Negara Yang Ada Di Amerika Selatan

Negara Yang Ada Di Amerika Selatan – Luas daratan Amerika – Jika dilihat dari luasnya, Amerika merupakan benua terbesar ke-2 di dunia setelah Asia. Jika dihitung, luas total benua ini adalah 42,5 km2.

Amerika dibagi menjadi banyak wilayah, ini tergantung pada garis lintang dari utara ke selatan dunia. Untuk itu, nanti kita akan membahas pembagian wilayah di Amerika Serikat secara umum dan negara bagian serta ibu kotanya.

Negara Yang Ada Di Amerika Selatan

Negara Yang Ada Di Amerika Selatan

Secara umum, Amerika dibagi menjadi 3 wilayah, antara lain Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Bagian utara terdiri dari banyak negara, di bagian tengah banyak terdapat negara-negara kecil, dan di bagian selatan terdapat negara-negara berkembang dengan jumlah penduduk yang besar, seperti Brazil. Berikut ini adalah uraian masing-masing wilayah berdasarkan sebaran benua Amerika Serikat.

Profil Negara Amerika Serikat

Wilayah pertama adalah Amerika Utara. Kawasan ini terletak di bagian utara benua Amerika, dengan luas 24,4 juta km2. Sedangkan jumlah penduduk di wilayah ini dikatakan sekitar 514 ribu (sumber: wikipedia).

Paruh kedua Amerika adalah wilayah Amerika Tengah. Daerah ini merupakan penghubung antara wilayah utara dan selatan. Beberapa orang mengatakan bahwa sebagian Meksiko berada di wilayah ini, tetapi sebagian besar berada di Amerika Utara.

Negara-negara Amerika Tengah biasanya terletak di antara Meksiko dan Kolombia di selatan. Beberapa negara di kawasan ini antara lain:

Amerika Selatan atau yang banyak orang sebut dengan benua Amerika Selatan adalah wilayah antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Seperti Indonesia, wilayah ini juga dilintasi garis khatulistiwa.

Tempat Wisata 2021 Di Amerika Serikat Yang Wajib Dikunjungi

Bagian barat Amerika Selatan memiliki bentang alam pegunungan dari utara ke selatan, sedangkan bagian timur memiliki dataran yang luas. Berikut adalah beberapa contoh negara dan ibu kota Amerika Selatan, antara lain:

Nah, ini adalah beberapa pembagian geografis Amerika Serikat dan beberapa contoh negara bagian dan ibu kotanya. Setelah membaca dan memahami pembahasan di atas, semoga pengetahuan dan pemahaman Anda tentang benua dunia semakin bertambah.

Selain pembagian regional Amerika Serikat, banyak artikel tentang pembagian benua atau artikel tentang benua di dunia tersedia. Jangan lupa untuk membaca artikel informatif dan menarik lainnya. Mungkin itu saja, kurang lebihnya kami mohon maaf. Bagaimanapun, terima kasih. Amerika Utara adalah benua terbesar ketiga di dunia berdasarkan wilayah. Benua Amerika Utara memiliki sekitar 4,8% dari permukaan dunia (laut dan darat) atau sekitar 16,5% dari daratan dunia dan terletak di antara Samudra Pasifik di barat dan Samudra Atlantik di timur.

Negara Yang Ada Di Amerika Selatan

Perbatasan antara Amerika Utara dan Amerika Selatan adalah perbatasan antara Panama (Amerika Utara) dan Kolombia (Amerika Selatan). Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan juga dipisahkan oleh Terusan Panama, yang menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik.

Bendera Amerika Selatan Ilustrasi Stok

Kanada merupakan negara terbesar di benua Amerika Utara dengan luas 9.984.670 km2 sedangkan negara terpadat di benua Amerika Utara adalah Amerika Serikat dengan jumlah penduduk 321.368.864 jiwa.

Dalam skala global, benua Amerika Utara dapat dibagi menjadi beberapa wilayah, seperti Amerika Utara, Karibia, dan Amerika Tengah.

Berikut ini adalah 3 negara yang terletak di bagian utara benua Amerika Utara yang sering disebut sebagai wilayah Amerika Utara.

Hampir semua negara yang berada di kawasan Karibia adalah negara Kepulauan, berikut ini adalah negara-negara yang berada di kawasan Karibia.

Perbedaan Antara Amerika Utara Dan Amerika Serikat

Amerika Selatan merupakan benua terbesar ke-4 di dunia dengan luas 17.840.000 km2 atau sekitar 12% dari total luas daratan dunia. Di sebelah barat benua Amerika Selatan adalah Samudra Pasifik sedangkan di sebelah timur adalah Samudra Atlantik. Utara benua Amerika Selatan adalah Laut Karibia dan benua Amerika Utara. Dari segi jumlah penduduk, benua Amerika Selatan yang berpenduduk 392.555.000 jiwa merupakan yang terbesar ke-5 setelah benua Eropa. Sebagian besar penduduknya adalah pendatang dari Eropa selatan seperti Spanyol dan Portugis, sedangkan penduduk aslinya adalah orang India dari ras Eropa dan India yang disebut Mestizos.

Negara terluas di benua Amerika Selatan adalah Brazil dengan luas 8.515.770 km2 atau sekitar 48% dari total luas benua Amerika Selatan. Brasil juga merupakan negara terpadat di Amerika Selatan, dengan 204.259.812 orang atau sekitar 52% dari populasi di Amerika Selatan.

Benua Amerika Selatan terdiri dari 12 negara berdaulat yang diakui oleh PBB. Berikut ini adalah daftar 12 negara dengan ibu kota dan provinsinya. Kontestan Miss Universe dari negara-negara berbahasa Spanyol berpose dengan Telemundo, yang menyiarkan kontes dalam bahasa Spanyol. – Saya ketakutan

Negara Yang Ada Di Amerika Selatan

Tidak hanya di dunia sepak bola, negara-negara Amerika Latin juga dikenal mencapai level tertinggi di dunia dalam kontes kecantikan.

As Tak Pernah Menang Perang, Mereka Hanya Bikin Negara Jadi Kuburan

Jika di dunia sepakbola kita tahu bahwa Brazil dan Argentina adalah mantan juara, hal yang sama terjadi di kontes kecantikan. Namun, Venezuela dan Puerto Rico diperkirakan akan memenangkan kontes kecantikan terpisah. Mereka tampaknya mendominasi berbagai kontes kecantikan, tidak hanya Miss Universe, tetapi juga banyak kontes kecantikan lainnya.

Penggemar kontes kecantikan sering menyebut mereka sebagai bahasa Latin. Secara umum, kontestan Amerika dalam kompetisi Amerika Latin sering terlihat dan menjadi mega dari sekian banyak pemilu yang diadakan.

Amerika Latin atau Latin sebenarnya adalah definisi yang membingungkan. Ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa Amerika Latin adalah negara di benua Amerika yang penduduknya berbahasa Spanyol. Jika definisi ini diberikan, Brasil tidak akan diklasifikasikan sebagai bahasa Latin karena penduduknya berbicara bahasa Portugis.

Namun, ada juga teori bahwa Amerika Latin adalah negara yang terletak di Amerika Selatan. Jika definisi ini diikuti, Suriname, yang memiliki penduduk Jawa yang besar dan berbicara bahasa Kreol dan Belanda, dapat juga disebut Amerika Latin.

Bendera Semua Negara Di Benua Amerika Stiker Glossy Bulat Ilustrasi Stok

Definisi yang paling umum digunakan adalah sebuah negara di Benua Amerika (baik Utara, Karibia, Tengah dan Selatan) yang menggunakan rumpun bahasa Latin sebagai bahasa resmi atau lisan. Keluarga Latin itu sendiri adalah Spanyol, Portugis, Italia, dan Prancis. Karena banyak negara Amerika Selatan pernah dijajah oleh Spanyol, istilah Latino sering digunakan untuk orang-orang yang berbahasa Spanyol dari Amerika.

Dalam fan talk kontes, sering dikatakan bahwa kontestan Latin berbicara dalam bahasa mereka sendiri (Latin). Ini sebenarnya tidak benar karena mereka sebenarnya berbicara bahasa Spanyol berbeda dari pesaing mereka yang berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Statistik menunjukkan, sejak penyelenggaraan kontes kecantikan modern, pemenangnya didominasi oleh negara-negara Amerika Latin. Pada awalnya, negara-negara Eropa dan Amerika adalah pemenang Miss World dan Miss Universe yang paling sering. Dua event lama sudah berlangsung sejak tahun 1950-an, namun jarang negara-negara Eropa yang bisa memenangkan kedua event tersebut.

Negara Yang Ada Di Amerika Selatan

Venezuela sangat kuat memenangkan 7 gelar Miss Universe, 6 gelar Miss World, 8 gelar Miss International dan 2 gelar Miss Earth. Ini tidak termasuk gelar dalam kontes lain seperti Miss Grand International dan Miss Supranational.

Negara Di Benua Amerika

Puerto Rico juga memiliki kekuasaan meskipun tidak sepenuhnya merdeka dan menjadi milik Amerika Serikat. Penyanyi Tanah Air Ricky Martin telah mengoleksi 5 gelar Miss Universe, 2 gelar Miss World, 2 gelar Miss International dan 1 gelar Miss Earth.

Brazil juga mengoleksi dua gelar Miss Universe, 1 Miss World dan Miss International, serta 2 Miss Earth. Jika mereka tidak memenangkan piala, perwakilan Brasil hampir selalu disajikan dengan 5 posisi pertama.

Kolombia juga merupakan negara yang patut mendapat perhatian meski telah meraih 2 gelar Miss Universe dan 3 gelar Miss International. Negara dari tokoh TV Betty La Fea adalah negara paling populer kedua dan dikalahkan oleh Venezuela di tempat kedua. Artinya peserta dari Kolombia juga sering dipertimbangkan.

Pamor negara-negara Amerika Latin dalam memenangkan berbagai kontes kecantikan memang banyak disalahartikan. Salah satunya saat Miss Universe digelar oleh Donald Trump yang kerap memenangkan kontestan dari Amerika Latin. Sejak era Trump antara tahun 1996 hingga 2014, sudah ada 10 gelar Miss Universe yang diraih negara-negara Latin. Artinya, Amerika Latin telah memenangkan 10 dari 19 gelar atau lebih dari setengahnya.

Siswa, Ada Yang Tahu Julukan Benua Amerika?

Namun, menurut calon Miss Universe asal Indonesia itu, dominasi bahasa Latin tak terbantahkan meski rumor yang beredar luas. Banyak yang mengira kompetitor dari negara-negara Latin rela menjauh dari negara lain, seperti Asia dan Eropa.

Kontes kecantikan lokal yang diselenggarakan oleh masing-masing negara menjadi semakin kuat. Bahkan, ada yang sudah mempersiapkan diri sejak muda atau remaja dan sudah mengikuti berbagai workshop kecantikan.

Ketika mereka mengikuti kontes internasional seperti Miss Universe, mereka akan lebih mudah menjalani hidup karena tidak sesulit memilih kecantikan lokal. Ternyata, kontestan dari negara-negara Latin dianggap superior dan superior meski banyak dari mereka yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Negara Yang Ada Di Amerika Selatan

Tak hanya itu, dukungan masyarakat dari negara-negara Latin juga sangat tinggi. Jika melihat nama-nama pesaing yang akan dipromosikan ke level selanjutnya, bendera negara-negara Latin selalu berkibar tinggi. Venezuela dan Puerto Rico adalah dua negara yang pendukungnya selalu besar dan seru. Juga, jika kontes kecantikan diadakan di Amerika Serikat atau di negara lain di Amerika Serikat.

Negara Dengan Teknologi Termaju Di Dunia

Karena dominasi mereka yang kuat dan bahasa serta budaya yang sama, banyak penggemar kontes kecantikan menyebut mereka Latin Gang. Geng ini muncul di hampir setiap kontes kecantikan. Ketika pesaing dari negara-negara Latin berkumpul di negara-negara Latin dan tidak berbaur dengan baik dengan pesaing asli

Negara di kawasan amerika selatan, nama negara di amerika selatan, negara berkembang di amerika selatan, negara maju di amerika selatan, daftar negara di amerika selatan, negara yang ada di amerika utara, negara negara yang ada di benua amerika, universitas yang ada di amerika, negara di amerika selatan, negara terluas di amerika selatan, bank yang ada di amerika, negara penghasil kopi terbesar di amerika selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.