Tahun Ini, Utang Indonesia Rp 400 Triliun Dibayar

Ilustrasi.

KarakterNews.com – JAKARTA – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menyebutkan utang jatuh tempo yang bakal dibayar Pemerintah Indonesia pada Tahun 2018, berjumlah sekitar Rp 400 triliun.

Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR Kementerian Keuangan, Suminto menjelaskan, utang jatuh tempo pada Tahun 2018 ini sebesar 10,4% dari total utang pemerintah yang mencapai Rp 4.034,8 triliun per Februari tahun ini. “Utang kita yang jatuh tempo untuk 2018 itu sekitar 10%, berarti sekitar Rp 400 triliun dari total utang,” ungkapnya, di DPP Taruna Merah Putih, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Disebutkan Suminto, besar utang jatuh tempo yang harus dibayarkan pemerintah itu masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara lain, seperti Turki yang sebesar 12,8%, Afrika Selatan sebesar 15%, Ceko sebesar 20%, Inggris sebesar 23,5%, dan Brasil sebesar 24%. “Kepada seluruh masyarakat agar tidak mengkhawatirkan mengenai jumlah utang pemerintah. Karena, pengelolaannya sudah sesuai koridor yang ada dalam UU Keuangan Negara,” imbaunya.

Baca Juga:  Utang Indonesia Rp 3.667,41 Triliun, Tergolong Wajar

Suminto mengemukakan, Pemerintah Indonesia juga menggunakan utang untuk hal-hal yang produktif, yakni pembangunan infrastruktur, bukan untuk hal-hal konsumtif. “Utang ini untuk sesuatu yang produktif, celaka kalau kita sekedar untuk konsumsi, habis utang tidak menghasilkan apa-apa,” ujarnya. (kn-m09)

Related posts