February 24, 2018

Penyaluran Bansos Diterapkan Nontunai, KKS Berlabel Himbara Jadi ATM

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

KarakterNews.com – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) akan menerapkan mekanisme baru untuk menyalurkan bantuan sosial (Bansos) November mendatang. Kemensos akan mulai menerapkan penyaluran bansos secara nontunai dengan kartu keluarga sejahtera (KKS).

Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, pihaknya telah menandatangani kerjasama dengan himpunan bank-bank negara (Himbara) terkait penyaluran bansos secara nontunai awal Oktober lalu. Lewat kerjasama itu, maka nantinya penerima bansos bisa menggunakan kartu KKS untuk memanfaatkan hak mereka.

“Kartu KKS ini didukung oleh empat bank negara, yakni BRI, BNI, BTN dan Bank Mandiri. KKS yang baru sudah diberi label Himbara dan dapat digunakan sebagai ATM dan menukarkan hak bansos di e-warung,” kata Khofifah di Pendopo Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (9/10/2016).

Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, KKS-Himbara dilengkapi dengan sejumlah wallet sesuai program bansos yang ada. Contohnya, pada wallet beras sejahtera (rastra), warga bisa menukarkan kuota bantuan dengan beras sesuai kebutuhan. Penukaran dilakukan di e-warung dan warga penerima dapat memilih beras sesuai kualitas yang diinginkan.

“Mereka bisa memilih beras kualitas sedang misalnya. Di e-warung, sudah ada beras dengan beragam kualitas dan harga masing-masing. Jadi, jangan khawatir lagi bantuan beras kualitasnya buruk,” ungkap Khofifah.

Disamping itu, dikemukakan Khofifah, bahwa KKS-Himbara juga dapat mengantisipasi risiko pemotongan bansos. Pada tahun 2016 ini, pihaknya mentargetkan ada 1 juta penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) yang menerima bansos secara nontunai. (rpka.c/kn-m08)

Related posts