November 23, 2017

Program KB Wujudkan Keluarga Berkualitas

Karakternews.com – Keluarga Berencana merupakan program pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak, keluarga serta masyarakat pada umumnya. Berhasilnya program Keluarga Berencana diharapkan dapat menurunkan angka kelahiran, sehingga laju pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan.

“Program KB ini bertujuan mewujudkan keluarga berkualitas melalui promosi, perlindungan dan bantuan dalam mewujudkan hak-hak reproduksi serta membina ketahanan dan kesejahteraan keluarga,” kata Penjabat Walikota Medan diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Tunggar,SH, saat membuka diklat Penyuluh KB, Selasa (24/11/2015) di Hotel Grand Antares.
Kata Tunggur, penyuluh KB sebagai ujung tombak yang memiliki peran cukup penting sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator dalam menggerakkan masyarakat, terutama pada wilayah kelurahan dalam pengelolaan dan pelaksanaan program keluarga berencana ditingkat lapangan. “Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) di lingkungan Pemerintah Kota Medan dipandang cukup penting dan strategis sebab akan dapat meningkatkan pemahaman, wawasan dan kemampuan para petugas penyuluh KB.

Sementara itu, Fakhruddin, SH selaku Kepala Kantor Diklat Kota Medan mengatakan, Diklat ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap penyuluh KB dalam memantapkan dan menjaga Keberlangsungan pelaksanaan program kependudukan dan Keluarga Berencana di Kota Medan.

“Indikator keberhasilan KB ditandai dengan kemampuan peserta mengenai perencanaan program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dalam pembangunan daerah. Peserta diklat diikuti 60 orang, terdiri dari pejabat Fungsional Penyuluh KB (PLKB) dari tiap-tiap Kecamatan se Kota Medan, peserta dibagi 2 angkatan, yang dilaksanakan selama 7 hari, dimulai Selasa 24 Nopember hingga 1 Desember 2015 di Hotel Grsnd Antares,” sebut Fakhruddin.(kn/m-08)

Related posts