December 15, 2017

Program BBM Satu Harga Mulai Rambah Nias Barat

Ilustrasi SPBU.

KarakterNews.com – JAKARTA – Program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga, mulai merambah Kecamatan Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatra Utara dengan adanya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak Lahomi.

Berdasarkan keterangan resmi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), SPBU Kompak Lahomi memiliki dua tangki pendam dengan kapasitas masing-masing 15 kiloliter (kl) Premium dan 15 kl Biosolar. Pasokan BBM untuk SPBU ini berasal dari Terminal BBM Gunung Sitoli yang berjarak sekitar 58 kilometer (km) dari SPBU Kompak Lahomi. Kabupaten Nias Barat terdiri dari delapan Kecamatan dan 105 Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 92.000 jiwa.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Harya Adityawarman menyebutkan, lembaga penyalur baru di Nias Barat ini merupakan titik ke-32 yang telah beroperasi sejak awal 2017.

Pemerintah melalui program BBM satu harga menyamakan harga solar dan Premium di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Dengan berdirinya SPBU ini, Kementerian ESDM Harya Adityawarman mengimbau agar BBM yang tersedia bisa dinikmati masyarakat bukan pengecer yang akan mengutip keuntungan dari tiap liter BBM. “Ini adalah SPBU pertama di Nias Barat. Jangan nanti BBM diborong atau dijual ke pengecer,” ujarnya.

Keberadaan SPBU Kompak Lahomi akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan BBM sehingga bisa mendapatkan harga yang sama seperti di Pulau Jawa, yaitu Rp 6.450 per liter untuk Premium dan Rp 5.150 per liter untuk solar. Sebelumnya, warga harus menempuh jarak sejauh 20 km ke arah Sirombu dan 50 km ke arah Gunung Sitoli untuk membeli BBM seharga Rp 7.000 hingga Rp 9.000 per liter. (bnis.c/kn-m10)

Related posts