Walikota Medan Beri Penghargaan WP, Realisasi Penerimaan PBB Belum Optimal

Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi Kadispenda Kota Medan, HM Husni saat mengambil lucky draw.
Walikota Medan Dzulmi Eldin didampingi Kadispenda Kota Medan, HM Husni saat mengambil lucky draw.

KarakterNews.com – Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si mengemukakan, realisasi penerimaan Pajak Bumi Bangunan (PBB) sampai 2 Agustus 2016 senilai Rp.10.095.592.610 atau sama dengan 26,41 % dari target PBB yang sudah ditetapkan sebesar Rp.386.540.861.523. Persentase yang dihasilkan ini, tentunya belum optimal, sehingga membutuhkan perhatian dari wajib pajak potensial yang belum melunasi kewajibannya membayar PBB.

“Saya mengajak wajib pajak (WP), terutama WP yang potensial untuk melunasi tagihan PBB sebelum jatuh tanggal tempo, dengan demikian PBB yang dibayarkan dapat segera dimanfaatkan untuk mendukung pembiayaan pembangunan di Kota Medan,” kata Dzulmi Eldin, saat menghadiri pertemuan Pemko Medan dengan Wajb Pajak Potensial PBB se-Kota Medan di Regale Convention Centre Jalan H Adam Malik Medan, Jumat (12/8/2016) lalu.

Baca Juga:  Jalan Sehat PDAM Tirtanadi Berbagi Puluhan Hadiah

Kata Walikota Medan, Pajak (PBB) yang titipkan warga atau wajib pajak kepada Pemko Medan ini dimanfaatkan bagi pembangunan Kota Medan yang lebih baik menuju Kota Metropolitan. “Pemko Medan terus berupaya mengimbangi laju pertumbuhan kota dengan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung yang diperlukan, dimulai pembuatan jalan-jalan baru sebagai jalur alternatif hingga pembukaan akses-akses jalan baru ke seluruh kawasan Kota Medan,” ujarnya.
Pajak PBB Potensia_resize

Disinilah pentingnya pembayaran pajak daerah, diantaranya dari PBB yang akan digunakan untuk membiayai berbagai pembangunan di Kota Medan serta perawatan berbagai infrastruktur di Kota Medan, melalui  pembayaran PBB, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab atas kota yang kita cintai ini,” ungkap Dzulmi Eldin.

Baca Juga:  Kampung KB di Kecamatan se Kota Medan Dicanangkan

Pajak PBB Potensial2_resizeDalam kesempatan itu, sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih Pemko Medan melalui Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Medan, memberikan penghargaan kepada WP potensial, termasuk kepada tiga perusahaan pembayar PBB terbesar yakni PT Pelindo I Persero, PT Jasa Marga Persero dan PT PLN Persero berupa 3 unit sepeda motor.

Kemudian melalui kegiatan tersebut, Dispenda berhasil mengumpulkan PBB sebesar Rp 90 miliar lebih dari para WP yang hadir. Dispenda Pemko Medan bekerjasama dengan Bank Sumut telah menyiapkan sejumlah titik pembayaran PBB di lokasi acara.

Sementara itu, Kadispenda Kota Medan, HM Husni SE MSi menyatakan, pihaknya telah berupaya melakukan serangkaian upaya agar capaian penerimaan PBB tahun 2016 ini sesuai target yang ditetapkan. “Kami percaya masyarakat telah memahami fungsi dari pembayaran PBB,” ujarnya.

Baca Juga:  Walikota Medan Lepas Keberangkatan Dhuyufurrahman Kloter IX

“Tahun 2016 ini, Dispenda Kota Medan akan melakukan pemutakhiran data objek pajak di daerah Medan bagian Utara. Namun, mengingat keterbatasan waktu, tahun ini diproyeksikan pendataan akan dilakukan di tiga Kecamatan terlebih dahulu, sebagai upaya mendapatkan kondisi sebenarnya dari objek pajak, sehingga ke depan tidak ada lagi data yang tidak sesuai keberadaannya,” papar Husni. (kn-m08)

Related posts