November 23, 2017

Tahun 2016, Erry Nuradi Rangking 5 Gubernur Terpopuler

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi foto selfie dengan mahasiswa, beberapa waktu lalu.
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi foto selfie dengan mahasiswa, beberapa waktu lalu.

KarakterNews.com – MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menjadi Gubernur terpopuler yang paling banyak diberitakan di media massa pada Tahun 2016.

Dengan jumlah 12.823 pemberitaan, dari 6.874.628 pemberitaan pada 1.443 media online sejak 1 Januari hingga 5 Desember 2016, telah menempatkan Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi menduduki posisi rangking 5, mengungguli Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin dan Gubernur Jawa Timur.

Hal ini dikemukakan oleh Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam siaran pers hasil riset bertajuk “Nama dalam Berita” yang direlisnya, Sabtu (31/12/2016). Indonesia Indicator adalah sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence).

Baca Juga:  Mulai Dibangun, Pasar Tradisional Nawacita di Desa Sampali

Berdasarkan riset yang dilakukan Indonesia Indicator, Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga diposisi pertama Gubernur terpopuler yang paling banyak diberitakan di media massa pada 2016 dengan jumlah ekspose media 278.052 berita. “Ahok diberitakan rata-rata 23 ribu pemberitaan setiap bulannya, dengan puncak pemberitaan di bulan November mencapai 62.003 pemberitaan, mengalahkan pemberitaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di waktu yang sama, yakni 47.593 pemberitaan.

Faktor yang menyebabkan ekspos mengenai Ahok sangat tinggi, satu diantaranya karena posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta, sikapnya yang selalu mengundang reaksi publik baik pro dan kontra, posisi Pilkada DKI, dan kasus dugaan penistaan agama yang menerpa Gubernur DKI Jakarta non aktif tersebut.

Baca Juga:  22 Driver Bawa Rombongan Presiden Jokowi ke Madina, Satu Positif Pakai Ganja

Untuk posisi kedua ditempati oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dengan 15.803 pemberitaan selama 2016, posisi ketiga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 15.142 pemberitaan.

Selanjutnya untuk posisi rangking empat hingga kesepuluh, masing-masing diduduki oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (14.177 pemberitaan), Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi (12.823 pemberitaan), Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin (11.430 berita), Gubernur Jawa Timur Soekarwo (9.032 berita).

Rangking ke delapan diduduki Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jambi Zumi Zola, dan rangking ke-sepuluh ditempati Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi. (kn-m08)

Related posts