Terima Kasih, PDAM Tirtanadi Peduli Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji

Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi, Arif Haryadian memeriksa depot air siap minum di Asrama Haji Medan, (Jumat 27/07/2018). (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi, Ir Arif Haryadian inspeksi mendadak (sidak), terkait pendistribusian air di Asrama Haji, Jumat (27/7/2018), didampingi Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi Jumirin dan Asisten 1 Sekretaris Perusahaan Zaman K. Mendrofa.

Rombongan Managemen PDAM Tirtanadi tiba di Asrama Haji Medan sekitar pukul 11.00 WIB, disambut oleh Kacab Padang Bulan, Nasib Saul Parapat bersama Kabag Jaringan Perpipaan dan PKA Hasoloan Sotarduga, Kabag Pemasaran Abdi Ridha dan dua petugas bagian jaringan perpipaan, yang bertugas memantau pendistribusian air di asrama haji yakni Ridwan Sitorus dan Tri Ihwan.

Saat ditemui wartawan, Arif Haryadian yang mengenakan kemeja batik warna coklat ini menuturkan, kedatangannya untuk memastikan pendistribusian air berjalan dengan baik dan lancar. “Saya ingin memastikan pendistribusian air di Asrama Haji berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Dari pantauan dilokasi, Arif Haryadian langsung meninjau Flange Gate Valve yang berfungsi sebagai pengatur aliran air ke Asrama Haji Medan. Dilanjutkan dengan memeriksa kondisi meteran air yang keduanya berada di sebelah luar pintu gerbang masuk Asrama Haji. Sewaktu pemeriksaan di kedua lokasi ini, tidak ditemukan kendala dan air lancar mengalir ke kompleks asrama haji.

Baca Juga:  PDAM Tirtanadi Jadi Bapak Angkat Pengprov PBVSI Sumut

Arif Haryadian yang dikenal ramah dan akrab dengan pegawai ini, terlihat serius melakukan pemeriksaan kran-kran air di beberapa titik untuk memastikan air mengalir dengan baik dan lancar.

Selanjutnya, Arif Haryadian menjumpai Kepala UPT Asrama Haji Sutrisno, untuk menanyakan kondisi pendistribusian air secara keseluruhan di Asrama Haji Medan. Dalam perbincangan keduanya yang terlihat akrab, Sutrisno menyampaikan bahwa ketersediaan di Asrama Haji Medan relatif cukup dan lancar.

“Ketersediaan air di Asrama Haji Medan relatif cukup dan berjalan lancar. Kalaupun debit air yang mengalir dari pipa kecil, kami disupplai dengan mobil tangki dua kali sehari,” ungkap Sutrisno, seraya mengucapkan terima kasih kepada PDAM Tirtanadi atas perhatian dan kepeduliannya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Direksi dan seluruh karyawan-karyawati PDAM Tirtanadi yang sangat peduli pada penyelenggaraan ibadah haji dengan memberikan souvenir handuk kepada jamaah calon haji Embarkasi Medan, beberapa waktu lalu, dan juga kepedulian dalam ketersediaan air di Asrama Haji,” ucap Sutrisno.

Di sisi lain, Arif Haryadian mengatakan PDAM Tirtanadi siap membantu kelancaran penyelenggaraan ibadah haji, khususnya dalam penyediaan air bersih di Asrama Haji Medan. Untuk menjaga kelancaran air di Asrama Haji, PDAM Tirtanadi menempatkan 6 orang petugas standby di asrama haji yang dibagi dalam 3 shift, bertugas secara bergantian selama 24 jam. “Jika ada kendala pendistribusian air di Asrama haji, pak Sutrisno dapat memberitahukan Petugas kami yang standby disini atau menghubungi saya,” ujarnya.

Baca Juga:  Sukseskan Program 100-0-100, Pemko Medan dan PDAM Tirtanadi Sosialisasi Sanitasi Air Limbah

Selesai berbincang dengan Kepala. UPT Asrama Haji, selanjutnya Arif Haryadian melihat kondisi 3 unit depot air siap minum yang ditempatkan di Asrama Haji Medan. Kepada Kacab Padang Bulan, Arif Haryadian meminta agar Petugas selalu membersihkan depot air siap minum setiap harinya dan mengganti kran nya apabila rusak.

Arif Haryadian juga menyempatkan diri berbincang dengan masyarakat yang sedang menggunakan depot air siap minum. Masyarakat mengaku bahwa mereka sangat terbantu dengan adanya depot air siap minum ini karena selain menghemat, mereka juga tidak perlu keluar cukup jauh membeli minuman. Kami sangat terbantu Pak dengan adanya air siap minum ini. “Kami menghemat pengeluaran dan juga tak perlu repot berjalan jauh keluar untuk membeli minuman,” kata seorang warga.

Baca Juga:  PDAM Tirtanadi Kirim Stafnya Jadi Direktur di PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur

Hanya saja warga bertanya kenapa pada saat pertama kran dibuka air yang keluar panas namun setelah beberapa saat airnya kemudian dingin.

Menjawab hal itu, Arif Haryadian menjelaskan bahwa air yang disupplai di Asrama Haji ini termasuk air di depot air siap minum ini bersumber dari Sibolangit yang masih alami dan dingin, tapi karena kran air terkena panas matahari maka air yang pertama keluar menjadi agak panas tapi setelah itu airnya akan dingin.

“Kami himbau para pengguna depot air siap minum agar terlebih dahulu membuang air yang keluar saat pertama kali kran di buka setelah itu baru dikonsumsi,” jelas Arif Haryadian, dan mengakhiri sidaknya dengan Sholat Jumat di Mesjid Namiroh di kompleks Asrama Haji Medan. (rel/kn-m09)

Related posts