November 21, 2017

Tim Kemenko Polhukam Periksa Kesiapan Pilkada Medan

Medan – Tim Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia mendatangi Balai Kota Medan, Rabu (21/10/2015), untuk memeriksa dan mengetahui kesiapan yang sudah dilakukan, Pemko Medan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak di Kota Medan pada 9 Desember mendatang.

Rombongan Kemenko Polhukam yang dipimpin Brigjend TNI Yudi Karsono didampingi Kol Inf Jefri, Kol Inf Indra M Harahap, Kombes Pol Didik dan Lukito diterima Penjabat (Pj) Walikota Medan Drs H Randiman Tarigan diwakili Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Medan Erwin Lubis didampingi Asisten Pemerintahan Setdakot Medan Musadad Nasution dan Kakan Kesbangpol Linmas Ceko Wakhda Ritonga. Pertemuan itu juga dihadiri Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Kol Inf Maulana Ridwan SIK, Kapolresta Belawan AKBP Edi Suandono SIK, Kajari Belawan Syarifuddin SH.

Baca Juga:  PPP Jadi "Cheerleaders" di Pilkada Medan

Plh Sekda Kota Medan Erwin Lubis kepada Desk Pilkada Kemnko Polhukam, menjelaskan sesuai pengamatan yang dilakukan dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan kota, semua tahapan Pilkada yang akan diselenggarakan dapat berjalan sebagaimana diharapkan.

Saat ini tahapan sudah memasuki masa kampanye yang diselenggarakan oleh masing-masing calon. Sedangkan jumlah penduduk Kota Medan sekitar 2,9 juta. Dari jumlah penduduk itu, jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Medan sebesar 1.985.096 orang, terdiri dari 978.876 orang laki-laki dan 1.006.720 orang perempuan, dengan jumlah TPS sebanyak 3.024 TPS.

Kata Erwin, salah satu isu pokok untuk mewujudkan Pilkada demokratis adalah jaminan netralitas pegawai negeri sipil. Karena itu, Pemko Medan telah mensosialisasikan kedudukan PNS yang wajib netral dalam penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada, baik melalui himbauan secara tertulis maupun tidak tertulis.

Baca Juga:  Betulkah, Gerindra Siapkan 2 Nama Dampingi Dzulmi Eldin ?

Pertemuan dengan Tim Kemenko Polhukam juga dilakukan ekspose dari Kaban Kesbang Polinmas, Kapolresta Medan, Kapolresta Pelabuhan Belawan, Kodim 0201/BS, KPU Kota Medan dan Panwaslu Kota Medan. Selanjutnya mereka secara bergantian memaparkan persiapan-persiapan yang telah dilakukan sampai digelarnya Pilkada.

Menyikapi hasil pemaparan yang dilakukan, Brigjend TNI Yudi Karsono mengaku semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan Pilkada telah siap. Karenanya, pihaknya berharap pelaksanaan Pilkada di Kota Medan berjalan dengan lancar dan aman serta melahirkan pemimpin yang benar-benar pilihan dan disenangi masyarakat.

Related posts