September 25, 2018

Penyidik KPK Periksa Gubernur Aceh Di Mapolda

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf sedang duduk dikurdi di Markas Polda Aceh. (ist)

KarakterNews.com – BANDA ACEH – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung melakukan pemeriksaan di Polda Aceh, terhadap Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, setelah terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT).

“Saat ini, Tim Penyidik sudah berada di Polda Aceh dan melakukan pemeriksaan awal, sesuai KUHAP, petugas penyidik melakukan proses sampai penentuan status dalam waktu 24 jam,” kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (3/7/2018) malam.

Dalam proses pemeriksaan, terlihat Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berada di ruangan di Direktorat Kriminal Khusus Polda Aceh, dengan mengenakan kemeja putih dan duduk di dekat dinding.

Terkait OTT tersebut, selain mengamankan dua orang Kepala Daerah, juga ikut diamankan delapan orang non PNS, dan uang ratusan juta rupiah yang diduga bagian dari realisasi komitmen fee.

Baca Juga:  Anak Buah Kena OTT, Kabid Pelayanan dan Perizinan DPM PPTSP Pemprov Sumut Tak Masuk

“Sejak Selasa sore hingga malam ini, Tim Satgas KPK melakukan kegiatan penindakan di Aceh dan mengamankan, jumlah total 10 orang, yang terdiri dari dua Kepala Daerah dan 8 orang swasta atau non PNS. Disinyalir, awalnya telah terjadi transaksi yang melibatkan penyelenggara negara di tingkat Provinsi dan satu Kabupaten di Aceh.

Sebelumnya diberitakan, lembaga antirasuah menangkap dua Kepala Daerah di Aceh, dengan jumlah total ada 10 orang yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), penangkapan diduga terkait suap penyelenggara negara di Provinsi dan satu Kabupaten di Aceh.

Tim Satgas KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dua kepala daerah, masing-masing Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, yang ditangkap KP, kemudian diamankan di Polda Aceh. Namun, belum diketahui Bupati dari Kabupaten mana yang terkena OTT.

Baca Juga:  Kepala Daerah Terpilih Kena OTT, Tetap Sah

Dari informasi beredar, Tim Satgas KPK menangkan dua Kepala Daerah, masing-masing Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi.

Pantauan di Polda Aceh, Irwandi Yusuf duduk dekat dinding di kantor Ditreskrimsus, dan tak lama kemudian, tirai jendela ditutup oleh petugas. Kabar menyebutkan, Irwandi ditangkap di Pendapa Gubernur Aceh. Saat ini, Pendapa dijaga ketat oleh petugas Satpol PP, dan wartawan tak diizinkan masuk ke pendapa. (kn-m07)

Related posts