September 24, 2018

Tirtanadi Sumut Ajak PDAM Toyohashi Berinvestasi

Medan – Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, ST menyatakan, pihaknya selain uprating IPA Sunggal dan Pembangunan IPA Martubung sedang dalam pengerjaan, pada Master Plan PDAM Tirtanadi 2015 – 2019 juga direncanakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air di beberapa lokasi yaitu di Medan Denai, Medan Krio, Medan Permai dan Medan Binjai. Karena itu, PDAM Tirtanadi Sumatera Utara mengajak PDAM Toyohashi berinvestasi dalam pengembangan produksi air bersih dan pengelolaan air limbah di Kota Medan.

Ajakan tersebut disampaikan Direktur Utama PDAM Tirtanadi saat menerima rombongan dari PDAM Toyohashi Jepang di Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat (13/11/2015). “Saat ini, program SPAM Regional kapasitas 1.000 l/d di Sei Bingei telah disusun dan direncanakan pembangunannya dimulai pada tahun 2016. Selain itu IPA Tirta Lyionnaisse Medan (TLM) juga akan ditingkatkan kapasitas produksinya dari 500 l/d menjadi 900 l/d,” ungkapnya.

Baca Juga:  5 Tahun Menunggu, Kali Ini PDAM Tirtanadi Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air

Kunjungan Tim PDAM Toyoihashi Jepang dipimpin Direktur Teknik Kazunori Asakawa bersama Insinyur spesialis pemurnian air Hishashi Kawai dan Profesor Hiroomi Homma disambut Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, ST didampingi Direktur Air Minum Ir. Delviyandri, M.Psi, Pls, Kadiv. PR Syawal Huatasuhut, SH, MSi dan Kadiv. SDM Parlindungan, SE, PIA. (lihat foto).

Pertemuan itu dimaksudkan untuk melihat langsung perkembangan penerapan teknologi pengolahan air di PDAM Tirtanadi dimana beberapa waktu lalu, PDAM Tirtanadi kerjasama dengan PDAM Toyohashi, dimana empat orang Pegawai PDAM Tirtanadi dikirim dan dilatih di PDAM Toyohashi yakni Andarianto, ST (Ka. IPA. Sunggal). Ir. Mawardi (Kacab. Padang Bulan), Fauzan, ST (Ka. IPAL Cemara, M. Arif Siregar, ST (Kabid. ME Div. PLT), belajar mengenai teknik pemurnian dengan substitusi bahan kimia diantaranya tawas menjadi PAC dan Klorin menjadi sodium

Baca Juga:  Pipa di Sibolangit Pecah, Distribusi Air Padang Bulan dan Deli Tua Terganggu

Terkait hal itu, Direktur Tekniknya Kazunori Asakawa menanyakan perihal apakah pelatihan yang diajarkan sudah diaplikasikan dan bagaimana efeknya. Atas pertanyaan itu, Direktur Air Minum Delviyandri menjelaskan bahwa substitusi bahan kimia yang diajarkan telah diterapkan pada beberapa Instalasi Pengolahan Air Tirtanadi, yang membawa efek positif, sehingga perusahaan bisa menghemat Rp 95 juta perbulannya.

Dalam pertemuan ini juga dibahas tentang investasi yang ditawarkan Direktur Utama PDAM Tirtanadi mengenai pengelolaan air limbah yang sedang dikembangkan Tirtanadi, karena melihat fakta pertumbuhan perumahan di Kota Medan yang tinggi, nantinya pengelolaan limbah domestik atau limbah rumah tangga akan menjadi salah satu domain pekerjaan PDAM Tirtanadi dimasa mendatang. (kn/m-07)

Related posts