December 17, 2017

Sidak BBPOM Medan Temukan, Makanan dan Minuman Ilegal Dijual di Smarco Superstore

bpom_resizeKarakterNews.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, secara tiba-tiba melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Pusat Perbelanjaan, Kamis (9/6/2016). Dari hasil sidak ditemukan, Smarco Superstore berlokasi di Jalan Ringroad, menjual produk makanan dan minuman ilegal.

Petugas BPOM Medan, sewaktu sidak di Smarco Superstore mendapatkan produk makanan dan minuman ilegal yang dijual. Akibatnya, produk-produk dari berbagai merk langsung disita oleh petugas dan dibawa ke Kantor BPOM Medan. “Ada tujuh item produk yang kita sita, karena tanpa izin edar. Jadi belum melalui evaluasi dan analisa oleh BPOM,” ungkap Kepala BBPOM Medan M Ali Bata Harahap kepada wartawan, Rabu (9/6/2016).

Kepala BBPOM Medan M Ali Bata Harahap mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan terkait pengawasan pangan saat Ramadhan dan Idul Fitri. “Kegiatan inspeksi mendadak ini merupakan bagian dari kegiatan rutin mengawasi peredaran makanan, minuman, produk kosmetik dan obat di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Pengawasan BPOM, kata Ali Bata, akan intesif dilakukan mengingat permintaan terhadap produk makanan dan minuman semakin tinggi saat memasuki Hari Raya Idul Fitri. Untuk melindungi masyarakat, BPOM Medan tetap terus melakukan pengawasan dimana pun, dimulai dari mal, pasar tradisional, warung dan kios,” sebutnya, menegaskan pihaknya akan terus mengintensifkan pengawasan.

Selain menyita produk ilegal dari Smarco Superstore, disebutkan Ali Bata, pihaknya juga akan memanggil pengelola pusat perbelanjaan Smarco Superstore. “Kita akan segera memproses temuan ini sesuai dengan SOP yang ada, sebab terkait temuan ini, tidak tertutup kemungkinan, pengelola akan dijerat UU Pangan dengan ancaman dua tahun penjara atau denda Rp 4 miliar,” pungkasnya.

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita sudah sampaikan edaran bagi pelaku usaha baik mal, distributor, importir untuk tidak mengedarkan produk tanpa izin edar. Jika tidak mengindahkan himbauan dan permintaan BPOM Medan, maka kita sita produk ilegal dan pemiliknya di proses sesuai SOP,” tegas Ali Bata.

Dari informasi diperoleh, selain Smarco Superstore, BPOM Medan juga melakukan pemeriksaan di beberapa Pasar tradisional, diantaranya Pasar Sei Sikambing. (kn-m07)

Related posts