November 23, 2017

Tahun 2020, 5 Juta Pekerjaan Digantikan Robot

robot-manusiaKarakterNews.com – Peningkatan kemampuan dan kepintaran robot menyebabkan sekitar 5 jutaan pekerja akan kehilangan pekerjaannya di 15 negara maju. Penelitian ini diungkapkan sebagai laporan dari Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang diadakan di Swiss, 20-23 Januari mendatang.

Berbagai pekerjaan mulai dari pekerjaan pabrikan hingga kesehatan akan diambil alih oleh robot, sehingga manusia tidak dibutuhkan lagi dalam pengerjaannya.

Organisasi Pekerja Internasional (ILO) telah memprediksi 11 juta pengangguran global pada tahun 2020 mengingat bertambahnya pengangguran sekarang ini.

Jenis pekerjaan yang diperkirakan akan diambil alih oleh robot adalah administrasi dan pekerjaan kantoran. Hal ini sesuai dengan survei yang diadakan terhadap bagian personalia dan strategi.

Sementara disisi lain, akan ada permintaan khusus terhadap kemampuan para pekerja seperti analisis data dan spesialis penjualan.

Baca Juga:  Federasi Serikat Pekerja-RTMM Sumut Fokus Urusi Pekerja

Pengangguran terbanyak akan dialami oleh pekerja wanita mengingat jenis pekerjaan wanita tidak terlalu berdampak pada perusahaan.

Demi mengantisipasi kemungkinan terburuk, peningkatan kemampuan pekerja harus segera dilakukan. Hal ini harus seiring dengan perubahan teknologi, banyaknya penggangguran, dan meningkatnya ketidaksetaraan. (rtc/kn)

Related posts