Makalah Kedudukan Dan Fungsi Pancasila

Makalah Kedudukan Dan Fungsi Pancasila – Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia adalah Pancasila, yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan disahkan secara resmi oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, kemudian dimuat dalam Jurnal Negara Republik Indonesia tahun II no. 7 bersama-sama dengan isi UUD 1945. Secara historis, keberadaan Pancasila sebagai landasan filosofis Negara Kesatuan Republik Indonesia telah menjadi subyek berbagai interpretasi dan manipulasi politik untuk menyejajarkan kepentingan penguasa atas nama soliditas dan kemapanan kekuasaan di balik legitimasi Pancasila. ideologi negara. Dengan kata lain, dalam situasi seperti itu, Pancasila tidak lagi ditempatkan sebagai landasan falsafah dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia, tetapi direduksi, dibatasi, dan dimanipulasi untuk kepentingan politik penguasa. waktu Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilanda gelombang krisis dan pembusukan, Pancasila tidak bisa lepas dari segala macam tuntutan, sinisme, dan serangan terhadap kredibilitasnya sebagai dasar negara atau ideologi, tetapi kita membutuhkannya; mereka segera menyadari bahwa tanpa platform negara dan format dasar ideologi, tidak mungkin suatu bangsa dapat bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, gerakan reformasi bertujuan untuk mengembalikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dana negara Republik Indonesia, yang dilaksanakan melalui keputusan Sidang Istimewa MPR No. Indonesia. Putusan ini sekaligus membatalkan amanat MPR yang telah diserahkan kepada presiden yang berwenang membangun Pancasil melalui P-4 dan Kesatuan Pancasil. Monopoli Pancasila oleh penguasa harus segera diakhiri, kemudian dunia pendidikan tinggi bertugas merevisi dan menanamkan ilmu kepada seluruh mahasiswa agar benar-benar memahami Pancasila secara ilmiah dan objektif.

Makalah Kedudukan Dan Fungsi Pancasila

Makalah Kedudukan Dan Fungsi Pancasila

Pengaruhnya cukup parah terhadap manipulasi Pancasila oleh penguasa di masa lalu, banyak elit politik sekarang, dan ada yang menganggap Pancasila sebagai label politik Orde Baru. Dengan demikian, pengembangan dan kajian Pancasili dianggap sebagai pemulihan wibawa Orde Baru. Pandangan sinis dan upaya pelemahan ideologi Pancasili berakibat fatal berupa meruntuhkan kepercayaan masyarakat, yang pada akhirnya membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa, seperti kekacauan di Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, Papua, dll.

Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Pemangkasan adalah cara mudah untuk mengumpulkan slide penting yang ingin Anda lihat lagi nanti. Sekarang sesuaikan nama clipboard untuk menyimpan klip Anda.

Keluarga baru saja bertambah besar. Nikmati jutaan eBuku, buku audio, majalah, dan lainnya dengan Scribd.

Kami telah memperbarui kebijakan privasi kami untuk mengikuti perubahan undang-undang privasi global dan untuk memastikan kami memahami cara kami menggunakan informasi Anda secara terbatas.

Pancasila mempunyai kedudukan sebagai, makalah kedudukan pancasila, jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara, kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar negara, kedudukan dan fungsi pancasila, kedudukan pancasila di indonesia, jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup, makalah fungsi dan kedudukan pancasila, kedudukan pancasila, kedudukan pancasila sebagai, kedudukan pancasila bagi bangsa, kedudukan pancasila adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.