December 15, 2017

Sesuai Akademisi & Hukum, Ketua Yayasan Prof. Zainuddin dan Rektor UISU Prof. Mhd Asaad

Medan – Koordinator Kopertis Wilayah I, Prof. Dian Armanto, M.Pd, MA, M.Sc, Ph.D menegaskan, Yayasan yang berhak menjadi Badan Penyelenggara dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) adalah Yayasan UISU dipimpin Prof. Dr. Zainuddin, MPd selaku Ketua Umum Yayasan dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) UISU dipimpin Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si sebagai Rektor.

reuisu
Ketua Pembina Yayasan UISU Raja Muda Osman Deli Khan menyaksikan Ketua Umum Yayasan UISU Prof.Dr.Zainuddin MPd menyerahkan Surat Keputusan kepada Rektor UISU Dr. Ir. Mhd. Asaad M.Si periode 2015-2019, usai dilantik. (lihat foto)***

Penegasan ini dikemukakan Koordinator Kopertis Wilayah I dalam surat tertulisnya Nomor : 320/K.1.2.1/KI/2015 tertanggal 30 September 2015, yang diterima awak media, Rabu (28/10/2015), dimana suratnya itu juga ditembuskan kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Sekretaris Jenderal Kemristekdikti, Inspektur Jenderal Kemristekdikti, Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, Ketua BAN PT, Ketua Umum Perkumpulan LAM PTKES di Jakarta dan Ketua APTISI Wilayah IA Sumatera Utara.

Baca Juga:  UISU Harus Tua dan Kaya Seperti Harvard University

Dalam surat itu disebutkan, bahwa dasar akademis penyelenggaraan UISU oleh Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si, yakni Surat Menteri Pendidikan Nasional Nomor 131/MPN/DT/2009 tertanggal 11 September 2009, Surat Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti Nomor 3226/E2.2/2012 tanggal 16 Mei 2012 perihal Akreditasi UISU, Surat Edaran Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 929/BAN-PT/LL/2012 tertanggal 7 Juni 2012 perihal legalitas UISU Medan.

Selain itu, Yayasan UISU sebagai Badan Penyelenggara PTS UISU serta Universitas Islam Sumatera Utara dan Program Studinya memiliki ijin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta terdaftar pada PD DIKTI, forlap.dikti.go.id, laman kopertis1.or.id dan Direktori PTS Sumatera Utara Kopertis Wilayah I Sumatera Utara.

kopertis
Koordinator Kopertis Wilayah I, Prof Dian Armanto MPd, Ph.D ketika memberikan kata sambutan pada acara pelantikan lima Pembantu Rektor UISU. (lihat foto)***

Koordinator Kopertis Wilayah I, Prof Dian Armanto MPd, Ph.D ketika memberikan kata sambutan pada acara pelantikan lima Pembantu Rektor UISU. (lihat foto)***

Baca Juga:  Dari Seminar Internasional FE UISU, GCG Diperlukan Jaga Hidup Perusahaan

Kemudian, Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor; 8/KPT/I/2015 tertanggal 15 September 2015, tentang Pembukaan Prodi Pendidikan Dokter Program Sarjana dan Prodi Profesi Dokter Program Profesi pada Universitas Islam Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Yayasan UISU.

Sedangkan dasar hukum Yayasan, juga disebutkan dalam surat tersebut, Yayasan UISU telah tercatat pada Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan Surat Direktur Jenderal AHU Nomor ; AHU-AH.01.06-1042 tertanggal 24 Nopember 2014, yang berkedudukan di Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, sesuai Akta Nomor 9 tanggal 17 Desember 2013 dan Akta Nomor 10 tanggal 17 Desember 2013. Bahkan, sebelumnya, Yayasan UISU juga tercatat pada Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan Surat Direktur Jenderal AHU, Nomor AHU-AH.01.08-418 tertanggal 16 Juli 2009.

Hak pengelolaan Yayasan UISU dipimpin Prof. Dr. Zainuddin, MPd sebagai Ketua Umum Yayasan UISU dan Perguruan Tinggi Swasta dipimpin oleh Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si, juga diperkuat dan dipertegas, sesuai Surat Dirjen AHU Kemenkumham Nomor C.H.T.01.10-14 tertanggal 3 April 2007, tentang penegasan Yayasan UISU yang sah, dimana Departemen Hukum dan HAM RI mengakui Yayasan UISU dan Dewan Pimpinan Yayasan UISU yang dipimpin Hj. Sariani Amiraden Siregar sebagai Yayasan yang sah, saat itu Pengurus Yayasan UISU dipimpin oleh Prof. Usman Pelly, MA dan sekarang Yayasan UISU dipimpin oleh Prof. Dr. Zainuddin M.Pd. (kn/m-07)

Related posts