Pilkada Deli Serdang Capai Rp 78 Miliar, NPHD Belum Diteken Terancam Tertunda

KarakterNews.com – LUBUK PAKAM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Kabupaten Deli Serdang, terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup), terancam tertunda. Pasalnya, sampai saat ini anggaran biaya belanja KPU Tahun 2017-2018, yang bersumber dari APBD belum diterima.

Ketua KPUD Deli Serdang, Timo Dahlia Daulay, SH, MHum melalui Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi, Boby Indra Prayoga, S.Sos,M.Si di Kantor KPUD Deli Serdang, Senin (28/8/2017) menyatakan, terancam tertundanya Pilkada Kabupaten Deli Serdang, disebabkan belum ada penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) antara Pemkab Deli Serdang dengan KPUD Deli Serdang.

Padahal, sesuai surat keterangan dari Kemendagri Nomor 273 tahun 2017, tengat waktu laporan NPHD ini pada akhir bulan Juli 2017 dan Laporan tersebut sudah harus sampai di Kemendagri pada 1 Agustus 2017 yang lalu, dan sekarang ini bulan Agustus sudah hampir berakhir, dan akibatnya anggaran Pilbup Deli Serdang tidak dapat dikucurkan dan ini bisa dipastikan akan mengganggu tahapan yang sudah dijadwalkan.

Baca Juga:  KPU Sumut : Tinggal NPHD Pilkada Deli Serdang Belum Diteken

Kata Boby Indra, saat ini KPU Deli Serdang lebih konsentrasi pada Pilkada Gubernur Sumatera Utara saja, sementara Pilkada Deli Serdang yang seharusnya pada 14 Juni 2017 tertuang dalam PKPU Nomor 01 Tahun 2017 sudah dimulai tahapan dan tahapan ini harus tertunda karena ketiadaan anggaran. Padahal anggaran sebesar Rp 23 Miliar Tahun 2017 untuk alokasi KPUD Deli Serdang sudah disetujui DPRD Deli Serdang, tapi karena belum ditandatanganinya NPHD, tahapan Pilbup Deli Serdang diprediksi bisa terganggu.

Sekedar diketahui, anggaran Pelaksanaan Pilkada Deli Serdang dari tahun 2017 hingga 2018 mencapai Rp 78 Miliar dengan tiga kali tahapan. Tahap pertama dikucurkan Rp 23 Miliar di Tahun 2017, Tahap kedua di Tahun 2018 dikucurkan sebesar Rp 30 Miliar dan Tahap ketiga senilai Rp 23 Miliar untuk PSU (Pemungutan Suara Ulang),” ungkap Boby Indra.

Baca Juga:  KPU Sumut : Tinggal NPHD Pilkada Deli Serdang Belum Diteken

“KPUD Deli Serdang sudah mengambil langkah dengan menyurati Pemerintah Kabupaten tentang kepastian pelaksanaan penandatanganan NPHD dengan tengat waktu 28 Agustus 2018, kalau tidak juga dilaksanakan pihak KPUD akan melapor ke Kemendagri, dengan menyatakan Pemkab Deli Serdang belum siap melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Terkait belum ditandatanganinya NPHD, Pemkab Deli Serdang melalui Kesbanglinmas Togar Panjaitan, sewaktu dikonfirmasi melalui via telepon selular, belum bisa memberi keterangan, karenakan mengikuti rapat. (kn-m09)

Related posts