September 24, 2018

Pesta Seni dan Budaya Bukit Lawang Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Gubernur Sumatera Utara, H Tengku Erry Nuradi bersama Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, saat disambut masyarakat Kabupaten Langkat.
Gubernur Sumatera Utara, H Tengku Erry Nuradi bersama Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, saat disambut masyarakat Kabupaten Langkat.

KarakterNews.com – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi mengatakan infrastruktur, sarana dan pra sarana yang baik modal penting mendongkrak kunjungan wisatawan. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan kalender of event terjadwal dan dukungan masyarakat menjadi bagian yang tak terpisahkan.

“Dinas Pariwisata Provinsi harus berkoordinasi dengan baik bersama pariwisata Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Buat kalender of event, sehingga bisa disebar ke setiap-tiap bandara, pelabuhan, terminal-terminal maupun lokasi promosi lainnya,” kata Erry Nuradi, saat membuka kegiatan Pesta Seni dan Budaya Bukit Lawang 2016, terkait melestarikan kesenian dan budaya tradisional sekaligus ajang promosi wisata alam, seni dan budaya, di pelantaran parkir objek Wisata Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, pada Sabtu (24/9/2016).

Pesta Seni dan Budaya Bukit Lawang ini dihadiri Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana PA, Kapolres Langkat, Dandim 0203 Langkat, Danyon Raider 100, sejumlah SKPD Pemprovsu, Sekdakab Langkat, seluruh SKPD Langkat dan masyarakat se Kabupaten Langkat.

Kata Gubernur Sumut, Pemprovsu siap memfasilitasi dan membantu dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp 100 juta bagi kabupaten/kota yang menggelar even wisata setahun sekali. “Kalau 33 kabupaten/kota menggelar even, artinya ada 33 kegiatan wisata dalam setahun di Sumut,” ungkap Erry Nuradi.
4_resize

“Bukit Lawang merupakan daerah wisata yang cukup terkenal tidak saja dalam negeri, tapi juga di seluruh dunia dengan lokasi rehabilitasi orangutannya, alamnya berada di deretan Bukit Barisan serta seni budaya tradisionalnya,” ujar Erry Nuradi.

Sementara itu, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu berharap komitmen dan tekad dari seluruh pihak untuk kegiatan pesta seni dan budaya bukit lawang ini dapat diagendakan setiap tahunnya sebagai kegiatan rutin. “Marilah kita cintai dan lestarikan nilai-nilai budaya dan bangsa sebagai identitas dan jati diri anak bangsa yang akan menjadi penerus yang maju, cerdas dan bermartabat,” ajaknya.

Kepala Kantor Budaya dan Pariwisata Langkat, Edy Syahputra menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan dua hari dimulai 24 sampai 25 September 2016, dimeriahkan berbagai perlombaan tradisional. (kn-m09)

Related posts