PMI Sumut Laksanakan Pelatihan Manajemen POSKO PMI

pmisumut_resizeKarakterNews.com – Palang Merah Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PMI Sumut) melaksanakan Pelatihan Manajemen POSKO PMI se Provinsi Sumatera Utara, dimulai Selasa (20/9/2016) sampai Sabtu (24/9/2016) di Hotel Grand Sakura.

Sebanyak 18 peserta perwakilan dari staf PMI Provinsi Sumatera Utara, Staf PMI Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara dan satu orang peserta Perwakilan Kru Ambulans PMI Kota Medan mengikuti Pelatihan Manajemen POSKO PMI tersebut.

Pelaksanaan Pelatihan Manajemen POSKO ini dimaksudkan, tersedianya personil in Charge (PIC) POSKO di POSKO PMI Provinsi Sumatera Utara dan POSKO PMI Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara serta pemahaman tentang POSKO.

DR M Fitri Ramadana SE,MSi selaku pengurus PMI Bidang PMR dan Relawan PMI Provinsi Sumatera Utara, saat membuka pelatihan tersebut mengemukakan, PMI dalam memenuhi tanggungjawabnya untuk memberikan
pelayanan terbaik kepada mereka yang membutuhkan, maka diperlukan adanya kesadaran kolektif agar  PMI melakukan penguatan kapasitas untuk melaksanakan mandat utama, yakni tugas-tugas bantuan pertama pada tiap-tiap bencana alam atau perang.

Baca Juga:  Dirut PDAM Tirtanadi Teken MoU, Perpamsi Sumut Gelar Pelatihan Manajemen

Dalam kontek ini, pelayanan tanggap darurat harus ditempatkan pada prioritas sangat tinggi. Disamping itu, PMI juga harus terlibat lebih aktif pada upaya ke arah hulu, yakni upaya kesiap siagaan dan pengurangan risiko bencana.

Untuk fasilitator/pelatih dari PMI Pusat dua orang dan PMI Provinsi Sumatera Utara satu orang. Dalam pelatihan, selain diberikan teori juga dilakukan Simulasi POSKO. (kn-m09)

Related posts