December 15, 2017

PP Muhammadiyah : NKRI Dalam Ancaman, Hanya Isu

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr Haedar Nashir saat memberikan kata sambutan. (Ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menegaskan, kabar kesatuan Indonesia dalam ancaman hanya isu belaka.

“Ada kelompok tertentu yang menyebarluaskan isu keretakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini. “NKRI dalam ancaman itu politik sebenarnya. Isu politik. Karena mayoritas di negara ini, apapun sukunya, rasnya, agamanya, kelompoknya, tidak ada yang ingin meruntuhkan dan membubarkan NKRI,” tegas Haedar Nashir, saat Resepsi Milad Muhammadiyah ke-105 di Medan, Sabtu (2/12/2017) malam.

Dikemukakan Haedar, ada kelompok tertentu yang sengaja menciptakan isu itu untuk menunjukkan eksistensi mereka. Kelompok ini rela menciptakan isu-isu yang menguras perhatian bangsa demi keuntungan mereka sendiri. “Lebih karena ingin eksisnya sebuah kelompok dalam percaturan politik,” ujarnya.

Baca Juga:  Soal Aliran Kepercayaan, Muhammadiyah Berikan Catatan

Kata Haedar, permasalahan bangsa merupakan tugas dan kewajiban pemerintah untuk menyelesaikannya. Namun, rakyat pun, lanjutnya, tentu tak bisa tinggal diam. “Kita juga tidak bisa diam karena kita bagian dari bangsa ini. Dalam titik yang paling krusial, kita bisa memberi solusi,” ujarnya.

“Semua pihak, termasuk jemaah Muhammadiyah, harus memiliki komitmen kebangsaan yang lahir dari semangat yang tulus, ikhlas dan jujur. Dengan begitu, tidak akan ada yang menciptakan dan terpengaruh dengan isu keretakan NKRI. Seluruh pihak pun akan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keutuhan bangsa.

“Kejujuran berbangsa itu seperti hidup berumah tangga. Di satu sisi amar ma’ruf, di sisi lain nahi munkar. Kritik itu bentuk sayang Muhammadiyah terhadap negara,” pungkas Haedar Nashir. (rel/kn-m10)

Related posts