Pimpin DPD RI, Mohammad Saleh Gantikan Irman Gusman

Muhammad Saleh, berjalan seusai terpilih menjadi Ketua DPD RI menggantikan posisi Irman Gusman.
Muhammad Saleh, berjalan seusai terpilih menjadi Ketua DPD RI menggantikan posisi Irman Gusman.

KarakterNews.com – Akhirnya, Mohammad Saleh terpilih menggantikan Irman Gusman lewat pemungutan suara sebagai Pimpinan DPD RI dari wilayah barat, dengan meraup mayoritas suara melalui voting, digelar Selasa (11/10/2016) malam di ruang rapat Paripurna DPD RI, Jakarta.

Pimpinan sidang Farouk Muhammad didampingi GKR Hemas mengemukakan, diperoleh hasil suara terbanyak calon pimpinan DPD RI dari wilayah barat, yaitu atas nama Mohammad Saleh dengan 59 suara. “Selamat kepada bapak saya, karena bapak saya namanya juga Mohammad Saleh,” ucap Farouk sambil berkelakar.

Sebelumnya, saat penyampaian visi misi ada satu dari 12 calon yang mundur, yakni Asmawati dari Sumatera Selatan. Suara yang terhitung total ada 117 ;
1. Fachrul Rozi (Aceh) 1,
2. Parlindungan Purba (Sumut) 21,
3. Novi Chandra (Sumbar) 4,
4. Intsiawati Ayus (Riau) 4,
5. Abdul Gafar Usman (Riau) 2,
6. Hardi Slamet Hut (Kepri) 9,
7. M Syukur (Jambi) 7,
8. Ahmad Kannedy (Bengkulu) 1,
9. Mohamad Saleh (Bengkulu) 59,
10. Asmawati (Sumsel) mundur,
11. Hudarni Rani (Babel) 3,
12. Andi Surya (Lampung) 5,
Abstain: 1,
Jumlah Total: 117

Baca Juga:  DPD Minta Dana Desa Dibagi Secara Adil & Rata

Jelang penentuan pemilihan Ketua DPD RI pimpinan sidang diganti oleh senator termuda dan tertua, masing-masing Maimanah Umar Senator Riau kelahiran 1937 dan Riri Damayanti asal Bengkulu kelahiran 1990. Pemilihan kemudian digelar lewat voting, sebab upaya musyawarah tidak tercapai. Calon Ketua DPD RI ada tiga, yakni Saleh, GKR Hemas dan Farouk Muhammad. (kn-j08)

Related posts