SDM Dimiliki Lemah, Pemilu 2019 Ini KPU Sudah Miliki 549 Tenaga Ahli

Komisioner KPU RI.

KarakterNews.com – JAKARTA – Akibat lemahnya kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, sehingga kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum bisa optimal. Apalagi, banyak staf KPU, terutama di tingkat Provinsi ke bawah, tidak menguasai tugas pokok penyelenggaraan pemilu.

Ketua KPU Arief Budiman membeberkan, bahwa pegawai KPU yang bertugas di daerah cenderung lebih mengurusi persoalan rekrutmen SDM, persiapan kantor, pembangunan infrastruktur kantor dan urusan lain yang justru menyebabkan anggaran tidak berimbang.

“Ini adalah kelemahan kita. Banyak pegawai di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota yang lebih mengedepankan urusan bersifat second line ketimbang urusan utamanya, yakni pemungutan dan penghitungan suara, pemutakhiran data pemilih, dan penyiapan data logistik,” ungkap Arief Budiman, Rabu (20/12/2017).

Baca Juga:  Calon Parpol Peserta Pemilu 2019 Daftar 3-16 Oktober, Partai Idaman dan PSI Datangi KPU Sumut

Sebagai lembaga baru, dikatakan Arief, KPU belum bisa melakukan rekrutmen pegawai secara mandiri. SDM yang bertugas masih disuntik dari Kementerian Dalam Negeri serta pegawai pemerintah daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Namun, secara perlahan KPU mulai berbenah dengan menjaring pegawai secara mandiri di tahun berikutnya. Sejauh ini, sebagian pegawai telah berstatus organik, sedangkan sisanya tercatat sebagai pegawai pemda.

Program Pascasarjana Ilmu Politik Peminatan Tata Kelola Pemilu yang diluncurkan KPU dan Universitas Indonesia diharapkan dapat mencetak SDM penyelenggara pemilu yang profesional. Diharapkan, sebelum pelaksanaan Pemilu 2019, KPU sudah memiliki 549 tenaga ahli tata kelola pemilu.

“Hingga kini kita sudah memberikan beasiswa kepada 273 mahasiswa yang semuanya adalah staf KPU, baik di pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Jadi, kita masih butuh dua kali lipat lagi untuk bisa tercapai target ini di 2019. Penyediaan dana beasiswa itu berasal dari pos anggaran rutin KPU,” kata Arief Budiman.(mi.c/kn-m10)

Related posts