TMS, Calon Kepala Daerah Berstatus Bebas Bersyarat

Jakarta – Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, tiga calon kepala daerah yang dilaporkan masih berstatus bebas bersyarat akan segera ditentukan nasibnya. Keputusan akan diambil berdasarkan surat yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM, terkait status bebas bersyarat kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Keputusan bagi ketiganya akan diputuskan, usai rapat tripartit penyelenggara Pemilu antara KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). “Pak Ketua, dengan Bawaslu dan Prof Jimly, akan diinformasikan apa hasilnya,” kata Ferry di Media Center KPU, Selasa (10/11/2015).

Disebutkan Ferry Kurnia, sesuai surat laporan itu, disebutkan bahwa calon yang masih bebas bersyarat tidak masuk dalam kategori mantan narapidana. Sehingga, bila mengacu pada surat tersebut, maka ketiganya tidak memenuhi syarat (TMS) untuk menjadi calon kepala daerah. “Secara umum isinya memang intinya bebas bersyarat, itu bukan mantan terpidana,” paparnya.

Baca Juga:  Calon Kepala Daerah Tes Rambut, Diusulkan BNN

Untuk diketahui, ketiga calon kepala daerah, yakni Jimmy Rimba Rogi di Kota Manado, bebas bersyarat sampai pada 29 Desember 2017. Kemudian, Yusak Yaluwo di Pilkada Boven Digoel, bebas bersyaratnya berakhir sampai 26 Mei 2017. Terakhir, Ismet Mile di Pilkada Bone Bolango, bebas bersyarat hingga 5 Desember 2015. (re.c/kn-06)

Related posts