December 17, 2017

Plt Gubsu Harapkan Semua Pihak Ciptakan Pemilukada Aman

Rakor Persiapan_resizeKarakternews.com – H-5 menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada Rabu, 9 Desember 2015, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan akhir Pelaksanaan Pemungutan Suara Pilkada di Aula Martabe Lantai 2 Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jumat (4/12/2015).

Rakor tersebut dipimpin Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt. Gubsu), H. Erry Nuradi, dihadiri Bupati/Walikota, KPU Sumut dan jajarannya dan Bawaslu Sumut dan jajarannya dari 23 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada serentak se Sumatera Utara, Sekda Provsu Hasban Ritonga, unsur Forkominda, Polda Sumut dan Kodam I/BB.

Plt Gubsu mengharapkan rapat koordinasi yang dilaksanakan dapat ditemukan solusi dari kendala-kendala dan permasalahan yang ada terkait persiapan pilkada serentak di 23 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. “Saya berharap semua pihak siap melaksanakan tugas masing-masing dan mampu mewujudkan Pemilukada yang damai,” ujar Erry Nuradi.

Informasi diperoleh Desk Pilkada Provinsi Sumatera Utara dan rilis dari Kementerian Dalam Negeri, masih terdapat kendala yang berkaitan dengan pencairan anggaran untuk kebutuhan KPU dan Panitia Pengawas Pemilihan di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Plt Gubsu Erry Nuradi menyadari, pembiayaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah kewajiban masing-masing kepala daerah dan jumlah nominalnya relatif besar, karenanya perlu kecermatan semua pihak. “Apa yang telah disepakati antara pemerintah daerah dan penyelenggara dapat direalisasikan dengan tetap mempedomani ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Plt Gubsu meminta kepada Pemerintah Daerah yang melaksanakan Pilkada, agar libur nasional pada tanggal 9 Desember 2015 dapat dipublikasi dan disosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat benar-benar memperoleh informasi terkait hari libur pada pesta demokrasi 9 Desember mendatang.(kn/m-07)

Related posts