November 23, 2017

Siswa SMANSA Matauli ‘Hipnotis’ Pengunjung PRSU, Pj Bupati Tapteng Apresiasi

KarakterNews.com – MEDAN – Seni Budaya Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) digelar pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), dengan berbagai penampilan kesenian dan kebudayaannya, Sabtu (1/4/2017) malam.

Berbagai penampilan seni dan budaya berhasil menghipnotis pengunjung di open stage PRSU di Jalan Gatot Subroto, Medan, dimulai dari tari-tarian dari Sanggar Kamista dan para siswa SMA Negeri 1 (SMANSA) Matauli Pandan, lagu khas pesisir dan Tapanuli dibawakan Deta Voice, tiga dara cantik asal Kecamatan Tukka Tapteng dan Putri Mey Suryani Pasaribu, artis lokal asal Tapteng.

Pengunjung semakin terpukau, saat sesi drama musikalisasi yang diperankan 5 orang pemeran dari jebolan Duta Wisata Tapteng 2016, masing-masing Azhari Senja Siahaan sebagai Bone, Susan Hutabarat sebagai Ijah, Andrian Sibarani dan Putri Melinda sebagai pemeran pembantu dan Roy Fismal Tanjung sebagai kakek menjadikan suasana open stage yang dipenuhi seribuan penonton itu semakin riuh dan sesekali dipenuhi tawa.

Drama yang di sutradarai Khairil L Fauzi ini berjalan sempurna dengan lighting dan sound yang memadu. Tidak lupa, alur pagelaran yang dipandu Telangkai Muhammad Taufik.

Sementara itu, Pj Bupati Tapteng Bukit Tambunan mengapresiasi pagelaran seni dan budaya yang telah diprakarsai Dinas Pariwisata Tapteng. “Pagelaran seni budaya ini menjadi ajang promosi tersendiri di sektor kepariwisataan Kabupaten Tapteng. Cukup banyak objek wisata di Tapteng yang potensial untuk dikembangkan, bahari, alam, kuliner, religi dan sejarah,” ungkapnya.

Menyinggung kehadiran Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu di Kabupaten Tapteng meresmikan Tugu Titik Nol Islam Nusantara di Kecamatan Barus, kata Pj Bupati Tapteng, kehadiran orang nomor 1 di Indonesia ke Tapteng, turut mendongkrak penataan kepariwisataan serta mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan.

Ketika itu, Presiden Jokowi mengingatkan, soal Bandara di Tapteng harus dikembangkan, sehingga suatu saat Boeing bisa mendarat. “Pak Presiden juga mengingatkan soal pelabuhan yang sedang dibangun di Barus, juga harus segera diselesaikan. Kita yakin dan percaya Kabupaten Tapteng kedepan akan semakin maju, sehingga dalam kurun waktu 5 tahun, Tapteng akan memiliki objek wisata yang tak kalah dengan daerah lain,” ungkap Bukit Tambunan.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Tapteng, Sapwan Pohan menuturkan pagelaran seni dan budaya ini secara substansial diharapkan menjadi stimulus pengembangan di sektor kepariwisataan. “Saya berharap para perantau asal Kabupaten Tapteng di berbagai daerah, dapat bersinergi dalam membangun daerah asalnya. Pagelaran ini diharapkan bisa mendorong sektor kepariwisataan di Tapteng,” ujarnya.

Secara terpisah, Kadis PU Kabupaten Tapteng Harmi Marpaung juga mengapresiasi penampilan Pagelaran Seni Budaya tersebut. “Kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Tapteng yang menjadi potensi kepariwisataan harus senantiasa dijaga,” ujarnya. (kn-m09)

Related posts