora dan fauna, dampak co2 bagi lingkungan, dampak kebakaran hutan bagi kesehatan, dampak polusi bagi lingkungan, dampak kebakaran hutan bagi manusia, dampak polusi air bagi lingkungan, dampak kebakaran hutan terhadap lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published.