Tiga Pati Polri Maju Pilkada, Ajukan Pengunduran Diri

KarakterNews.com – JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersikap mendukung Perwira Tinggi (Pati) Polri yang akan maju ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Apabila seorang pati akan maju, diharapkan untuk mengundurkan diri terlebih dahulu.

Terkait dengan Pati Polri yang akan maju ke Pilkada, tentu Polri sendiri meresponsnya dengan baik dan mendukung,” kata Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2017).

Dikatakan Kombes Martinus Sitompul, Polri mendukung pilihan yang diambil oleh para Pati Polri dalam karirnya. Begitu pula keputusan mereka dalam melakukan tugas-tugas kepemerintahan di luar Polri. Polri pun akan mengizinkan dan setuju apabila Pati yang mengajukan pengunduran diri. “Dalam hal ini Polri mendukung dan berharap bila mereka akan maju, dipersilakan untuk mengundurkan diri, sehingga pensiun dini,” tuturnya.

Hingga saat ini, Kombes Martinus memonitor ada tiga Pati Polri yang berencana maju dalam Pilkada Serentak 2018, masing-masing Irjen Pol Anton Charliyan, Irjen Pol Murad, dan Irjen Pol Safaruddin. “Memang infonya ada Pak Anton, Pak Murad, dan Pak Safaruddin di Kalimantan Timur. Ada tiga yang sampai saat ini termonitor kami untuk maju ke Pilkada,” ungkapnya.

Kombes Martinus Sitompul menjelaskan, batas waktu untuk pengunduran diri itu adalah pada saat mereka melengkapi persyaratan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Begitu ditetapkan sebagai pasangan calon, otomatis Pati Polri sudah harus mengundurkan diri,” ucapnya.

Ditanya apakah ketiga Pati sudah meminta izin ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dikemukakan Kombes Martinus, secara lisan pasti Kapolri sudah diberitahu. Jalinan komunikasi antara Jenderal Tito Karnavian dengan semua Pati Polri ia nilai cukup baik. “Kapolri menjalin komunikasi dengan semua Pati. Sehingga, saya bisa pastikan, secara lisan pasti disampaikan,” ucap Kombes Martinus Sitompul. (kn-m10)

Related posts