Rayakan Hari Ulos 17 Oktober, Anggota DPR Berikan Dukungan

rooslynda-marpaung_resizeKarakterNews.com – Anggota DPR RI asal Sumatera Utara Rooslynda Marpaung mendukung kegiatan hari ulos ke-2 yang akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2016 mendatang, di Hotel Danau Toba Internasinal Medan, dan berjanji akan hadir dalam acara tersebut.

Keinginan menghadiri perayaan hari Ulos itu disampaikan Rooslynda Marpaung, saat berdiskusi dengan Panitia Hari Ulos diantaranya Pembina Wilmar E Simanjorang, RAY Sinambela, Ketua Umum Enni Martalena Pasaribu, Ria Simanjuntak dan Royana Marpaung (lihat foto), di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Kegiatan yang berkaitan dengan budaya, bukan saja seremonial. Namun ada kaidah-kaidah yang bisa dipetik, baik nilai luhur suatu suku bangsa maupun nilai sosialnya. Dalam hal ini, berbicara ulos juga berkaitan dengan taraf ekonomi, yaitu ekonomi kreatif bagi para pengrajin ulos atau partonun,” kata Politisi Partai Demokrat ini.

Kata Rooslynda Marpaung, banyak cara untuk melestarikan budaya yang telah diwariskan nenek moyang kita sejak turun-temurun, satu diantaranya dengan mengenalkan budaya itu ke generasi muda, menjadikan warisan budaya sebagai kerajinan yang bernilai ekonomi dan banyak hal lainnya. “Saya akan hadir pada perayaan hari ulos yang diselenggarakan di Medan nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Hari Ulos Enni Martalena Pasaribu menjelaskan perayaan hari ulos ini bukan hanya seremonial belaka, tapi melainkan untuk mendorong pemerintah agar dapat menetapkan 17 Oktober sebagai hari ulos nasional.

“Langkah kita selanjutnya, disamping melakukan pembinaan terhadap partonun, kita berencana mendaftarkan ulos menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO, dengan demikian, jaminan akan kelestarian ulos sebagai karya budaya Sumatera Utara akan semakin kuat,” ujar Enni Martalena. (kn-m09)

Related posts