September 22, 2018

Walikota Medan : Camat, Lurah dan Kepling Bantu KPU dan Panwaslu

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin.

KarakterNews.com – MEDAN – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si minta kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan (Kepling) berjumlah 2001 orang untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Medan, dengan mendukung penuh pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018.

“Pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023 di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini harus berjalan sukses dan lancar,” pinta Walikota Medan, Dzulmi Eldin, saat menutup Rapat Koordinasi Ketentraman dan Ketertiban Umum di Kota Medan Terkait Penyelenggaraan Pilkadasu (Gubernur dan Wagub) Tahun 2018 di Medan International Convention Centre (MICC) Jalan Gagak Hitam, Jumat (15/2/2018).

Kata Walikota Medan, ketiga unsur Pemko Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat itu diinstruksikan membantu penyelenggara Pilkada (KPU dan Panwaslu) untuk melaksanakan seluruh tahapan Pilgubsu, dukungan ini sangat diperlukan sehingga penyelenggaraan Pilgubsu 2018 di Kota Medan berlangsung aman dan sukses.

Baca Juga:  Soal Pengutipan Sekolah, Walikota Ajak Ombudsman RI Buat Satu Formulasi

“Saya minta bantu penyelenggara melaksanakan seluruh tahapan Pilgubsu 2018. Saya tak mau mendengar kabar ada Camat, Lurah dan Kepling yang tidak mendukung penyelenggara. Ingat, tugas kita sebagai pelayan masyarakat bertanggungjawab dalam mengawal pelaksaan Pilgubsu Tahun 2018,” pinta Dzulmi Eldin.

Untuk menghindari terjadinya kecurangan yang mungkin saja terjadi di tiap-tiap TPS, ditegaskan Walikota Medan agar Camat, Lurang dan Kepling berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas mengawal jalannya pemungutan suara di wilayahnya masing-masing. “Saya mengingatkan, warga Kota Medan tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. Tidak boleh merendahkan dan menghina antar penganut agama,” imbaunya.

“Seluruh Kepling agar ikut serta membantu KPU menyampaikan formulir C kepada masyarakat. Jangan ada Kepling yang menghambat penyaluran formulir C6 itu,” tegas Dzulmi Eldin.

Baca Juga:  Penyelamatan Ibu dan Bayi, Kesepakatan Mebidangla Diteken

Sebelumnya, Ketua KPU Medan, Herdensi Adnin mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan yang telah menunjukkan komitmen penuh menyukseskan Pilgubsu 2018 ini. Rapat koordinasi ini, merupakan wujud dari dukungan Pemko terhadap penyelenggara Pilgubsu 2018 di Kota Medan.

“Hingga 18 Februari nanti, Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Tentunya, dibutuhkan dukungan dari aparat di Lingkungan, Kelurahan maupun Kecamatan untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas,” kata Herdensi.

Selain Ketua KPU Medan, turut juga memberi paparan dalam rapat itu, Ketua Panwaslu Kota Medan, Jhon Hendrik Sitinjak, SH. Pemko Medan telah menyatakan kesiapan untuk membantu Panwaslu dalam menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang oleh Tim Pemenangan para Cagubsu dan Cawagubsu.

Baca Juga:  Walikota Medan Terima Ketua Satgas KPK, BPPT Sudah Oke dan Tinggal Satu Langkah Lagi

Dari hasil pendataan dilakukan Panwaslu Kota Medan, Hendrik Sitinjak menyebutkan, saat ini tercatat ada sekitar 698 APK terpasang di Kota Medan dalam bentuk umbul-umbul, spanduk serta baliho. “Saat ini, sudah memasuki masa kampanye, maka semua APK harus ditertibkan,” tegasnya. (kn-m08)

Related posts