November 23, 2017

“Saya Terima Gaji & Uang SPPD Saja”

Medan – Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 dari Fraksi Partai Golkar, Richard Eddy Marsaut Lingga, saat diperiksa penyidik KPK di Mako Brimob Polda Sumatera Utara, mengaku dirinya hanya menerima gaji dan uang SPPD, sewaktu menjadi wakil rakyat di Gedung DPRD Sumatera Utara.

“Kepada penyidik KPK, saya jelaskan, selama menjadi anggota DPRD Sumut yang diterima hanya gaji dan uang SPPD (surat perintah perjalanan dinas) saja, jika yang lain-lain, saya tak tahu,” aku Richard Lingga, saat ditemui wartawan, Senin (16/11/2015), usai menjalani pemeriksaan selama tujuh jam di Mako Brimob Polda Sumatera Utara.

Ditanya soal kasus yang menyeretnya, Richard Lingga mengaku tidak tahu sama sekali. Ketika itu dirinya tidak duduk sebagai anggota badan anggaran (banggar). “Saya bukan banggar. Kalau mereka tadi ada yang banggar, seperti teman-teman yang diperiksa, itulah yang lama diperiksanya. Penyidik KPK itu mempertanyakan bagaimana proses pengajuan P-APBD dan R-APBD di banggar. “Itulah yang pakai catatan-catatan, kayaknya penyidik KPK fokuskan di situ,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kasus Suap Gatot, KPK Periksa 28 Saksi di Markas Brimob

Dibagian lain, kader Partai Golkar ini mengatakan penyidik bertanya sekaitan masalah yang mendera Gubernur Sumatera Utara non aktif, Gatot Pujo Nugroho. “Normatif aja pertanyaannya. Kita diminta sebagai saksi untuk Gatot Pujo Nugroho dan teman-teman yang lima orang sebagai tersangka,” sebutnya.

Menyangkut dugaan suap interpelasi yang melibatkan sejumlah pimpinan dewan dan anggota dewan, Richard Lingga mengaku tidak tahu menahu apabila selama proses pengajuan interpelasi, ada sejumlah anggota dewan yang menerima suap. “Iya, memang interpelasi dilakukan tiga kali dalam masa kita di periode 2009-2014, pertama kita lakukan paripurna. Setelah paripurna pertama, di paripurna kedua dan ketiga pengajuan interpelasi gagal. Gagalnya paripurna, lantaran ada sebagian anggota dewan yang mendukung penundaan interpelasi itu,” paparnya. (kn/m-07)

Related posts