Terdapat 1.222 Warga Curug Kembar Jadi Tunawisma, Pemkab Sukabumi Agar Percepat Relokasi

Anggota Fraksi PKS DPR RI, Yudi Widiana saat mengunjungi korban bencana longsor di Kecamatan Curug Kembar, Sukabumi.
Anggota Fraksi PKS DPR RI, Yudi Widiana saat mengunjungi korban bencana longsor di Kecamatan Curug Kembar, Sukabumi.

KarakterNews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi diminta segera relokasi korban bencana longsor dan pergeseran lahan di Kecamatan Curug Kembar ke tempat yang aman, dapat dipercepat dengan membuat surat permohonan dan menyediakan lahan untuk lokasi perumahan.

Permintaan ini disampaikan Anggota Fraksi PKS DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi), Yudi Widiana, setelah melihat kondisi para warga korban longsor di Desa Nagrek Jaya dan Cimenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (7/8/2016).

“Saya mendorong agar segera dibangun rumah gratis bagi korban bencana. Kami minta Pemkab Sukabumi segera membuat surat permohonan penyediaan lahan lokasi perumahan,” ungkap Yudi Widiana.

Untuk mempercepat proses itu, Politisi PKS ini menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun rumah khusus bagi para korban. Pasalnya, saat ini tercatat, ada 448 Kepala Keluarga atau sekitar 1.222 jiwa menjadi tunawisma.

“Saya berharap proses pengajuan bisa segera dilakukan, sehingga pembangunan rumah khusus di perkampungan baru dapat berjalan pada tahun ini. Sedangkan, lokasi perkampungan yang terkena bencana dapat dijadikan kawasan hijau untuk mencegah terjadinya longsor,” ungkap Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini.

Kata Yudi Widiana, fenomena tanah bergerak di Desa Nagrek Jaya bukan kali ini terjadi, tapi bencana serupa pernah terjadi pada tahun 2012 dan menyebabkan puluhan rumah rusak. Untuk Desa Cimenteng baru pertama kali terkena fenomena,” ungkapnya didampingi tim dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan SAR Nasional dan Badan Penanggulangan Bencana Pusat. (rel/kn-m08)

Related posts