December 17, 2017

Tercatat, 17 LSM Fiktif Terbukti Terima Dana Bansos Sumut 2011-2013

Jakarta – Ketua Tim Penyidik Perkara Bansos Sumut pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Victor Antonius mengungkapkan, tercatat ada 17 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) fiktif yang terbukti menerima dana Bantuan Sosial (Bansos) di Summatera Utara (Sumut) 2011-2013. Fakta itu ditemukan setelah Tim Penyidik Kejagung melakukan investigasi langsung kelapangan, beberapa waktu lalu di Sumatera Utara.

Selain itu, Tim Penyidik Kejagung juga sudah memiliki dugaan terhadap sejumlah pihak yang harus bertanggungjawab atas perkara dugaan korupsi penyaluran dana bantuan sosial (Bansos) di Sumatera Utara pada periode 2011-2013. Namun, siapa aktor di balik kasus yang menimbulkan kerugian negara hingga mencapai Rp 2,5 miliar ini, belum bisa dibongkar.

Baca Juga:  Dana Bansos Rp 26 Triliun Di 23 Kementerian Ditarik

Memang sudah ada benang merah, siapa yang bertanggungjawab atas penyimpangan dana Bansos itu,” sebut Victor Antonius di Kantor Kejaksaan Agung, Kamis (29/10/2015). Tetapi, untuk membuktikan dugaan itu, Kejaksaan Agung akan terus melakukan pencarian data-data terkait dugaan korupsi itu, dan bila diperlukan, maka Tim Kejagung akan kembali turun ke Sumut setelah hasil perhitungan kerugian negara dilakukan oleh BPK RI. (oz.c/kn-08)

Related posts