Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sumpah Pemuda

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sumpah Pemuda – Isi dan makna Janji Pemuda 28 Oktober 1928 memiliki makna yang mendalam bagi sejarah bangsa Indonesia. Berikut penjelasannya.

Implikasi dari Pakta Pemuda memiliki implikasi mendalam bagi sejarah dunia. Isi Sumpah Pemuda yang diberikan pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah janji berbangsa satu, satu negara, satu bahasa: Indonesia.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sumpah Pemuda

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sumpah Pemuda

Konvensi Pemuda diluncurkan pada Kongres Pemuda Kedua pada 28 Oktober 1928. Itu dua tahun yang lalu, seperti yang dikatakan Sudiyo dalam bukunya.

Makna Hari Sumpah Pemuda Yang Bisa Kamu Petik

Konferensi Pemuda ini dihadiri oleh perwakilan kelompok pemuda antara lain Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Studerenden Minahasaers, Jong Batak Bond, Teosofi Pemuda, dan lain-lain.

Tujuan pertemuan pertama Dewan Pemuda, sebagaimana tertuang dalam buku Peran Gedung Kramat Raya 106 dalam Melahirkan Sumpah Pemuda (1996) karya Mardanas Safwan, adalah salah satu cara untuk membangun organisasi pemuda tunggal, yang. didirikan sebagai kantor pusat dengan tujuan:

Namun, Konferensi Pemuda saya akhiri tanpa memuaskan semua pihak karena masih ada perbedaan pendapat. Setelah itu, banyak pertemuan lain diadakan untuk saling pengertian. Oleh karena itu, disepakati bahwa pertemuan pemuda kedua akan segera diadakan.

Kelahiran Janji Pemuda Konferensi pemuda dua hari kedua diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia. Pada hari pertama, dewan mengambil Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sedangkan pertemuan hari kedua dilaksanakan di Gedung Oost Jawa (sekarang di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat).

Tokoh Penting Di Balik Sejarah Sumpah Pemuda, Berikut Perannya

Tujuan Konferensi Pemuda kedua adalah: (1) Untuk mengembangkan tujuan semua kelompok pemuda Indonesia, (2) untuk membahas banyak masalah gerakan pemuda Indonesia; dan (3) Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperkokoh persatuan Indonesia.

Acara ini dihadiri lebih banyak peserta dari acara pertama, antara lain Persatuan Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Batak Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Katholikee Jongelingen Bond, Pemuda Betawi, Sekar Rukun dan lain-lain.

Banyak perwakilan pemuda Tionghoa di Indonesia juga ikut serta dalam pertemuan pemuda kedua, seperti Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok, dan Tjio Djien Kwie, namun asal usul kelompok mereka.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sumpah Pemuda

Bangunan yang menjadi tempat berlangsungnya Sumpah Pemuda, merupakan tempat tinggal atau asrama seorang Tionghoa bernama Sie Kok Long. Gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya 106, Jakarta Pusat ini kini dikenal sebagai Museum Pemuda.

Arti Penting Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia Yang Perlu Diketahui

Wage Rudolf Supratman juga ikut memainkan lagu Indonesia Raya pada pertemuan pemuda kedua dengan biola. Lagu Indonesia Raya juga dinyanyikan oleh Dolly Salim untuk pertama kalinya dalam gathering ini yang tak lain adalah putri dari Haji Agus Salim.

Infografik Hari Sumpah Pemuda SC 28 Oktober. /Fuad Isi & Makna Sumpah Pemuda Setelah menempuh perjalanan panjang selama dua hari, maka pada 28 Oktober 1928, para peserta Muktamar Kedua sepakat untuk membuat tiga janji yang kemudian disebut Janji Pemuda.

(2010), Dewan Pemuda Kedua yang membuat Janji Pemuda adalah salah satu peristiwa dalam sejarah Indonesia di awal kesadaran nasional.

(2019), yang ditulis oleh Gun Gun Heryanto dan kawan-kawan, mengatakan bahwa janji sebagai satu negara, satu negara, dan satu bahasa adalah janji besar bagi sejarah Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda, Inilah Susunan Panitia Kongres Pemuda Ii Yang Wajib Kamu Ketahui

Janji atau Janji Pemuda ini dibacakan di lapangan Muktamar Kedua yang dihadiri oleh pemuda-pemudi dari berbagai ras, agama dan golongan daerah, setelah 17 tahun bermuara pada proklamasi kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945.

Artinya, peristiwa masa lalu mengajarkan pentingnya persatuan nasional. Sumpah Pemuda menegaskan bahwa kebhinekaan bangsa Indonesia dapat dipersatukan sebagai lambang Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda tetapi sama”.

Sumpah Pemuda juga memiliki banyak amalan baik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sri Sudarmiyatun dalam sebuah buku berjudul

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sumpah Pemuda

Nilai-nilai patriotisme, persatuan, saling pengertian, cinta tanah air, keluarga, persatuan dan martabat, kesetaraan, solidaritas, cinta damai dan tanggung jawab.

Apa Itu Meta? Nama Baru Facebook, Ketahui Makna Nama Dan Logo Terbaru Platform Media Sosial Itu

Oleh karena itu, Sumpah Pemuda harus dijadikan inspirasi bagi pemuda Indonesia saat ini untuk membawa perubahan positif di negeri ini, bukan memecahnya menjadi badai konflik antar anak negeri.

Partai Buruh akan bekerja di 34 negara bagian pada 12 Oktober 2022 Minggu, 9 Oktober 2022 14:35 WIBUbah Menu Ganti di sekitar Bahasa Hausa Español Português Deutsch Français Italiano Română Bahasa Indonesia (dipilih) Tambah belajar Memuat… Pengaturan pengguna Selamat datang di Scribd ! Unduh Bahasa () Membaca Pesan untuk FAQ gratis dan dukungan Masuk

Skip Carousel Carousel Next Apa itu Scribd? eBuku Buku Audio Majalah Podcast Lembaran Musik Makalah (terpilih) Gambar Telusuri Buku Musik Kategori Penjual Terbaik Pilihan Editor Semua eBuku Fiksi Reguler Religius & Spiritual Perbaikan Rumah & Berkebun Fiksi Misteri, Hiburan & Pemuda Kejahatan Fiksi Ilmiah Kriminal & Thriller, Occeral & Thriller Fiksi Sejarah Fiksi Ilmiah & Sejarah Matematika Bantuan Persiapan Ujian & Bisnis Kecil & Semua Kategori Bisnis Jelajahi Buku Audio Dengan Buku Audio Semua Buku Audio Fiksi Misteri, Thriller & Misteri Thriller Kejahatan Romansa Teenage Mutant Ninja Turtles Paranormal & Sains Misteri & Thriller Fiksi Ilmiah & Fantasi Fiksi Ilmiah Distopia Pengembangan Karir & Kepemimpinan Biografi & Memoar Petualangan & Pencari Sejarah Agama & Spiritualitas Inspirasi Zaman Baru & Spiritualitas Semua Spiritualitas Jelajahi Spiritualitas Kategori Pilihan Editor Semua majalah Berita Bisnis n Hiburan Politik Berita Te Sains Berita Keuangan & Manajemen Keuangan Karir Keuangan Pribadi & Manajemen Bisnis Perencanaan Olahraga & Hiburan Olahraga Hewan Peliharaan & Veo Olahraga Kesehatan & Memasak, Makanan & Keterampilan Telepon Rumah & Pertanian & Hobi Semua Kategori Jelajahi PodcastSemua podcast Kategori Agama & Spiritualitas. Berita Hiburan Misteri Pendidikan, Hiburan & Kejahatan Sejati Ilmu Politik Semua Kategori AliranKlasik Musik Country Folk Jazz dan Blues Film & Musik Pop & Rock Religi & Perayaan Instrumen Tradisional Metalwind Drum & Perkusi Gitar, Bass, dan Board Alat Musik Senar Piano Vokal Woodwind Hard Materials Pendiri Tengah Makalah Telusuri Kategori Makalah Akademik Makalah Bisnis Contoh Makalah Pengadilan Semua Makalah & Hiburan Kotak Latihan Fisik & Beban Agama Agama & Spiritualitas Kekristenan Yudaisme Zaman Baru & Spiritualitas Itas Buddhi st Seni Islam Musik Seni Pertunjukan Tubuh, Pikiran & Jiwa Kesehatan Peningkatan Berat Badan Teknologi & Rekayasa Politik Ilmu Semua Pihak

Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui, ada tiga kata penting dari Sumpah Pemuda, satu negara, satu negara, satu bahasa. Ketiga hal ini penting bagi negara kita. Janji pemuda merupakan bukti kuat bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia lahir. Penjajah saat itu, untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia, keputusan ini menjadi tekad bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan setelah 17 tahun, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Sesuai dengan namanya. Artinya, Pemudalah yang menciptakan istilah Pemuda. Kemudian mereka menggunakannya sebagai platform untuk membangkitkan nasionalisme. Anak muda sekarang tidak berjuang sendiri, tapi bersama-sama. Harus kita ketahui, Youth Promise tidak terlahir seperti itu. Banyak hal terkait pemuda Indonesia yang bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir bahwa mereka tidak akan mampu untuk membuat Indonesia merdeka jika mereka berjuang dalam kelompok mereka – pada tanggal 28 Oktober 1928, ada peristiwa besar dalam sejarah organisasi negara Indonesia. Acara tersebut bertajuk ‘Janji Pemuda’.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Sd Halaman 122, Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Mea?

Laporan dari museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id, sumpah pemuda lahir dari ide menggelar konferensi pemuda kedua yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPPI). Konferensi diadakan di tiga gedung berbeda dan dibagi menjadi tiga bagian. Perbuatan ini membuat para pemuda terhina.

Pertemuan pertama diadakan pada tanggal 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen (KJB), Lapangan Banteng, Jakarta. Dalam pertemuan ini, Soegondo memberikan sambutan dengan harapan agar Dewan Pemuda dapat memperkuat semangat persatuan di hati para pemuda.

Usai pidato Soegondo, pertemuan dilanjutkan dengan pidato Mohammad Jamin tentang makna dan hubungan solidaritas dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang dapat memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, aturan budaya, pendidikan, dan semangat.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Sumpah Pemuda

Selanjutnya pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung Bioscoop Jawa Oost. Pertemuan membahas masalah pendidikan dengan menghadirkan dua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro. Mereka semua setuju bahwa anak-anak harus dididik, dan harus ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak-anak juga perlu diajari demokrasi.

Lomba ‘sepageti’ Meriahkan Hari Sumpah Pemuda

Masih di waktu yang sama, namun di tempat yang berbeda, pertemuan ketiga digelar di Gedung Clubhuis Kramat Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, Soenario menjelaskan pentingnya patriotisme dan demokrasi selain kecerdasan. Dalam situasi saat ini, kata Ramelan, badan intelijen dan organisasi internasional tidak dapat dipisahkan. Kelompok intelektual sejak usia dini mengajarkan anak-anak pengendalian diri dan pengendalian diri, hal-hal yang diperlukan dalam pertempuran.

Setelah tiga kali pertemuan, pertemuan pemuda kedua selesai. Namun, sebelum menutup pertemuan para peserta memutar lagu “Indonesia” karya Wage Rudolf Supratman. Penonton menerima lagu ini dengan gembira.

Akhirnya rapat ditutup dengan pengumuman hasil pemilu. Di kalangan anak muda yang berpartisipasi dalam pertemuan tersebut, gagasan ini digambarkan sebagai sumpah setia, yang berbunyi:

Tokoh-tokoh dalam Janji Pemuda, seperti dilansir tirto.id, antara lain Sugondo Djojopuspito, R.M. Joko Marsaid, Muhammad Yamin, Amir Sjarifudin, Johan Mohammad Cai, and R. Katjasoengkana.**

Untuksumpahyangdilupakan Bangun Semangat Di Hari Sumpah Pemuda

Jln. Raya Serang – Jakarta, Perumahan Persada Banten, Blok G-4 No.28 Rt.013 Rw.005, Desa Teritih, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten,

Apa yang kamu ketahui tentang iso, apa yang kamu ketahui tentang mikrotik, apa yang kamu ketahui tentang pembangkit listrik tenaga hybrid, jelaskan apa yang kamu ketahui tentang asuransi, apa yang kamu ketahui tentang fiber optik, apa yang kamu ketahui tentang penyakit sinusitis, apa yang kamu ketahui tentang digital marketing, apa yang kamu ketahui tentang cloud computing, apa yang kamu ketahui tentang informatika, apa yang kamu ketahui tentang panel surya, apa yang kamu ketahui tentang microsoft word, apa yang kamu ketahui tentang pola hidup sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published.