September 22, 2018

PIN Di Sumut, Berharap 1.556.526 Balita Bebas Polio

Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Ketua TP PKK Sumut Evi Diana saat memberikan imunisasi polio kepada seorang Balita.
Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Ketua TP PKK Sumut Evi Diana saat memberikan imunisasi polio kepada seorang Balita.

Karakternews.com – Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt. Gubsu), Ir H Tengku Erry Nuradi M.Si berharap anak usia 0-59 bulan di Sumatera Utara bebas polio. Jumlah anak yang terdata mendapatkan imunisasi polio tercatat 1.556.526 balita pada tahun 2016.

“Sasaran dan target Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tingkat Sumut tahun ini adalah seluruh balita yang merupakan kelompok paling rentan untuk tertular penyakit polio. Imuniasi tidak hanya terbatas pada anak yang sebelumnya sudah menerima imunisasi polio. Semoga bisa tercapai,” kata Erry Nuradi dalam pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tingkat Sumut, berlangsung di Kabupaten Samosir, Selasa (8/3/2016), dihadiri Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Pj Bupati Simalungun Binsar Situmorang, Kadis Kesehatan Sumut Siti Hatati Suryantini, sejumlah anggota DPRD Sumut, SKPD provinsi dan kab/kota serta para ibu membawa balita masing-masing.

Pencanangan PIN tersebut berlangsung 8 Maret hingga 14 Maret 2016. Semua balita diberi tambahan imunisasi polio secara gratis baik di Puskesmas maupun Posyandu terdekat, agar kebal terhadap penyakit polio.

Dikemukakan Plt. Gubsu, Indonesia telah memperoleh sertifikasi bebas polio bersama negara-negara South East Asia Region (SEARO) Maret 2014 lalu. Saat ini, Negara yang endemis polio terpantau di Afganistan dan Pakistan. “Butuh komitmen seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia untuk bersama-sama melakukan upaya pelaksanaan tahapan kegiatan menuju Dunia Bebas Polio 2020,” ujar Erry Nuradi.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menjelaskan, pelaksanaan PIN tidak hanya dilakukan di seluruh rumahsakit, puskesmas, poliklinik dan posyandu saja, tapi juga di sejumlah titik yang sengaja dibuat untuk memudahkan para ibu-ibu membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi polio di Samosir. (kn-08)

Related posts