September 22, 2018

Reshuffle Kabinet Kerja, Tak Hanya Airlangga dan Khofifah

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. (ist)

KarakterNews.com – JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) diprediksi tak hanya me-reshuffle Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Tapi juga me-reshuffle Menteri lainnya.

Dikatakan Hendri Satrio (Pengamat Politik dari Universitas Paramadina) menduga Menteri di Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, bakal terkena reshuffle merupakan sosok Menteri yang dinilai menggerus elektabilitas Presiden Jokowi.

Apabila reshuffle sekarang, kemungkinan bertujuan membentuk Tim Sukses menuju Jokowi dua periode. Jadi yang diganti adalah Menteri yang dapat menggerus citra,” ungkap Hendri Satrio, Kamis (11/1/2018). Selain berpotensi menggerus citra, Presiden Jokowi diprediksi juga akan reshuffle menteri yang berasal dari Partai Politik (Parpol) yang agenda politiknya tidak sejalan dengan pemerintah.

Baca Juga:  Kata OSO, Jokowi Tak Suka Keributan Dipertontonkan Pada Rakyat

“Faktor kinerja akan jadi pertimbangan (dalam reshuffle). Namun bukan faktor utama. Sekarang mungkin terpilih dua periode menjadi prioritas utama Jokowi. Karena percuma semua kerja, bila gagal dua periode. Yang dikerjakan tak selesai,” ungkap Hendri.

Sekedar diketahui, merebaknya isu reshuffle Kabinet Kerja setelah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendaftarkan diri menjadi calon Gubernur di Pilkada Jawa Timur. (kn-m08)

Related posts