December 17, 2017

Universitas Pertamina Tawarkan Beasiswa & Biaya Hidup

uvipertamina_resizeKarakterNews.com – Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka menyatakan, pihaknya menawarkan program beasiswa dan tunjangan mahasiswa terhadap mahasiswa baru. Beasiswa bebas seluruh biaya ditambah biaya hidup disediakan Universitas bagi 20 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang akan diterima.

“Universitas Pertamina menyediakan beasiswa prestasi dan ekonomi lemah, seperti beasiswa bidik misi. Sekitar 15-20 persen, kita akan menyediakan beasiswa bidik misi versi universitas,” kata Akhmaloka, dalam konferensi pers ujian masuk Universitas Pertamina di Jakarta, Minggu (24/4/2016).

Dikatakan Akhmaloka, 20 persen dari total 1.000 mahasiswa yang akan diterima di Universitas Pertamina akan dibebaskan biaya kuliah dan mendapat biaya hidup yang nilainya lebih besar dari beasiswa bidik misi, yang diberikan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Pertimbangan nilai biaya hidup yang lebih besar dikarenakan lokasi kampus yang berada di wilayah Simprug, Jakarta Selatan, memerlukan biaya hidup lebih besar dibanding kota lain. Kita akan launching bidik misi versi kami, bukan versi pemerintah. Kalau pemerintah diberikan biaya hidup Rp 1 juta, kalau kami mungkin lebih,” ungkap Rektor.

Selain itu, syarat indeks prestasi yang harus dikejar tiap semester juga lebih tinggi dari yang ditargetkan pemerintah. “Jika dari Dikti kan IP-nya harus 2,75, kalau kami lebih tinggi, mungkin IP-nya minimal 3,” pungkas Akhmaloka, seraya menambahkan bahwa nilai itu baru wacana, belum ditetapkan.

Untuk diketahui,persyaratan bagi mahasiswa yang berhak mendapat beasiswa ekonomi lemah disamakan dengan syarat beasiswa bidik misi yang diprogramkan pemerintah. Selain beasiswa bidik misi, Universitas Pertamina juga memberikan beasiswa prestasi dengan cara menjaring calon-calon mahasiswa dengan mengadakan kontes kreativitas yang diadakan di SMA/SMK.

Vice President for Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan pihaknya mengadakan lomba kreasi inovasi seperti karya tulis ilmiah populer di bidang energi, manajemen komunikasi, dan juga karya lomba aplikasi digital. “Kita juga ingin mendapat ide-ide dari siswa yang kreatif tersebut seperti dalam mengembangkan iklan atau komunikasi pemasaran,” ungkapnya.

Beasiswa yang lainnya diberikan pada 20 persen calon mahasiswa dengan nilai tertinggi dari peserta Ujian Saringan Masuk (USM) Universitas Pertamina yang dilaksanakan hari ini. Beasiswa tersebut berupa bebas 100 persen biaya Sumbangan Pengembangan Institusi senilai Rp 10 juta. Sedangkan untuk 20 persen peserta dengan nilai tertinggi pada pelaksanaan USM gelombang kedua akan mendapat diskon biaya Sumbangan Pengembangan Institusi sebesar 50 persen.

Sekedar diketahui, Universitas Pertamina adalah perguruan tinggi di bidang bisnis dan teknologi energi yang didirikan oleh PT Pertamina (Persero). Universitas Pertamina yang berlokasi di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, membuka 15 program studi dengan enam fakultas, diantaranya Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi dengan program studi teknik geofisika, teknik geologi, teknik perminyakan, Fakultas Perencanaan dan Infrastruktur dengan program studi teknik sipil, dan teknik lingkungan, Fakultas Teknologi Industri dengan program studi teknik elektro, teknik mesin, teknik kimia, dan teknik logistik. (k24.c/kn-m08)

Related posts