Rangkuman Materi Ipa Kelas 9

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9 – Tuhan telah menganugerahkan kepada bangsa Indonesia kekayaan alam yang melimpah. Baik itu berupa tumbuhan, hewan, bakteri. Selain kekayaan alamnya, orang Indonesia juga banyak digunakan dalam pembuatan berbagai makanan olahan.

Apa peran mikroorganisme dalam produksi makanan ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak rangkuman materi di bawah ini.

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9

1. Bioteknologi adalah penerapan prinsip-prinsip biologi, biokimia, teknik dan ilmu-ilmu lain untuk menggunakan organisme hidup dan komponennya untuk memproses bahan untuk menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

Rangkuman Tema 9 Kelas Iv

3. Bioteknologi konvensional adalah pemanfaatan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan produk dan jasa, seperti jamur dan bakteri yang menghasilkan enzim tertentu untuk metabolisme manusia.

Menerapkan teknologi rekayasa genetika. Rekayasa genetika adalah kegiatan memanipulasi materi genetik untuk memperoleh produk baru dengan menambah atau menghilangkan gen tertentu.

7. Yogurt adalah makanan yang terbuat dari susu fermentasi Lactobacillus casei, Streptococcus thermophilus, Lactobacillus bulgaricus dan Bifidobacterium.

Atau mengentalkan protein keju sapi dengan bantuan rennet dan bakteri asam laktat seperti Lactococcus, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Rangkuman Catatan Ipa Kelas 8 Semester 2 Lengkap

12. Melalui rekayasa genetika, benih bermutu tinggi dapat dibiakkan untuk menghasilkan produk bermutu tinggi, seperti ketahanan terhadap hama atau peningkatan nilai gizi, seperti

13. Penerapan bioteknologi di bidang peternakan untuk meningkatkan produksi susu dengan memproduksi bovine growth hormone (bST) normal, sehingga ternak tahan terhadap penyakit dan tumbuh dengan cepat.

Download Brosur Pendataan NON ASN 2022 – Pendataan Tanpa ASN merupakan kelanjutan dari Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018. Sistem reproduksi tidak hanya ada pada manusia, hewan dan tumbuhan juga memiliki sistem reproduksi. Sistem reproduksi tumbuhan dan hewan dirancang untuk melindungi keturunan dari kepunahan seperti manusia. Namun, setiap tumbuhan dan hewan memiliki sistem reproduksi yang berbeda. Berikut ini adalah rangkuman materi tentang sistem reproduksi hewan dan tumbuhan.

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9

Karena ringkasan materi sistem reproduksi hewan dan tumbuhan pada Bab 2 relatif panjang, maka dibagi menjadi 4 bagian. Bagian 1 membahas reproduksi tumbuhan, reproduksi aseksual angiospermae, dan reproduksi seksual angiospermae. Jangan lupa baca Part 2, 3 dan 4. Lihat materi selengkapnya di halaman ini.

Rangkuman Ipa Kelas 8 Semester 2 Bab 8 Sistem Pernapasan Manusia

Secara umum, ada dua jenis reproduksi tumbuhan, aseksual (vegetatif) dan seksual (reproduksi). Reproduksi aseksual terjadi karena tanaman dapat menghasilkan individu baru tanpa pembuahan. Sedangkan reproduksi reproduksi adalah reproduksi melalui proses fertilisasi (pembuahan gamet betina dengan gamet jantan).

Tumbuhan dapat bereproduksi secara aseksual karena memiliki sel meristematik, sel yang mampu berkembang menjadi berbagai jenis sel yang membentuk jaringan dan organ. Keturunan yang dihasilkan dari reproduksi aseksual memiliki ciri-ciri yang sama dengan induknya.

Perkembangbiakan vegetatif tumbuhan angiospermae dibagi menjadi dua jenis yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan perkembangbiakan vegetatif buatan. Reproduksi aseksual alami adalah reproduksi aseksual yang berlangsung tanpa bantuan manusia. Tumbuhan vegetatif alami ada 5 macam yaitu rimpang, stolon, umbi lapis lazuli, umbi batang dan pucuk serta daun adventif.

Rimpang adalah batang di dalam tanah. Rimpang ini tersegmentasi dan diartikulasikan. Di setiap buku ada pucuk-pucuk yang bisa berkembang menjadi orang baru. Contoh rimpang adalah kunyit (

Rangkuman Ipa Kelas 9 Semester 2 Bab 7 Bioteknologi

Stolon (geragih) adalah batang tumbuhan yang menjalar di tanah. Stolon ini memiliki buku, dan setiap buku memiliki kuncup yang dapat berkembang menjadi individu baru. Contoh stolon adalah stroberi, pegagan (

Umbi merupakan modifikasi batang dan daun, terdiri dari lapisan daun dan batang (cakram). Umbi mengandung tunas lateral (umbi kecil atau cengkeh) yang tumbuh menjadi individu baru bila dipisahkan dari umbi induk. Misalnya bawang merah (

Umbi batang adalah batang modifikasi yang membengkak di tanah. Di dalam umbi ini terdapat tunas yang dapat berkembang menjadi individu baru. Selain itu, umbi-umbian ini dapat digunakan sebagai cadangan makanan. Contoh batang adalah kentang (

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9

Tunas adventif adalah tunas yang ditemukan di tepi daun, juga dikenal sebagai tunas daun liar. Tunas ini dapat berkembang menjadi individu baru. Contoh kecambah daun yang tidak terduga adalah bebek kelapa.

Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan, Ipa Kelas 9 Bab 2

Nutrisi buatan: reproduksi vegetatif dengan bantuan manusia. Ada 5 jenis vegetasi buatan: okulasi, packing, knotting, okulasi (grafting) dan stek.

Penyambungan dilakukan dengan cara mengupas kulit batang tanaman berkayu, kemudian menutupinya dengan tanah dan membungkusnya dengan sabut kelapa atau plastik. Jika akar tumbuh di bagian itu, batangnya bisa dipotong dan ditanam di tanah.

Pengemasan adalah mencelupkan batang tanaman ke dalam tanah, membiarkan bagian yang terkubur berakar. Marunduk dapat digunakan pada tanaman yang batangnya panjang dan lentur, seperti bunga alam dan bunga (

Penyambungan dilakukan dengan menempelkan pucuk kulit batang tanaman pada batang tanaman sejenis. Okulasi digunakan untuk mendapatkan jenis tanaman yang unggul. Misalnya, pohon jeruk muda akan menghasilkan banyak buah dan rasa manis.

Jual Buku Ringkasan Materi Dan Latihan Brilian Ilmu Pengetahuan Alam/ Ipa Smp Kelas Ix/9

Organ reproduksi seksual angiospermae adalah bunga dan biji. Angiospermae memiliki empat mode reproduksi seksual, yaitu penyerbukan, pembuahan, penyebaran biji dan perkecambahan.

Penyerbukan adalah proses menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Gamet jantan pada tumbuhan berbunga adalah serbuk sari dan gamet betina adalah putik.

Penyerbukan dapat terjadi dengan perantara, seperti lebah yang hinggap pada bunga, menempelkan serbuk sari pada kakinya, kemudian hinggap pada bunga lain dari spesies yang sama, dan kemudian menempelkan dirinya pada stigma. Oleh karena itu, lebah disebut penyerbuk.

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9

Anemogami: Penyerbukan angin, terjadi pada tanaman dengan bunga kecil, banyak, cerah, tidak berbau, dan bebas nektar. seperti nasi (

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9 Kurikulum 13 Bab 5 Kelistrikan Dan Teknologi Listrik Di Lingkungan

Perkawinan serangga: Penyerbukan serangga terjadi pada bunga yang berwarna menarik, berbau harum, dan memiliki nektar. Misalnya bunga matahari (

Ornithogami: Penyerbukan burung, terjadi pada bunga merah, besar, berbentuk terompet, tidak berbau, dan kaya akan nektar. Misalnya, bunga dadaba merah (

Chiropterogami: penyerbukan kelelawar terjadi pada bunga yang berwarna menarik, beraroma, nektar, dan mekar di malam hari. seperti kaktus (

Pemuliaan Manusia: Penyerbukan manusia, terjadi pada bunga dengan dua rumah, yaitu bunga dengan hanya serbuk sari atau putik saja. Oleh karena itu, penyerbukan harus dibantu oleh manusia. Misalnya, vanili dan anggrek (

Rangkuman Materi Ipa Kelas 6

Fertilisasi: Gamet jantan membuahi gamet betina. Pollen memiliki inti vegetatif dan reproduktif. Setelah penyerbukan, serbuk sari menempel pada stigma dan membentuk buluh serbuk sari. Buluh polen kemudian memasuki ovarium dan membelah menjadi 2 inti sel germinal untuk membentuk 2 sperma.

Inti sel vegetatif dalam polen berperan sebagai pemandu pertumbuhan tangkai polen menuju bakal biji. Satu inti sperma kemudian membuahi inti telur dan sperma lainnya membuahi inti embrio sekunder, membentuk endosperma atau cadangan makanan. Selama proses ini, dua pembuahan terjadi, yang dikenal sebagai pembuahan ganda.

Penyebaran benih dalam angiospermae terjadi pada tanaman baru pada jarak tertentu dari induknya. Penyebaran benih dapat dilakukan melalui perantara yaitu : Anemochori, Hydrocory, Zookori dan Anthropochory.

Rangkuman Materi Ipa Kelas 9

Anemochory: Penyebaran benih oleh angin terjadi pada tanaman biji kecil, ringan dan bersayap. Biji yang ringan dan bersayap mudah terbawa angin sehingga menyebabkan biji bergerak mengikuti arah angin. Misalnya, bunga dandelion (

Rangkuman Materi Ipa Kelas 7 Smp/mts Kurikulum 13 Bab 9 Pencemaran Lingkungan

). Biji kelapa termasuk biji besar yang terdiri dari sabut, sabut kelapa, dan sabut kelapa. Biji kelapa dapat mengapung di air karena tempurung kelapa memiliki banyak pori.

Zoochory: Hewan menyebarkan benih. Terbagi menjadi 4 yaitu : Insecta, Chiroptera, Avian dan Mamokkori. Entomochori: serangga menyebarkan biji, seperti wijen (

). Ornitochori: Penyebaran benih oleh burung seperti ficus dan tawon parasit. Mammokori: Mamalia menyebarkan biji, misalnya kelelawar membantu biji kopi (

Dormansi adalah keadaan dimana benih dalam keadaan dorman. Setelah masa dormansi berakhir, benih tanaman berubah menjadi tanaman baru yang disebut perkecambahan. Lama dormansi benih dipengaruhi oleh banyak faktor, dan masa dormansi setiap tanaman berbeda.

Rangkuman Materi Ipa Kelas 8 Smp, Terlengkap!

Demikian rangkuman materi dari bab sistem reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan Part 1, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kalian… jangan lupa baca juga Part 2, 3 dan 4 ya?

Rangkuman materi ipa kelas 5, rangkuman materi ipa kelas 9 semester 1, rangkuman materi ipa kelas 9 bab 3, rangkuman ipa kelas 9, rangkuman materi ipa kelas 6, rangkuman pelajaran ipa kelas 9, rangkuman materi ipa kelas 7, rangkuman materi ipa kelas 9 kurikulum 2013, rangkuman ipa fisika kelas 9, rangkuman materi ipa kelas 10, rangkuman materi ipa, rangkuman materi ipa kelas 7 8 9

Leave a Reply

Your email address will not be published.