Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia – “Ini bisa dilakukan dengan baik.” Tak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan kita sebagai umatnya.

Makalah ini kami buat untuk melengkapi tugas kelompok belajar ODHA. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan halaman ini. Dan kami memahami pentingnya membaca sumber informasi dan referensi internet yang turut memberikan informasi yang akan menjadi bahan penulisan makalah.

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia

Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah memberikan bimbingan dan arahan sehingga penyusunan makalah ini dapat dilakukan seefisien mungkin. Kami memahami bahwa masih terdapat kekurangan dalam penulisan situs ini, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan situs ini.

Dampak Positif Wabah Korona

Mohon maaf banyak kesalahan dan kekurangan dalam halaman ini, karena kesempurnaan hanya ada pada Yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT, dan kekurangan itu pasti milik kita sebagai manusia. Semoga halaman ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari muka bumi. Baik di lingkungan alam maupun di lingkungan sosial. Kita membutuhkan udara untuk bernafas di lingkungan kita. Makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya melibatkan lingkungan. Permukaan bumi adalah tempat atau lingkungan yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan dapat dibagi menjadi lingkungan biotik dan abiotik. Jika Anda berada di sekolah, lingkungan biotik berupa teman sekolah, guru dan staf, dan semua orang di sekolah, serta berbagai jenis tanaman di taman sekolah dan hewan di sekitarnya. Mengacu pada lingkungan abiotik berupa udara, meja dan kursi, papan tulis, gedung sekolah dan berbagai benda tak hidup disekitarnya.

Saat ini kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana, termasuk Indonesia. Kerusakan lingkungan termasuk gangguan pada ekosistem yang berbeda yang menyebabkan kerusakan pada spesies yang berbeda (

Contoh Pencemaran Air Beserta Dampak Dan Cara Menanggulangi

). Lagi pula, secara langsung atau tidak langsung, masyarakat yang sangat bergantung pada pemeliharaan ekosistem akan bertindak tidak bijaksana terhadap lingkungan untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Kerusakan lingkungan, khususnya di Indonesia, terjadi di berbagai wilayah dan spesies. Misalnya di lingkungan pertanian, pesisir dan laut. Salah satu akibat dari kerusakan lingkungan adalah ancaman kepunahan satwa liar. Selain itu, berbagai kerusakan lingkungan telah terjadi pada ekosistem pertanian baik pada ekosistem pertanian padi maupun non-lahan kering.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut:

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia

Tingkat kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia sebenarnya jauh lebih besar daripada kerusakan yang disebabkan oleh alam. Bentuk-bentuk buatan dari degradasi lingkungan termasuk pencemaran sungai dari limbah industri, penebangan liar, dll. Perusakan hutan untuk keperluan industri, lahan pertanian dan kebutuhan lainnya telah menyebabkan kerusakan lingkungan yang besar. Kerusakan lingkungan yang diakibatkannya menyebabkan erosi tanah yang signifikan, ancaman terhadap kehidupan tumbuhan dan hewan, dan kekeringan.

Pengertian Eksploitasi, Jenis Dan Dampak Eksploitasi Hutan

Pencemaran lingkungan dapat terjadi di air, tanah dan udara. Pada umumnya pencemaran air dan tanah terjadi akibat pembuangan limbah industri dan sebagian besar terjadi di perkotaan. Pencemaran udara terjadi karena pembakaran bahan bakar. Kasus pencemaran air sering terjadi akibat pembuangan limbah industri ke darat, sungai, danau dan lautan. Kebocoran tangki dan pipa yang menyebabkan minyak tumpah ke air menyebabkan terganggunya kehidupan di daerah tersebut, banyak ikan mati, tanaman yang terkena minyak akan hancur.

Masyarakat nelayan seperti nelayan juga terkena dampak negatif yaitu berkurangnya jumlah ikan yang ditangkap. Masalah lain yang muncul adalah penggarapan hutan secara liar oleh penduduk desa. Akibatnya, keanekaragaman tumbuhan dan satwa hutan sangat berkurang, dan manfaat hutan bagi manusia terganggu atau hilang sama sekali.

Manusia sebagai penjaga lingkungan dunia memainkan peran utama dalam menentukan kelestarian lingkungan. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang cerdas dapat mengubah wajah dunia dari cara hidup yang sederhana seperti sekarang ini. Namun sayangnya, seringkali apa yang dilakukan orang tidak sejalan dengan pemikiran tentang masa depan kehidupan generasi selanjutnya. Banyak prestasi yang dibuat manusia berdampak negatif terhadap kelestarian alam.

Deforestasi adalah contoh lain dari kerusakan yang disebabkan oleh perubahan praktik pertanian. Lahan kosong semakin menyusut dan ditumbuhi rumput liar. Akibatnya, pada musim hujan akan terjadi proses erosi tanah yang serius.

Pdf) Kerusakan Lingkungan Akibat Aktivitas Manusia Pada Ekosistem Terumbu Karang

Metode penangkapan ikan yang tidak tepat, seperti penggunaan pukat harimau, juga menyebabkan penurunan spesies ikan tertentu di dalam air. Apalagi jika bahan peledak digunakan, tidak hanya ikan yang mati, tetapi juga larva dan ikan kecil lainnya.

Penggunaan traktor memang mempermudah dan mempercepat mengolah sawah, namun ada hal lain yang terbawa seperti sisa bahan bakar, limbah minyak, dll. Hal ini sering merusak lingkungan.

Saat itu banyak laporan berdasarkan kerusakan terumbu karang, terumbu karang yang mengisi laut adalah keajaiban bawah laut dengan warna-warna cerah dan warna campuran yang dicampur oleh tangan-tangan kotor orang. Berbagai tekanan termasuk lumpur dari deforestasi dan polusi pantai dari pantai yang terlalu padat, yang mencekik mereka, dan pemanenan berlebihan oleh pencari terumbu karang, nelayan dan wisatawan, yang merusak dan menghancurkannya.

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia

Banjir terjadi pada musim hujan. Air yang meluap dari sungai hingga penuh berbahaya bagi harta benda dan nyawa. Masalah yang datang di musim kemarau adalah kekeringan, semua masalah ini disebabkan oleh penggundulan hutan. Hutan yang masih alami memiliki pepohonan yang lebat dan akar yang halus yang mampu menyerap air saat hujan dan menyimpannya di dalam tanah di lubang akar dan secara bertahap melepaskannya ke sungai.

Penyebab Kebakaran Hutan Dan Dampaknya Bagi Ekosistem

Fungsi hutan untuk mengatur aliran air di sungai agar pada saat hujan lebat tidak melimpah, dan pada musim kemarau tidak mengering. Hutan berfungsi dalam sistem hidrologi, mengatur tata air dan menjaga ketersediaan air bagi makhluk hidup. Kerusakan hutan adalah berkurangnya luas hutan akibat kerusakan lingkungan hutan, pengertian ini disebut degradasi hutan.

Pencemaran didefinisikan sebagai masuknya zat atau komponen lain ke dalam lingkungan atau ekosistem alam, sehingga kualitasnya turun sampai pada tingkat tertentu. Macam-macam pencemaran lingkungan antara lain:

Air merupakan kebutuhan pokok untuk keperluan sehari-hari oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Jika tercemar, air tidak akan digunakan lagi oleh makhluk hidup, baik di rumah, bisnis, atau pertanian. Jika kita menggunakan air yang najis maka akan menimbulkan berbagai jenis penyakit, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Pencemaran air adalah masuknya zat, energi, unsur atau komponen lain ke dalam air, sehingga kualitas air menjadi terganggu. Kualitas air yang buruk ditandai dengan perubahan rasa, bau dan warna. Pencemaran air dapat disebabkan oleh banyak kegiatan, seperti kegiatan domestik, pertanian dan industri.

Pdf) Dampak Kerusakan Dan Pencemaran Lingkungan Hidup Akibat Limbah Domestik Di Indonesia

Asap terdiri dari partikel kecil karbon dan tar yang berasal dari pembakaran batu bara di pembangkit listrik atau rumah. Tar mengandung bahan kimia penyebab kanker. Kabut asap adalah kabut tipis yang terjadi di kota-kota dengan iklim tertentu. Asap mengiritasi mata dan paru-paru dan merusak vegetasi. Kabut asap tercipta ketika sinar matahari dan ozon di udara bereaksi dengan nitrogen oksida dan hidrokarbon dari knalpot mobil.

Karbon monoksida dihasilkan dari gas buang mobil dan truk. Ketika ditutup, karbon monoksida mengikat hemoglobin dalam darah untuk membentuk senyawa yang stabil, yaitu:

(HbCO). Karbondioksida dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Gas karbon dioksida di atmosfer, selain dari proses alam seperti respirasi organisme, dekomposisi organisme, keringat, pelapukan batuan dan dampak magma di bumi, juga berasal dari pembakaran manusia.

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia

Bumi adalah apa yang membentuk kerak bumi. Mineral dalam tanah merupakan sumber kehidupan tumbuhan. Yang dimaksud dengan pencemaran tanah adalah dampak limbah domestik, industri dan penggunaan pestisida yang berlebihan pada tanah. Pestisida adalah zat yang digunakan untuk mengendalikan organisme yang mengganggu tanaman buatan yang terlibat dalam penyebaran penyakit.

Penyebab Pencemaran Tanah Dan Dampaknya Bagi Kehidupan, Ini Cara Mencegahnya

Polusi suara menyebabkan efek mental dan kesehatan pada manusia, termasuk peningkatan detak jantung, gangguan pendengaran akibat kebisingan.

), insomnia, meningkatkan tekanan darah dan dapat menyebabkan stres. Polusi suara adalah tingkat kebisingan di atas 80 desibel. Pencemaran suara dapat disebabkan oleh suara mobil, mesin pabrik, mesin kereta api, pesawat jet dan alat musik.

Degradasi lingkungan akan mengganggu berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk terganggunya organisme hidup termasuk tumbuhan dan hewan. Saat ini di Indonesia terdapat berbagai jenis satwa liar yang berada dalam situasi yang sangat mengkhawatirkan akibat kerusakan satwa dan adanya perburuan. Salah satu spesies yang terancam punah adalah Banteng Jawa (

), meskipun hewan ini dilindungi oleh undang-undang di Indonesia, berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar tahun 1931, nasib kelangsungan hidup hewan ini tidak dapat dipastikan.

Pencemaran Lingkungan: Penyebab, Jenis, Dampak Dan Cara Menanganinya (update 2022)

Perusakan habitat Banteng Jawa telah terjadi di Hutan Pangandaran, Jawa Barat, dan terus terjadi di banyak daerah lain hingga hewan ini hampir tidak memiliki habitat. Spesies mamalia langka lainnya, badak sumatera (

) mengalami hal serupa. Hal ini disebabkan maraknya praktik penggundulan hutan, penangkapan besar-besaran dan perburuan liar yang terjadi di kawasan hutan Sumatera Barat. Sehingga hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan satwa langka yang dilindungi undang-undang.

Spesies burung di alam liar juga tidak terpengaruh oleh gangguan manusia. Sebut saja misalnya Jalak Bali Putih, jenis burung Cendrawasih dan Gelatik Jawa. jalak dari bali (

Dampak Kerusakan Lingkungan Bagi Manusia

) adalah burung yang hidup di Bali Barat dan dilindungi undang-undang di Indonesia, nasibnya terus terancam karena gangguan serius dan gangguan yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yaitu perburuan liar dan perusakan habitat seperti habitat di daerah.

Kondisi Lingkungan Hidup Di Indonesia Di Tengah Isu Pemanasan Global

Dampak sampah bagi manusia dan lingkungan, dampak kerusakan lingkungan hidup bagi kehidupan, dampak sampah anorganik bagi lingkungan, dampak pencemaran lingkungan bagi manusia, dampak polusi udara bagi lingkungan, dampak global warming bagi manusia, dampak pencemaran udara bagi lingkungan, dampak polusi udara bagi manusia dan lingkungan, dampak polusi bagi lingkungan, dampak kerusakan lingkungan akibat ulah manusia, dampak sampah plastik bagi lingkungan, dampak kebakaran hutan bagi lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published.