Siaga I, Gafatar Nggak Ada Izin Di Sumatera Utara

gafatar3_resizeKarakternews.com – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Ngadino mengemukakan, status keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Sumatera Utara Siaga I. Situasi ‘genting’ itu menyikapi aksi teror yang terjadi di Jakarta, pada Kamis (14/1/2016) lalu.

“Pak Kapolda sudah mengeluarkan Telegram Rahasia (TR), Polda Sumut dan jajaran dalam status Siaga I,” tegas Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf, pada wartawan, Jumat (15/1/2016).

Kata Helfi Assegaf, situasi Kamtibmas Siaga I itu berlaku hingga ke seluruh jajaran di Indonesia. Siaga I pengamanan itu diberlakukan sejak Kamis kemarin, dan belum ditentukan batas waktunya. “Belum ditentukan status Siaga I ini sampai kapan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Natal dan Tahun Baru, Rakyat Inginkan Sumut Kondusif, Sembako Tersedia dan Listrik Tak Padam

Dari pengamatan dilapangan, personel Brimob dan Sabhara telah dikerahkan untuk melakukan patroli mobile baik berkendaraan maupun terfokus di satu titik ramai yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas secara terbuka dan tertutup. “Seluruhnya kita amankan, tanpa terkecuali. Seperti tempat penjualan makanan cepat saji dan konsulat-konsulat di Sumut,” tegas Kombes Helfi.

Ditanya terkait adanya kelompok ataupun komunitas yang menamakan diri Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Sumut, ditegaskan Helfi, Gafatar tidak sempat tumbuh dan berkembangkan di Sumut. Tapi, pada tahun 2014 ada sebuah kelompok Gafatar di daerah mengajukan izin pembentukan kepada pemerintah, namun tidak diberikan, bahkan sewaktu tahun 2014 lalu, ada pernah di Binjai kelompok Gafatar mengajukan permohonan izin, tapi ditolak oleh Pemerintah Kota,” pungkasnya. (kn-m09)

Related posts