Perum Bulog Divre Sumut Inginkan Cabe Merah Jadi Bumbu Bubuk

ilustrasi cabe merah.

KarakterNews.com – MEDAN – Perum Bulog Divre Sumut ingin menjadikan komoditi cabe merah jadi bahan olahan yang bisa bertahan lama. Bulog ingin cabe merah dapat menjadi produk olahan, seperti cabe giling atau jadi bumbu bubuk.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sumatera Utara, Benhur Ngkaimi menyampaikan hal itu kepada wartawan di Gudang Bulog Jalan Jemadi, Medan, Jumat (9/3/2018).

Saat ini, harga cabe merah di pasaran berkisar Rp 30.000 per kg, turun dibanding sebelumnya mencapai lebih Rp 40.000 per kg. Sementara, harga di tingkat petani Rp 12.000-Rp 15.000 per kg, jadi kalau harga di petani murah, Bulog membelinya agar harga terjaga.

Baca Juga:  Mulai 2016, Bulog Jaga 11 Komoditas Pangan Strategis

Bulog akan buat cabe olahan seperti cabe bubuk. Sebab, cabe tidak tahan lama sehingga harus diolah,” ujar Benhur, seraya menyebutkan, jika beli cabe segar paling lama tiga hari.

Ada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Bulog yang mengolah cabe itu dan diproduksi dalam kemasan bagus. Saat ini ada 4 UMKM yang dibina, produksi awal 60 kg. “Cabe bubuk itu kita pasarkan ke mitra Bulog,” kata Benhur Ngkaimi. (kn-m09)

Related posts