Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah – Artinya membuka, karena Al-Qur’an dibuka dan diawali dengan surat ini. Surat ini terdiri dari 7 ayat dan berisi Makiyya, yaitu surat yang diterima di Mekkah sebelum Hijrah. Surat ini adalah yang pertama diturunkan sebagai satu huruf lengkap. Juga dikenal sebagai “

Karena ketujuh ayat itu dibacakan beberapa kali dalam shalat. Tidak sah shalat tanpa membaca Al-Fatihah sebagaimana sabda Nabi;

Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

“Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Kitab Fatihah (al Fatihah)” (HR. Bukhari 756 dan Muslim 394)

Yuk Mengaji Hukum Bacaan Tajwid Surah Al Fatihah Sangat Lengkap

“(yaitu) jalan orang-orang yang kamu cintai; bukan jalan orang-orang yang marah, bukan pula jalan orang-orang yang sesat.” (7)

Allah mengawali surah ini dengan kata basmalah اللهِ الرَّرحْمنِ الرَّرحِيمِ yang artinya “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Kuasa”. Ini termasuk manfaat tabaruk (mengharap berkah) jika menyebut nama Allah sebelum memulai sesuatu. Rasulullah disebutkan dalam banyak hadits dan menganjurkan untuk memulai berbagai aktivitas dengan membaca basmalah, seperti sebelum makan, sebelum mandi, saat masuk dan keluar rumah, saat menyembelih dan lain-lain.

Kelebihan lain dari basmalah adalah hasyr (pembatasan), yaitu kita melakukan pekerjaan yang dibatasi hanya dengan menyebut nama Allah. Kami mendedikasikan segalanya untuk Tuhan. Keuntungan lain untuk isti’anah (meminta bantuan). Kita awali semua aktivitas kita dengan Basmallah dengan harapan Tuhan akan membantu kita dalam hal ini. Sungguh luar biasa kita selalu bisa memulai bisnis kita dengan membaca bismillah dan mempersembahkan kepada Allah tiga hal ini: tabaruk, keikhlasan dan isti’anah. Misalnya, belajar dengan membaca bismillah sebelum bismillah seperti mengatakan “Saya belajar dengan menyebut nama Allah, saya meminta berkah, saya meminta keikhlasan dan saya juga meminta bantuan Allah dalam pembelajaran ini”.

Para ulama berbeda pendapat apakah basmalah ini merupakan bagian dari Surat Al Fatihah atau ayat tersendiri seperti surat-surat lainnya. Syafiiyah mengatakan bahwa basmalah adalah bagian dari al Fatihah dan harus dibaca Jahr (keras) dalam doa jahriyah. Ulama lain mengatakan bahwa basmalah adalah ayat yang terpisah dan dibacakan sir (dalam keheningan). Allahu A’lam.

Tafsir Surat Al Fatihah (bagian Pertama)

Kalimat Allah “الْحَمْدُ” merupakan ciri orang yang dimuliakan dengan kesempurnaan yang disertai dengan rasa cinta dan keagungan. Tuhan adalah makhluk yang sempurna dalam isi, karakter dan tindakan. Huruf “الْحَمْدُ” bersifat istigraqiyah (menerima); yaitu, bahwa memuji Tuhan mencakup segala macam pujian.

Tuhan layak mendapat pujian khusus dari semua pihak. Oleh karena itu, ketika dia menerima sesuatu yang menyenangkan, Rasulullah berdoa: Alhamdulillahilladzii bini’matihi tatimmush shalihaat (“Segala puji bagi Allah, berkat kebaikan-Nya yang sempurna.”), sedangkan ketika dia mengalami kemalangan atau sesuatu yang tidak menyenangkan, dia berdoa: Alhamdulillah ‘ala kulli hal. .(“Segala puji bagi Allah untuk semuanya…”)

“Pemurah dan paling murah hati.” Ar Rahman artinya Penyayang. Padahal Ar Rahim berarti pembagian rahmat. Sebagian ulama mengatakan bahwa Ar Rohman termasuk rahmat yang luas terhadap semua makhluk, sedangkan Ar Rohim khusus untuk orang-orang beriman (lihat QS al Ahzab: 43). Kelebihan dari ayat ini adalah bahwa ia memberikan dua nama mulia, Arrahman dan Ar Rohim, kepada Tuhan dan menetapkan isinya dalam bentuk Rahman dalam bentuk sifat dan tindakan-Nya. Rububiyyah Tuhan telah membangun rahmat yang luas. Termasuk berbagai kesempatan yang diberikan kepada orang dalam hukum.

Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

“Dia yang memerintah di hari pembalasan”. Lafadz adalah sifat Allah yang dapat dibaca dengan dua cara yaitu لِكِ (baca pendek) artinya raja dan الِكِ (baca panjang) artinya pemilik. Kedua pengertian itu benar. Keuntungan dari ayat ini adalah bahwa ia mendirikan kerajaan Allah di akhirat. Ini tidak berarti bahwa tidak demikian halnya di dunia, kerajaan Allah meliputi dunia dan akhirat. Namun seperti yang kita ketahui di dunia ini, ada yang lengah dalam mengakui kerajaan-Nya, namun tidak demikian di akhirat, ketika semua mengakui bahwa kerajaan dan kekuasaan-Nya hanya milik-Nya.

Rahasia Kemuliaan Basmalah

“Hanya kamu yang kami sembah dan hanya kamu yang kami minta tolong.” Artinya kita tidak meminta pertolongan dalam melakukan ibadah dan apapun selain Allah. Manfaat dari ayat ini mendedikasikan ibadah kepada Allah saja adalah karena frase “إِيَّاكَ “. Selanjutnya, permintaan bantuan hanya kepada Allah: “وإِيَّاكَ “.

Isti’anah (permintaan bantuan) memiliki dua bentuk: tafwidz dan musyarokah. Isti’anah tafwidz adalah percaya kepada Allah dan membuat diri sendiri terlepas dari kemampuan dan kekuatan apa pun selain-Nya. Adapun isti’ana musyarokahi artinya bekerja sama dalam hal yang ingin dikerjakan. Pada tipe kedua ini, tidak ada alasan untuk meminta pertolongan kepada siapapun selain Allah, yang kita lihat Dia mampu melakukannya sesuai dengan Firman Allah. keutamaan dan ketakwaan.” (Al Maidah 2).

“Tunjukkan padaku jalan yang lurus!” Dengan Shirat, yang kami maksud adalah jalan. Sedangkan hidayah di sini berarti irsyad (petunjuk) dan taufiq. Maka dengan ucapan ini kami memohon kepada Allah hidayah berupa irsyad dan taufiq yang artinya memohon ilmu yang bermanfaat dan amal saleh dengan taufiq seseorang. Maksud dari ayat ini adalah bahwa kita harus mencari perlindungan kepada Allah setelah beribadah. Ayat sebelumnya berkaitan dengan ibadah, sedangkan ayat ini menyuruh kita untuk meminta petunjuk agar tetap berada di jalan yang lurus selama beribadah.

Keunggulan lainnya adalah jalan terbagi menjadi dua jalan lurus dan jalan melengkung. Kita harus selalu berhati-hati untuk tetap berada di jalan yang lurus dan menjauhi jalan yang berliku.

Al Fatihah, Ayat 5

(yaitu) jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat, bukan (jalan) orang-orang yang marah, bukan (jalan) orang-orang yang sesat. (Al Fatihah 7)

Kalimat ini dari ayat sebelumnya athof Baya (penjelas), yang menjelaskan lebih rinci sifat jalan lurus yang kita minta. Yang dimaksud dengan orang-orang yang diberi nikmat, Allah menyebutkan dalam firman-Nya:

اللّهَ الرَّرسُولَ لَـئِِكَ الَّذِينَ انَعَمَ الّلّهُ ليهُ النَّبِيِينَ الصِّدِيقِينَ الشُّحَدَاء الصالِحِينَ الُولـفيّكَ

Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

“Dan barang siapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya maka bersama orang-orang yang dirahmati Allah, yaitu: para nabi, para shiddiiqin, para syuhada dan orang-orang sholeh. Dan merekalah sebaik-baik sahabat.” (QS An-Nisa’ 69)

Keajaiban Angka 7 Dalam Surat Al Fatihah

Sedangkan “المَغضُوبِ” mengacu pada orang-orang Yahudi dan siapa saja yang mengetahui kebenaran tetapi tidak melaksanakannya atau bahkan mengingkarinya. Meskipun “الضَّالِّين” berarti orang-orang Nashoro dan semua orang yang melakukan selain kebenaran karena mereka tidak mengetahuinya. Dia melakukan amal tanpa menyadarinya. Adapun kaum muslimin, dia adalah orang yang berilmu dan bertindak di luar ilmunya. Kamu tidak beramal kecuali kamu mengetahuinya, dan kamu tidak memiliki ilmu kecuali kamu selalu berusaha mengamalkannya.

Kelebihan ayat ini adalah membagi manusia menjadi tiga golongan: golongan yang berbahagia, golongan yang marah, dan golongan yang tersesat. Mereka terutama menyukai golongan yang paling berat, yaitu orang-orang yang marah (Yahudi), karena merekalah yang paling membangkang dibandingkan dengan orang-orang yang sesat. Orang yang bercerai dalam keadaan mengetahui lebih sulit untuk bertobat/menerima kebenaran daripada orang yang bercerai dalam keadaan kebodohan.

Surat ini pendek, tetapi mengandung banyak hal yang tidak dimiliki surat-surat lainnya. Surat ini berisi tiga jenis tauhid: Tauhid rububiyyah, dari firman Allah Rabbul Alamin (ayat 2); Tauhid Uluhiyah, yang berarti mengutamakan Tuhan dalam beribadah (ayat 5); dan Tauhid asma wa sifat, yang mendefinisikan nama-nama dan sifat-sifat Tuhan, seperti Ar Rahman, Ar Rohim dan lain-lain (lihat tafsir As Sa’di).

Tahukah kita tentang apa itu Al-Qur’an? Ibnu Katsir radhiyallahu ‘anhu berkata: “Sebagian Salaf berkata: Surah Al-Fatihah adalah inti (rahasia) Al-Qur’an. Dan esensi Surah Al-Fatihah ditemukan dalam ayat “iyyaka na” budu wa iyyaka nasta’iin”:

Jual Mutiara Di Samudera Al Fatihah

“Kamu sendiri yang kami sembah dan kamu sendiri kami mohon bantuannya.” (QS al Fatihah: 5) (Tafsir Ibnu Katsir) Banyak yang mencari keutamaan Surat Al-Fatihah. Mengapa? Karena ketika kita membaca Al Fatihah kita ingin mengetahui makna dan maknanya.

Dimana susunan ini terpelihara dari zaman sahabat Ustman bin Affan hingga saat ini. Seperti yang kita lihat dalam Al-Qur’an Standar Depag (Departemen Agama).

Al-fatihah artinya pembuka. Disebut Surat Al-Fatihah karena Surat Al-Fatihah merupakan surat yang menempati urutan pertama dalam urutan para Sahabat Ustman bin Affan. Sedemikian rupa sehingga Surat Al Fatihah adalah surat pembuka Al-Qur’an.

Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

Al Fatihah tidak hanya memiliki banyak kelebihan dan manfaat, tetapi inilah manfaat membaca Al Quran yang jarang diketahui orang

Al Fatihah Yang Mencakup Berbagai Tuntutan

Artinya surat Al-Fatihah adalah surat yang paling banyak dibaca oleh seluruh umat Islam di dunia. Bayangkan saja bahwa setiap Muslim harus shalat lima waktu sehari semalam.

Dimana membaca Surat Al-Fatihah wajib dua kali dalam setiap shalat. Yaitu pada rakaat pertama dan kedua.

Jadi, siang dan malam, seorang muslim harus membaca surat Al-Fatihah minimal 10 kali. Belum lagi ditambah dengan sholat sunnah. Mulai dari Sholat Rawatib, Sholat Duha, Sholat Tahajud dan sholat sunnah lainnya.

Surat al-Fatihah juga dikenal sebagai Ummul kitab, Ummul Quran. Ini berarti bahwa dia adalah induk dari Al-Qur’an. Ibu Kitab (Al Qur’an).

Empat Kandungan Ilmu Dalam Surah Al Fatihah

Mengapa Surat Al Fatihah Disebut Ummul Quran atau Ummul Kitab? Karena Surat Al-Fatihah mencakup semua isi Al-Qur’an. Para ahli tafsir menjelaskan hal ini dengan mengatakan bahwa hakikat Al-Qur’an terdapat pada surat Al-Fatihah.

Syekh Jalaludin Al-Mahalli (wafat 864) dan Syekh Jalaluddin As Suyuti (wafat 911) menjelaskan dalam tafsirnya Jalalain bahwa surat Al Fatihah ada dalam surat Makkiyah; yaitu Al-Qur’an yang diturunkan di Mekkah.

Surat Al Fatihah terdiri dari 7 ayat. Jika basmalah untuk ayat ini disertakan, maka ayat 7 dimulai dengan Shiratalladzina sampai selesai.

Rahasia Yang Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

Di sisi lain, jika pembacaan Basmala tidak dihitung dalam jumlah 7 ayat. Demikianlah ayat 7 dimulai dengan kata ghairil magdubi sampai selesai.

Isi Kandungan Dan Tafsir Surat Al Fatihah Ayat 6 Tentang Macam Macam Hidayah Allah Swt

Tahukah Anda bahwa Surat Al-Fatihah sangat penting dalam Al-Qur’an? Padahal, Surat Al Fatihah adalah inti dari Al-Qur’an.

Isi

Rahasia surah al fatihah, pesan yang terkandung dalam surat al fatihah, rahasia al fatihah dalam diri, rahasia nafas dalam 7 ayat al fatihah, rahasia wirid al fatihah, makna yang terkandung dalam surat al ikhlas, rahasia surat al fatihah, makna yang terkandung dalam surat al fatihah, rahasia al fatihah untuk wanita, rahasia dibalik surat al fatihah, kunci rahasia al fatihah, rahasia al fatihah

Leave a Reply

Your email address will not be published.