USAID Hibahkan 1,1 Juta Buku Bacaan Di Sumatera Utara

Bupati Serdang Bedagai Soekirman saat menerima hibah buku dari Direktur Misi USAID Indonesia Andrew Sisson, disaksikan Konsul Amerika Serikat MR Robert Y Ewing, dan Direktur program USAID Perioritas Stuart Weston.
Bupati Serdang Bedagai Soekirman saat menerima hibah buku dari Direktur Misi USAID Indonesia Andrew Sisson, disaksikan Konsul Amerika Serikat MR Robert Y Ewing, dan Direktur program USAID Perioritas Stuart Weston.

Karakternews.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mengapresiasi USAID Prioritas yang berperan dalam pembangunan pendidikan di Sumatera Utara (Sumut) melalui hibah Buku Bacaan Berenang USAID sehingga memberi manfaat terhadap 90.000 lebih siswa.

Kepala Bappeda Sumut Arsyad Lubis mewakili Plt. Gubernur Sumut menyatakan, Pemprov Sumut berterima kasih atas hibah buku dari USAID, dan mendorong pemanfaatan buku secara maksimal. “Sebagai pemerintah, pendidik, masyarakat dan orangtua, tugas kita membantu anak-anak agar berhasil di masa depan,” ujarnya, saat acara Hibah Buku Bacaan Berjenjang dari USAID kepada Pemprov Sumut, Rabu (30/3/2016) di SD Negeri O60843 Jalan Kolonel Yos Sudarso Medan, dihadiri Direktur Misi USAID Indonesia Andrew Sisson, Konsul Amerika Serikat MR Robert Y Ewing, Direktur Pembinaan SD Kemendikbud Wowon Wirdayat, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Direktur Program USAID Perioritas Stuart Weston .

Program ini dilaksanakan di 15 Kabupaten dan Kota se Sumatera Utara, yakni Kota Medan, Kabupaten Langkat, Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan. Dan ada dua lembaga pendidikan yang terlibat yaitu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UIN SU).

Hibah buku bacaan berjenjang dari USAID sangat mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang membutuhkan dukungan berbagai pihak agar tujuan GLS dapat tercapai dan menyebar ke seluruh sekolah di Indonesia. “Program USAID PRIORITAS secara tidak langsung mendukung implementasi pendidikan yang tertuang di dalam RPJMN dan Renstra Kemendikbud 2015-2019,” ungkap Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud Drs Wowon Wirdayat‎

Direktur Misi USAID Andrew Sisson mengatakan, pihaknya melalui Program USAID PRIORITAS fokus mendukung peningkatan keterampilan membaca untuk siswa kelas awal (kelas 1-3 SD) di 15 Kabupaten/Kota di Sumut. Melalui hibah 1,1 juta Buku Bacaan Berjenjang. Buku ini akan didistribusikan ke 1.800 lebih sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah.

Program USAID PRIORITAS juga menyediakan dukungan teknis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen di 3.000 lebih SD dan SMP, melatih 12.100 lebih pendidik dan non pendidik di seluruh Indonesia. (kn-m08)

Related posts