Tinjau PD RPH, Kata Walikota Medan : Berikan Kontribusi Bagi PAD

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin saat meninjau Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH).

KarakterNews.com – MEDAN – Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si berharap Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) di Jalan RPH, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, menjadi perusahaan yang sehat, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Medan.

“Semoga ada perubahan yang dilakukan jajaran Direksi, sehingga PD RPH ini menjadi perusahaan sehat,” kata Dzulmi Eldin, saat meninjau Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan, Selasa (21/3/2017), untuk melihat sejauhmana kinerja para direksi dalam memajukan perusahaan milik Pemko Medan yang menangani masalah pemotongan hewan ternak di Kota Medan.

Didampingi Kabag Humas, Rasyid Ridho Nasution, Walikota Medan Dzulmi Eldin juga meninjau kandang maupun tempat penyembelihan hewan ternak, bersama Direktur Operasional, Drh Manaon Nasution dan Direktur Umum, Ainal Mardiah.

Setelah melakukan peninjauan, Walikota Medan berdiskusi dengan kedua Direktur PD Pasar, prihal empat komiditi yang dibahas dalam diskusi, dimana 3 komoditi menjadi objek utama yang disembelih yakni sapi/lembu, kambing dan babi. Sedangkan satu komiditi lagi yakni unggas, terutama ayam diusulkan untuk disembelih di PD RPH.

Untuk komiditi sapi , Manaon menjelaskan proses impor tengah berjalan. Hanya saja yang menjadi permasalahan saat ini, kondisi kandang yang ada kurang baik sehingga diperlukan perbaikan. Sedangkan untuk komiditi kambing, PD RPH telah membuat kebijakan dengan menjual kambing dengan menimbang badan.

Selanjutnya untuk komidit babi, Manaon mengungkapkan PD RPH siap menyediakan hewan ternak (babi) tambahan dengan harga yang jauh lebih murah. Selama ini, pedagang daging babi membeli dagiing babi Rp.34.000 perkilogram. Harga ini dikeluhkan para pedagang daging babi karena dinilai terlalu mahal. Karena itu, kita dapat menyediakan babi tambahan dengan harga yang lebih murah sekitar Rp 27.000/kg,” ungkapnya .

Dibagian lain, Manaon menyampaikan rencana PD RPH untuk menyembelih unggas, terutama ayam. Sebab, saat ini belum ada penyembelihan unggas di PD RPH. Padahal, PD RPH memiliki sekitar 2 hektar lahan kosong yang bisa dipergunakan untuk kandang unggas dan tempat penyembelihannya. “Lahan kosong yang 2 hektar ini, ada 1,5 hektar bisa dipergunakan untuk kandang dan tempat pemotongan unggas,” jelasnya.

Mendengar penjelasan tersebut, Walikota Medan mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran direksi dalam upaya memajukan dan sekaligus meningkatkan pendapatan PD Pasar. “Pemko Medan akan mendukung sepenuhnya, begitu juga mengenai perbaikan terhadap sejumlah kandang,” kata Dzulmi Eldin, seraya berpesan perbaikan harus dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan dana penyertaan modal yang dimiliki. (kn-m09)

Related posts