Makalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Makalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan – 1 1 BAB 2 PRINSIP BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL Karyawan perusahaan harus berperilaku seperti bisnis. Yaitu, daftar prinsip yang harus Anda ikuti saat melakukan proyek. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, yaitu pengakuan perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat. Istilah tanggung jawab sosial perusahaan terkadang digunakan untuk menggambarkan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. Namun, dapat digunakan secara luas untuk memasukkan kewajiban perusahaan kepada pelanggan, karyawan dan kreditur. Bahkan jika keputusan bisnis dibuat dengan tujuan meningkatkan nilai, keputusan tersebut tidak boleh membahayakan moral dan tanggung jawab masyarakat. KARENA KEPUTUSAN INSIDENTAL Karyawan sering kali membuat keputusan bisnis yang mungkin dipengaruhi oleh etika bisnis. Berikut adalah beberapa contoh keputusan bisnis ilegal. 1. Dealer mobil ingin menjual mobil dengan harga pokok (berdasarkan daftar harga) kepada pelanggan yang tidak mengetahui bahwa harga jual biasanya paling sedikit $2.000 di bawah harga yang diminta. Agen dibayar berdasarkan komisi dan akan menerima lebih banyak jika pelanggan membayar harga yang lebih tinggi. Kesimpulan: Untung bagi penjual, jika tidak pelanggan menderita. 2. Seorang karyawan perusahaan komputer yang dibayar dengan komisi kemungkinan besar akan menjual komputer kepada pelanggan. Jawaban: Manfaat bagi karyawan, berbeda dengan pelanggan. 3. Manajer menggunakan teman, meskipun teman itu bukan peneliti yang baik.

2 2 Dampak: Kepentingan manajer, dampak sebaliknya pada pelamar lain yang sebenarnya cocok untuk pekerjaan itu. 4. Seorang karyawan yang tugasnya membeli persediaan untuk pabrik akan membeli hampir semua persediaan dari vendor tiket Super Bowl setiap tahun. Pemasok kami membayar 20% lebih banyak dari pemasok lain. Karena biaya akuntansi sangat tinggi, laba perusahaan rendah. 5. Manajer perusahaan cenderung menghindari membayar beberapa karyawan untuk bekerja lebih sedikit untuk mengurangi biaya dan mungkin mendapatkan lebih banyak uang karena dia dapat mengurangi biaya. 6. Presiden perusahaan menghabiskan sebagian besar keuntungan tahunan untuk membeli jet pribadi untuk perusahaan. Pesawat itu seharusnya menjadi jet bisnis, tetapi presiden menggunakannya untuk bermain golf dan hiburan pribadi lainnya. Akibatnya, jumlah dividen yang dibagikan kepada pemegang saham menjadi rendah. Jawaban: Laba untuk manajemen puncak, sebaliknya untuk pemegang saham. 7. Untuk mengurangi biaya, pekerja pabrik membuang bahan yang terkontaminasi ke tempat sampah alih-alih membuangnya dengan benar ke tempat sampah. Jawaban: Manfaat bagi karyawan, berlawanan dengan lingkungan. 8. Seorang manajer perusahaan memutuskan untuk menutup pabriknya dan membangun yang baru di kampung halamannya. Pendapatan dari perusahaan baru akan tinggi, tetapi manajer dapat kembali ke kota asalnya. Jawaban: Manfaat bagi manajer, berbeda dengan masyarakat tempat perusahaan berada, dan pemegang saham. Setiap keputusan dalam keputusan ini tampaknya menguntungkan pekerja individu untuk membuat keputusan, membayar satu atau lebih pemangku kepentingan atau lingkungan.

Makalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Makalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

3 3 TANGGUNG JAWAB ATAS PEKERJAAN YANG BAIK. Label peringatan harus ditempatkan pada produk untuk mencegah kemungkinan kecelakaan akibat penyalahgunaan. Untuk beberapa produk, informasi akurat tentang kemungkinan risiko juga dapat diberikan. Misalnya, kapsul gelatin Tylenol, sirup obat batuk Nyquil, dan bir Coors semuanya memiliki label peringatan efek samping. Praktik Penjualan yang Bertanggung Jawab Perusahaan memerlukan pedoman yang mencegah karyawan menggunakan taktik penjualan yang agresif atau iklan yang menyesatkan. Mereka juga menggunakan survei pelanggan yang komprehensif untuk memastikan bahwa pelanggan diperlakukan dengan baik oleh tenaga penjualan. Penelitian harus diselesaikan setelah pelanggan membeli dan memutuskan apakah produk tersebut dijelaskan oleh pembuat produk. Bagaimana Perusahaan Memastikan Tanggung Jawab Sosial Kepada Pelanggan Perusahaan dapat memastikan tanggung jawab sosial kepada pelanggannya dengan langkah-langkah berikut. 1. Buat standar etika. Perusahaan dapat menetapkan kode etik bisnis yang memberikan pedoman untuk kualitas produk, serta pedoman tentang bagaimana karyawan, pelanggan, dan pemilik harus diperlakukan. Banyak perusahaan memiliki dividen pertumbuhan untuk pelanggan. 2. Tindak lanjuti semua masalah. Perusahaan harus memastikan bahwa pelanggan memiliki telepon yang dapat mereka hubungi jika mereka memiliki masalah dengan kualitas produk atau cara mereka diperlakukan oleh staf.

Translate Jurnal 2 Teori Akuntansi

Perusahaan dapat mencoba mencari sumber keluhan dan harus dapat memastikan bahwa masalah tidak akan muncul lagi. Banyak perusahaan memiliki departemen yang menerima keluhan dan mencoba menyelesaikannya. Langkah ini mungkin termasuk memeriksa berbagai bagian produk untuk memastikan bahwa produk telah diproduksi dengan benar. Atau mungkin memerlukan evaluasi karyawan tertentu yang melanggar standar perilaku perusahaan untuk tanggung jawabnya kepada pelanggannya. 3. Umpan balik pelanggan. Perusahaan dapat meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik tentang produk atau layanan yang baru saja mereka beli. Bahkan jika pelanggan tidak menelepon untuk mengeluh, proses ini mungkin menunjukkan masalah lain dengan kualitas produk atau cara pelanggan diperlakukan. Misalnya, dealer mobil Saturn mengirim pelanggan ke pelanggan untuk mengetahui bagaimana mereka diperlakukan oleh dealer. Pelanggan juga dapat ditanyai apakah mereka memiliki pertanyaan tentang kendaraan yang baru dibeli. Setelah perusahaan diberitahu tentang masalah dengan produk cacat atau perlakuan pelanggan, langkah-langkah harus diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Bagaimana konsumen memberikan tanggung jawab kepada pelanggan Tanggung jawab suatu perusahaan terhadap pelanggannya tidak hanya dipikul oleh perusahaan, tetapi oleh sekelompok konsumen tertentu. Konsumen mewakili keinginan umum pelanggan di mana bisnis memenuhi kebutuhan mereka. Kelompok konsumen menjadi populer pada 1960-an dan menjadi lebih efektif saat mereka tumbuh. Cara Pemerintah Membebankan Tanggung Jawab pada Konsumen Selain undang-undang perusahaan dan konsumen, pemerintah sering kali membebankan tanggung jawab kepada konsumen di bawah berbagai undang-undang keamanan produk, pemasaran, dan persaingan industri.

5 5 Peraturan Pemerintah tentang Keamanan Produk Pemerintah melindungi konsumen dengan menerbitkan peraturan tentang produk perusahaan tertentu. Misal seperti Adm. Makanan & Obat. (FDA) bertanggung jawab untuk menguji produk makanan untuk menentukan apakah mereka memenuhi persyaratan. FDA juga menguji obat baru yang dikembangkan perusahaan. Karena efek samping mungkin tidak segera terlihat, FDA menguji obat tersebut berulang kali selama bertahun-tahun. Peraturan pemerintah tentang periklanan Pemerintah negara bagian juga telah memperkenalkan undang-undang untuk mencegah iklan yang curang. Namun, itu tidak dapat melindungi dari semua kegiatan bisnis ilegal. Beberapa contoh pemasaran dapat menyesatkan, sangat sulit untuk mengetahui apakah produknya baru dan mutakhir. Selain itu, kata-kata seperti “biaya rendah” dapat memiliki arti atau arti yang berbeda. Peraturan pemerintah tentang persaingan industri Cara lain pemerintah memastikan bahwa konsumen diperlakukan secara adil adalah dengan mendorong persaingan di hampir semua industri. Persaingan antar perusahaan menguntungkan konsumen karena perusahaan yang menawarkan produk murah atau berkualitas rendah tidak akan eksis di lingkungan. Karena persaingan, konsumen dapat menghindari perusahaan yang menggunakan taktik penjualan. Sebuah perusahaan memiliki monopoli jika itu adalah satu-satunya pemasok barang dan jasa. Itu dapat menetapkan harga secara independen dari pesaing. Namun, pemerintah mengatur perusahaan yang memiliki monopoli. Misalnya, pemerintah mengatur perusahaan infrastruktur publik yang memiliki monopoli di wilayah tertentu dan dapat mengontrol kebijakan harga perusahaan tersebut. Di beberapa industri, perusahaan membuat yang berbeda

6 6 kesepakatan untuk menetapkan harga dan menghindari persaingan di antara mereka. Pemerintah federal mencoba untuk melindungi kegiatan tersebut dengan menerapkan undang-undang anti-penetapan harga. Beberapa peraturan anti korupsi yang paling populer diuraikan di bawah ini. Semua peraturan ini ditujukan untuk mendorong persaingan. Namun, setiap undang-undang berfokus pada masalah tertentu dan dapat mempengaruhi tingkat persaingan dalam suatu industri. Sherman Antitrust Act (1890) mempromosikan persaingan dan melindungi monopoli. Clayton Act (1914) mengembalikan Sherman Antitrust Act dan secara tegas melarang praktik berikut yang mungkin membatasi persaingan. Kontrak konsolidasi mengharuskan perusahaan untuk membeli produk tambahan sesuai kebutuhan untuk membeli produk yang dibutuhkan. Kontrak yang mengikat mencegah perusahaan membeli produk dari pemasok. Masalah Manajemen Terkait Satu orang menjabat sebagai anggota dewan direksi dari dua perusahaan yang bersaing. Undang-Undang Komisi Perdagangan (1914) melarang praktik persaingan tidak sehat, dan menjadi dasar pembentukan Komisi Perdagangan dan Perdagangan (FTC) untuk menegakkan undang-undang anti-pengaturan. The Idbinson-Patman Act (1936) Melarang kebijakan penetapan harga atau biaya iklan yang dapat mengurangi persaingan dalam suatu industri. Celler-Kefauver Act (1950) Melarang merger yang membatasi persaingan dalam suatu industri. Industri truk, kereta api, maskapai penerbangan, dan telekomunikasi dikonsolidasikan, memungkinkan perusahaan baru untuk memasuki setiap industri. Selain itu, bank dan lembaga keuangan lainnya telah direformasi sejak tahun 1980-an dan sekarang memiliki fleksibilitas dalam deposito berjangka dan suku bunga.

7 7 diberikan. Mereka juga memiliki banyak kebebasan untuk memperluas batasan mereka. Secara keseluruhan, reformasi menghasilkan harga yang lebih rendah bagi konsumen. TANGGUNG JAWAB KARYAWAN Perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap karyawannya dalam hal keselamatan, perlakuan yang baik terhadap karyawan lain, dan kesempatan yang sama. Keselamatan karyawan Perusahaan harus dapat memastikan bahwa tempat kerja aman bagi karyawan dengan selalu memantau kegiatan yang dilakukan. Salah satu cara untuk mencegah kecelakaan adalah dengan memeriksa mesin dan peralatan untuk memastikan mereka selalu dalam keadaan baik, memerlukan kacamata pengaman atau peralatan lain yang dapat melindungi dari kecelakaan, dan memperkuat peringatan keselamatan dalam pelatihan. Perusahaan yang menyediakan lapangan kerja yang baik akan mencegah terjadinya kecelakaan dan mengembangkan karyawannya. Banyak perusahaan sekarang menawarkan profil keselamatan kerja sebagai salah satu tujuan utama mereka. Levi Strauss dan

Makalah Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Etika Bisnis

Tanggung jawab sosial perusahaan csr, pengertian tanggung jawab sosial perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan pdf, makalah tanggung jawab sosial, tanggung jawab sosial perusahaan, manfaat tanggung jawab sosial perusahaan, contoh tanggung jawab sosial perusahaan, jurnal tanggung jawab sosial perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan aqua, tanggung jawab sosial perusahaan adalah, bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, tanggung jawab sosial dalam perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.