Makalah Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian

Makalah Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian – Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan artikel tentang bioteknologi ini. Tak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya dan kita sebagai umatnya.

Dalam penulisan artikel bioteknologi ini kami merasa masih banyak kekurangan baik dari segi teknis teks maupun materi yang disajikan, maka kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan untuk perbaikan pembuatan artikel bioteknologi.

Makalah Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian

Makalah Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian

Akhir kata, kami berharap semoga Allah memberikan balasan kepada pihak-pihak yang telah memberikan bantuan dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai bentuk ibadah. Amin ya Rubal “tentu saja”.

Handout Bioteknologi Kls_xi _atrm

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi cara hidup seseorang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi digunakan di sebagian besar aspek kehidupan manusia. Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, jamur, virus, dll) dan produk makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Pada akhir 1970-an, bioteknologi mulai diakui sebagai salah satu revolusi teknologi yang paling menjanjikan. Kepentingan strategis bioteknologi dan potensinya untuk berkontribusi pada pengembangan pertanian, pangan, perawatan kesehatan, sumber daya alam dan lingkungan menjadi kenyataan yang semakin meningkat. Secara tidak langsung, bioteknologi juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Namun, kita harus menyadari bahwa berbagai perkembangan di bidang bioteknologi belum mampu menjamin peningkatan kesejahteraan hidup manusia.

Karena masih banyak masyarakat yang tingkat ekonominya rendah, maka pemanfaatan bioteknologi belum dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Namun, banyaknya penggunaan produk bioteknologi tidak sesuai dengan pemahaman umum tentang pengertian bioteknologi. Sehingga masyarakat hanya memanfaatkan hasil bioteknologi tanpa mengetahui secara pasti apa itu bioteknologi.

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, jamur, virus, dll) dan produk makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. didasarkan tidak hanya pada biologi, tetapi juga pada ilmu terapan dan murni lainnya, seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dll. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang memadukan berbagai bidang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.

Aplikasi Bioteknologi Pada Bidang Perikanan Dan Kelautan Kelompok Kompetensi

Bioteknologi telah dikenal orang selama ribuan tahun. Jadi, di bidang teknologi pangan, sejak abad ke-19, pembuatan bir, roti, dan keju dikenal, di bidang pertanian, pemilihan tanaman untuk mendapatkan varietas baru, dalam pemuliaan dan reproduksi hewan. Di bidang kedokteran, pemanfaatan bioteknologi di masa lalu telah dibuktikan antara lain dengan ditemukannya vaksin, antibiotik, dan insulin, meskipun jumlahnya masih terbatas karena proses fermentasi yang tidak sempurna. Perubahan signifikan terjadi setelah penemuan bioreaktor oleh Louis Pasteur. Dengan alat ini, antibiotik dan vaksin dapat diproduksi secara massal.

Pada saat ini bioteknologi berkembang sangat pesat terutama di negara-negara maju. Kemajuan ini ditandai dengan ditemukannya berbagai teknologi seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan, pemuliaan sel punca, kloning dan lain-lain. Teknologi ini memungkinkan kita memperoleh obat untuk penyakit genetik dan kronis yang tidak dapat disembuhkan, seperti kanker atau HIV/AIDS. Penelitian terhadap perkembangan sel punca juga memungkinkan pasien stroke atau penyakit lain yang menyebabkan kehilangan atau kerusakan jaringan pulih seperti biasa.

Di bidang pangan, rekayasa genetika, kultur jaringan dan teknologi DNA rekombinan dapat menghasilkan tanaman dengan sifat dan produk yang unggul karena mengandung lebih banyak unsur hara dibandingkan tanaman konvensional dan lebih tahan terhadap hama dan cekaman lingkungan. Penerapan bioteknologi saat ini juga dapat dijumpai pada pelestarian lingkungan dari pencemaran. Misalnya, dalam penguraian minyak yang tumpah di laut oleh bakteri, dan dalam penguraian zat beracun (pizon) di sungai atau laut dengan bantuan bakteri jenis baru.

Makalah Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian

Pencapaian bioteknologi tidak lepas dari berbagai kontroversi seputar perkembangan teknologi. Sebagai contoh, teknologi kloning dan rekayasa genetika tanaman pangan telah dikritik oleh berbagai kalangan. Bioteknologi secara umum berarti peningkatan kualitas suatu organisme melalui pemanfaatan teknologi. Penerapan teknologi tersebut dapat mengubah fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau memodifikasi gen organisme tersebut.

Makalah Nata De Coco

Perubahan sifat biologis melalui rekayasa genetika telah menyebabkan “kelahiran organisme baru” produk bioteknologi dengan sifat yang bermanfaat bagi manusia. Produk bioteknologi, antara lain:

) adalah cabang ilmu bioteknologi yang mempelajari penerapan bioteknologi dalam bidang medis. Ruang lingkupnya mencakup seluruh spektrum kedokteran manusia, mulai dari tahap pencegahan, diagnosis dan pengobatan. Contoh penerapannya meliputi penggunaan organisme untuk memproduksi obat dan vaksin, penggunaan sel punca untuk pengobatan regeneratif, dan terapi gen untuk mengobati penyakit genetik dengan memperkenalkan atau mengganti gen abnormal dengan gen normal.

) adalah bioteknologi yang diterapkan di bidang-bidang seperti pengembangan dan produksi senyawa baru dan produksi sumber energi terbarukan. Dengan memanipulasi mikroorganisme seperti bakteri dan ragi atau ragi, enzim dan organisme yang lebih baik diciptakan untuk memfasilitasi produksi dan pengolahan limbah industri. menyukai (

) mempelajari penerapan bioteknologi di bidang pertanian dan peternakan. Di bidang pertanian, bioteknologi telah berperan dalam menghasilkan tanaman tahan hama, makanan dengan kandungan nutrisi yang lebih tinggi, dan tanaman yang menghasilkan obat atau senyawa bermanfaat. Saat ini dalam industri peternakan, hewan digunakan sebagai “bioreaktor” untuk menghasilkan produk-produk penting, seperti kambing, sapi, domba, dan ayam digunakan untuk memproduksi antibodi pelindung – protein yang membantu sel-sel tubuh mengenali dan melawan senyawa asing (antigen). .

Makalah Bioteknologi Kelompok 6 1 Ada Yang Mendorong Adanya Perubahan

) disebut juga bioteknologi perairan atau perairan yang mengontrol proses-proses yang terjadi di lingkungan perairan. Salah satu contoh tertua adalah akuakultur, budidaya ikan atau kerang dalam kondisi terkendali sebagai sumber makanan (diperkirakan 30% ikan yang dikonsumsi di seluruh dunia diproduksi oleh akuakultur). Perkembangan bioteknologi akuatik meliputi rekayasa genetika untuk menghasilkan tiram yang tahan penyakit dan vaksin terhadap virus yang menyerang salmon dan ikan lainnya. Contoh lain adalah salmon transgenik, yang memiliki jumlah hormon pertumbuhan yang berlebihan, yang menghasilkan tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi dalam waktu singkat.

Rekayasa genetika adalah prosedur utama untuk produksi produk bioteknologi. Secara umum, rekayasa genetika memodifikasi makhluk hidup dengan mentransfer gen dari satu organisme ke organisme lain. Prosedur umum rekayasa genetika meliputi: mengisolasi gen, memodifikasi gen agar berfungsi lebih baik secara biologis, mentransfer gen ke organisme baru, dan membentuk produk organisme transgenik. Ada dua prosedur pembentukan organisme transgenik, yaitu:

Modifikasi gen pada organisme dengan cara mengganti sekuens basa nitrogen pada DNA yang ada dengan basa nitrogen lain sedemikian rupa sehingga mengubah sifat organisme, misalnya dari resisten terhadap hama menjadi resisten terhadap hama. Agen mutagenik umumnya dikenal sebagai mutagen. Beberapa contoh mutagen yang umum digunakan adalah sinar gamma (mutagen fisik) dan etil metanasulfonat (mutagen kimia).

Makalah Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian

Gen yang mengkode produksi antibiotik dapat dihancurkan pada bakteri dan menyebabkan penyakit pada manusia.

Peran Bioteknologi Untuk Peningkatan Produksi Pangan Di Lahan Marginal (role Of Biotechnology For Increased Food Production In Marginal Land)

Beberapa orang dapat dengan sengaja membuat kombinasi gen baru untuk keperluan militer (seperti senjata kimia dan biologi).

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, jamur, virus, dll) dan produk makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dari ilmu pengetahuan, beberapa di antaranya berkaitan dengan warna, yaitu bioteknologi merah (red biotechnology).

Dalam menerapkan bioteknologi, sebagai manusia yang memiliki naluri harus dapat menerapkannya sesuai norma sehingga dampak negatif dari penggunaan bioteknologi dapat dinetralisir.

Antropologi Bahasa Indonesia Biologi Ekonomi Farmasi Fisika Geografi Hukum Polisi dan Forensik Ilmu Sosial K3 Kimia Matematika PAI PJOK PLH PPKn Kerajinan dan Kewirausahaan Sejarah Indonesia Seni Budaya Sosiologi ICT Red Biotechnology (Red Biotechnology) mempelajari penerapan bioteknologi dalam bidang kedokteran. Bioteknologi putih/abu-abu (white/grey biotechnology) digunakan di bidang-bidang seperti pengembangan dan produksi senyawa baru dan produksi sumber energi terbarukan, misalnya di bidang mikrobiologi, misalnya dengan ragi. Bioteknologi biru (blue biotechnology) disebut juga bioteknologi air/air, yang mengontrol proses-proses yang terjadi di lingkungan perairan. Bioteknologi hijau mempelajari penerapan bioteknologi di bidang pertanian dan peternakan.

Makalah Bioteknologi Pangan

3 Jadi… Bioteknologi pertanian adalah salah satu jenis bioteknologi hijau. Banyak produk yang dihasilkan dengan bioteknologi pertanian

4 Pupuk Hayati Bahan Tanam Unggul BIODECOMPOSER BIOCOTROL Produk Bioteknologi Pertanian di Indonesia Berdasarkan Gradien Bioteknologi Meliputi BIODECOMPOSER & BIOSSTARTER BIOFERTILIZER BIOCONTROL Bahan Tanaman Unggul

5 bahan tanaman utama Kualitas bahan tanam dapat ditingkatkan melalui pendekatan bioteknologi, empat kategori peningkatan kualitas bahan tanam, peningkatan kualitas produk makanan, ketahanan terhadap hama atau penyakit, ketahanan terhadap tekanan lingkungan, manajemen budidaya

Makalah Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian

Tanaman transgenik adalah tanaman yang mengandung gen yang diubah. Tanaman transgenik mulai ditanam secara komersial di Cina pada tahun 1992 dan sejak itu menyebar ke seluruh dunia. Di Indonesia, meskipun tidak tercatat sebagai penghasil tanaman transgenik, negara ini justru menanam beberapa jenis produk transgenik.

Pdf) Peran Bioteknologi Tanah Dan Pupuk Hayati / Pestisida Hayati Dalam Pertanian Organik, Pertanian Berkelanjutan Dan Pengelolaan Lingkungan

8 Pupuk hayati Aplikasi pupuk hayati pada tanah dapat meningkatkan aktivitas mikroba di dalam tanah, sehingga ketersediaan hara optimal, dan dosis pupuk konvensional dapat dikurangi tanpa menurunkan hasil dan produktivitas tanah. Beberapa produknya adalah : Rhizoplus Rhiposant Bio P Z 2000 Organic Soil Treatment (OST) AZO dll.

Kandungan bahan organik dalam tanah dapat ditingkatkan dengan menambah bahan organik tanah dari limbah pertanian yang telah terlarut (kompos). Proses dekomposisi alami berlangsung 3-6 bulan. Selain itu, beberapa mikroba bahan aktif biodekomposer yang masih tertinggal dalam kompos juga merupakan musuh alami penyakit jamur akar atau busuk batang. Biostarter adalah cairan yang membantu mempercepat proses fermentasi kotoran ternak dan sampah organik. Penggunaan biodegrader dan biostarter dapat mempercepat proses pengomposan hingga 2-3 minggu.

10 Biokontrol mikroba digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Contoh mikroba yang digunakan untuk

Makalah peranan bioteknologi dalam bidang pertanian, hasil bioteknologi di bidang pertanian, bioteknologi di bidang pertanian, contoh bioteknologi bidang pertanian, kimia dalam bidang pertanian, sumbangan bioteknologi dalam bidang pertanian, contoh bioteknologi di bidang pertanian, penerapan bioteknologi dalam bidang pertanian, bioteknologi dalam bidang pertanian, manfaat bioteknologi dalam bidang pertanian, pemanfaatan bioteknologi di bidang pertanian, contoh bioteknologi dalam bidang pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published.