Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara

Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara – 2 Globalisasi adalah proses menyatukan dunia menjadi satu sistem. Globalisasi lahir dari adanya ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya komunikasi dan transportasi.

3 Pengaruh Globalisasi Adanya globalisasi tentunya mempengaruhi kehidupan suatu negara, termasuk Indonesia. Ada dua sisi yang mempengaruhi, pengaruh positif dan pengaruh negatif. Dampak globalisasi terhadap berbagai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan bidang lainnya akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme bagi negara.

Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara

Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara

Pengaruh politik. Pemerintah berjalan secara bebas dan demokratis. Karena pemerintah adalah bagian dari negara, jika pemerintah benar-benar mengelola secara jujur, bersih dan aktif, pasti akan mendapat respon yang baik dari masyarakat. Reaksi positif terhadap patriotisme negara meningkat. 2. Dampak ekonomi. Pembukaan pasar internasional, peningkatan pekerjaan dan peningkatan pendapatan dalam mata uang asing.

Makalah Dampak Globalisasi Di Beberapa Aspek Kehidupan

6 3. Pengaruh dari aspek sosial dan budaya Kita bisa meniru model pemikiran yang baik seperti etos kerja dan disiplin tinggi serta ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara lain telah maju untuk meningkatkan kemajuan negara, yang pada akhirnya akan membangun negara dan memperkuat diri kita sendiri. rasa kewarganegaraan. 4. Dampak Teknologi, Transportasi dan Komunikasi Perkembangan teknologi, transportasi dan komunikasi telah mempermudah kehidupan masyarakat. Dulu, orang ingin pergi ke negara jauh yang membutuhkan waktu lama, sekarang mereka bisa pergi ke luar negeri dalam waktu singkat.

Lingkungan politik Penyebaran nilai-nilai politik Barat secara langsung maupun tidak langsung berupa protes, protes yang berani dan terkadang “mengabaikan kepentingan umum” dalam menciptakan kekacauan dan kekacauan. Hilangnya nilai-nilai politik yang dilandasi semangat kekeluargaan, konsensus sosial dan kerjasama. Nilai-nilai politik didasarkan pada individu, kelompok, oposisi, kekuasaan mayoritas, atau kekuasaan minoritas. . Sektor real estate hadir dengan cara yang tepat untuk memperkuat mereka yang memiliki modal besar dan menghilangkan yang lemah. Pemerintah hanya sebagai pengatur ekonomi yang mekanismenya akan ditentukan oleh pasar. Sektor ekonomi rakyat yang ditopang oleh uang semakin menyusut, perkembangan koperasi semakin sulit, dan desentralisasi pekerjaan terus meningkat.

Nilai-nilai Barat mudah diakses melalui Internet, parabola, media online, dan media cetak yang terkadang sepenuhnya ditiru. Semangat gotong-royong, persatuan, kepedulian mulai hilang. Hilangnya nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara karena dipandang tidak memiliki keterlibatan (sekuler). Sektor Informasi Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta arus komunikasi global yang semakin kompleks, cepat dan melimpah membuat masyarakat menjadi malas. Karena semuanya menjadi begitu rumit dan mudah, orang malas menggerakkan jari dan menumpuk banyak penyakit.

13 Kesimpulan Agar tidak tenggelam dalam aspek negatif globalisasi yang berkembang saat ini, perlu diciptakan cara atau budaya baru yang lebih berkomitmen untuk meningkatkan visi kesetaraan, kesetaraan-sosial. Sebuah model yang memungkinkan orang menemukan cara baru untuk hidup di dunia yang penuh sesak dengan damai, kreatif, dan gembira. Kebutuhan akan kreativitas dan rasa percaya diri dalam arti jati diri bangsa serta harkat dan martabat yang terkait dengannya sangatlah penting, agar kita dapat mengklaim diri sebagai negara dengan identitasnya sendiri.

Tantangan Penerapan Pancasila Pada Generasi Milenial

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami merekam data pengguna dan membagikannya dengan prosesor. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Globalisasi masih belum memiliki definisi yang jelas, kecuali yang berfungsi, jadi tergantung bagaimana orang melihatnya. Ada yang menganggapnya sebagai proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alam yang akan mendekatkan semua bangsa dan masyarakat di dunia, menciptakan tatanan kehidupan atau jenis kelamin baru melalui penghilangan geografis, ekonomi, dan budaya. berbatasan. – publik

MARTIN ALBROWN Globalisasi berkaitan dengan seluruh proses di mana semua orang di dunia terhubung dalam satu komunitas, masyarakat global M. WATERS proses sosial di mana hambatan geografis dikurangi menjadi tatanan sosial dan budaya dan orang-orang tumbuh. dan semakin mereka menyadari bahwa mereka semakin dekat satu sama lain. EMMANUEL RICHTER Sebuah jaringan global yang menyatukan masyarakat yang sebelumnya terisolasi dan tercerai-berai menjadi saling ketergantungan dan integrasi global.

5 ROBERT COX Sifat globalisasi adalah saling ketergantungan internasional produksi dan pembagian kerja, pergerakan orang dari selatan ke utara, lingkungan persaingan baru yang mendorong proses ini, dan globalisasi. . R. ROBERTSON Proses Globalisasi dan Tumbuhnya Kesadaran Dunia sebagai Satu…Saling Ketergantungan dan Konsep Global Satu Dunia abad ke-20.

Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara

6 BANK DUNIA Kebebasan dan kesempatan bagi individu dan perusahaan untuk melakukan transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara lain. IMF Meningkatkan saling ketergantungan ekonomi antar negara di dunia yang ditandai dengan pertumbuhan dan keragaman volume perdagangan barang dan jasa antar negara serta penyebaran dan kecepatan teknologi. ENCYCLOPEDIA WIKIPEDIA INDONESIA Perubahan sosial berupa peningkatan komunikasi antara perubahan budaya dan perkembangan teknologi di bidang transportasi dan komunikasi yang memfasilitasi budaya dan ekonomi internasional. KESIMPULAN UMUM Ada kecenderungan untuk memperkuat ikatan ekonomi, politik, teknologi dan budaya yang menghubungkan individu, komunitas, bisnis dan pemerintah di seluruh dunia.

Dampak Positif Dari Adanya Globalisasi Adalah Kemudahan Memperoleh Informasi

Globalisasi akan membuat dunia menjadi homogen. Proses globalisasi akan menghapus individualitas dan identitas mereka. Sebuah budaya lokal atau nasional akan dimasukkan oleh kekuatan budaya utama atau kekuatan budaya global.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi, seolah-olah telah kehilangan batas dan jarak serta menjadi tidak berguna. Keterbukaan sistem ekonomi negara. Liberalisme. Kredit internasional membuat orang ingin berpindah dari satu negara ke negara lain. Teknologi transportasi laut

9 Sifat NEGARA Perubahan ide tentang ruang dan waktu. Proliferasi barang-barang seperti ponsel, televisi satelit dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global semakin cepat, sementara aktivitas massal seperti perjalanan memungkinkan kita untuk mengalami lebih banyak dari budaya yang berbeda. Pasar dan produksi ekonomi di berbagai negara menjadi saling bergantung karena pertumbuhan perdagangan internasional, pertumbuhan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

10 Meningkatkan komunikasi budaya melalui pengembangan media (khususnya televisi, film, musik dan olah raga dan penyiaran internasional). hari ini, kita dapat mengkonsumsi dan mengalami ide dan pengalaman baru tentang hal-hal yang melintasi budaya yang berbeda, misalnya di bidang mode, sastra, dan makanan. Masalah umum semakin meningkat, misalnya di bidang lingkungan hidup, krisis internasional, inflasi dan lain-lain.

Makalah Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat,berbangsa,da…

11 Teori globalisasi percaya bahwa globalisasi adalah realitas yang mempengaruhi cara orang dan institusi bekerja di seluruh dunia. Mereka percaya bahwa negara dan budaya lokal akan kalah dengan ekonomi dan budaya global.

Tradisionalisme tidak percaya pada globalisasi. Mereka mengatakan bahwa kejadian ini hanya mitos, atau jika ada, itu juga dilebih-lebihkan. Mereka menunjukkan bahwa kapitalisme telah menjadi fenomena internasional selama ratusan tahun. Apa yang kita alami hari ini hanyalah suatu tahap atau perkembangan progresif dalam produksi dan perdagangan kapital.

13 Orang percaya yang bertobat jatuh di antara kaum globalis dan tradisionalis. Mereka setuju bahwa efek globalisasi telah sangat melebih-lebihkan kaum globalis. Tetapi mereka juga menganggap bodoh untuk menyangkal keberadaan ide ini.

Globalisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara

14 Sejarah Globalisasi Banyak sejarawan berpendapat bahwa globalisasi adalah fenomena abad ke-20 yang terkait dengan kebangkitan ekonomi internasional. Pada saat yang sama, komunikasi dan globalisasi dalam hubungan antar negara di dunia telah berlangsung selama berabad-abad. Bagaimanapun, benih globalisasi tumbuh ketika orang mulai belajar tentang perdagangan internasional pada tahun 1000 dan 1500 Masehi. Saat itu, para saudagar dari Cina dan India mulai menjelajah negara lain melalui jalur darat (seperti Jalur Sutra) atau jalur laut. untuk transaksi. (Negara 1)

Pdf) Etika Kodrati Sebagai Modal Sosial Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Periode berikutnya ditandai dengan dominasi perdagangan Muslim di Asia dan Afrika. Umat ​​Islam menciptakan jaringan perdagangan yang meliputi Jepang, Cina, Vietnam, Indonesia, Malaka, India, Persia, pantai Afrika Timur, Laut Mediterania, Venesia, dan Genoa. Selain membangun jaringan perdagangan, para saudagar muslim menyebarkan nilai-nilai agama, nama, abjad, arsitektur, budaya, dan nilai sosial Arab kepada warga dunia. (SEKSI 2)

16 Fase berikutnya berlanjut dan semakin intensif setelah berakhirnya perang dingin dan runtuhnya komunisme global. Runtuhnya komunisme seolah menegaskan bahwa kapitalisme adalah jalan terbaik untuk mencapai kemakmuran dunia. Artinya, negara-negara di dunia mulai memberikan diri mereka pasar bebas. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi. Jadi hambatan antar negara mulai kabur. (Langkah 3)

Pendukung globalisasi (sering disebut pro-globalisasi) berpendapat bahwa globalisasi dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat global. Mereka didasarkan pada teori keunggulan komparatif yang dikemukakan oleh David Ricardo. Teori ini mengatakan bahwa suatu negara dan negara lain saling bergantung dan saling bergantung, dan salah satu bentuknya adalah ketergantungan pada sektor ekonomi.

18 Antiglobalisasi adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap politik individu dan kelompok yang menentang perjanjian perdagangan global dan lembaga pengatur perdagangan internasional seperti Organisasi Perdagangan Dunia dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Menurut mereka, sistem ekonomi dan perdagangan global saat ini telah merusak lingkungan, hak-hak pekerja, kedaulatan nasional, dunia ketiga, dan banyak faktor lainnya.

Pkn Globalisasi Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara

Memperkuat persatuan dan kesatuan negara. Mendorong kerja keras. Menciptakan kondisi yang baik bagi pelaksanaan pembangunan negara. Memperluas wawasan dan pemahaman bangsa Indonesia. Ini mendorong perilaku demokratis, memperkuat hubungan antara warga negara dan

Implementasi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, implementasi pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, aktualisasi pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, buku empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, dampak globalisasi bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, fungsi pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara

Leave a Reply

Your email address will not be published.